√ Cara Ternak Kenari Untuk Pemula

Posted on

A. Membedakan Jenis Kelamin Kenari

Cara Ternak Kenari – Yang paling utama di dalam proses ternak burung kenari agar berhasil tentu saja ialah membedakan jenis kelamin nya. Tidaklah lucu jika sudah susah-susah ingin menjodohkan kedua indukan sekian lama, ternyata keduanya memiliki jenis kelamin yang sama.

Baca Juga : Cara Sukses Budidaya Burung Lovebird

gambar di bawah ini adalah cara menbedakan antara burung jantan dan betina

√ Cara Ternak Kenari Untuk Pemula
Bagi seorang pemula, memang cukup sulit untuk membedakan jenis kelamin di kedua indukan kenari karena dia belum terbiasa. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan dengan mudah membedakannya nanti.

Berikut ini ialah tips sederhana cara membedakan kelamin jantan sera betina dari indukan kenari dewasa.

1. Kenari Jantan

  • Bagian duburnya ataupun kloakanya yaitu lebih menonjol serta tegak lurus maupun vertikal.
  • Kicauannya ngerol atau (memanjang) serta nyaring.
  • Postur tubuh nya yang terlihat lebih ramping memanjang serta bagian lehernya juga lebih panjang.

2. Kenari Betina

  • Bagian duburnya atau kloakanya datar ataupun tidak menonjol.
  • Kicauannya tidak ngerol, ada juga sih yang beberapa ngerol tetapi putus-putus serta tidak nyaring
  • Postur tubuh nya terlihat lebih bulat serta lehernya terlihat lebih pendek.

B. Mengetahui Usia Kenari serta Birahinya

Cara Ternak Kenari  – Ternak kenari tidak bisa sukses jika saja faktor usia serta kesiapan kenari untuk kawin tidak diperhatikan dengan seksama karena kedua faktor tersebut termasuk sangat fital sebelum proses perjodohan akan berlangsung.

Indukan kenari betina yang biasanya akan siap dijodohkan serta dikawinkan saat usianya sudah menginjak 6 bulanan dan untuk jantan biasanya direntang saat usia 8 bulanan.

Berikut ialah cara mengetahui ciri-ciri Indukan Kenari apakah dia sudah beneran birahi ataupun sedang tidak birahi.

1. Kenari Jantan

  • Terlihat tingkahnya over acting ataupun lincah sekali sehingga menabrak-nabrak jeruji sangkarnya serta kicauannya semakin sering terdengar.
  • Sering kali terlihat kenari akan lebih banyak melompat ke kiri maupun ke kanan ataupun bisa dari atas ke bawah sangkar dan disertai dengan kicauan yang nyaring.
  • Sering juga terlihat kenari jantan akan menurunkan bagian sayapnya sehingga setengah badan saat diatas tangkringannya serta berkicau lebih nyaring dari pada biasanya.

2. Kenari Betina

  • Indukan betina yang biasanya kalau sudah birahi dia akan memperlihatkan tingkahnya yang akan merobek-robek kertas pelapis kotoran di bagian bawah sangkar dengan kicauan yang cuit-cuit sebagai tanda dia sedang memanggil penjantannya.
  • Sering kali juga si betina yang akan menggeleper-geleperkan ataupun mengepak-ngepakkan sayapnya.

C. Persiapan Sangkar serta Penunjang lainya

Setelah Anda sudah menyiapkan sepasang indukan kenari yang ingin anda dijodohkan untuk ternak kenari, maka proses selanjutnya ialah menyiapkan sangkar kenarinya.

Ada beberapa cara untuk memilih sangkar kenari yang baik dan bisa Anda jadikan acuan untuk menyiapkan sangkarnya.

Baca Juga : Cara Ternak Jalak Suren

seperti gambar di bawah ini

√ Cara Ternak Kenari Untuk Pemula
Alternatif pertama, Anda bisa saja menyiapkan sangkar yang khusus penangkaran kenari ataupun box khusus penangkaran kenari.

Alternatif kedua bisa menggunakan sangkar yang sudah anda dimodifikasi khusus dimana bagian tengahnya ada penyekat yang bisa dibuka dan diambil se waktu-waktu hingga memudahkan didalam proses penjodohannya nanti.

D. Masuk Proses berikut nya tentu saja Penjodohan Kenari

Cara ternak kenari yang berikutnya langsung saja masuk ke dalam proses terpenting dari ternak kenari tersebut yakni proses penjodohan kedua indukannya, yang mana proses ini lebih tepatnya sebagai proses perkenalan di awal sebelum masuk proses perkawinan

seperti gambar berikut

√ Cara Ternak Kenari Untuk Pemula

Prosesnya yaitu dengan menempatkan kedua indukan itu di sangkar yang berbeda serta didekatkan ataupun juga bisa dijadikan satu sangkar tetapi harus ada penyekatnya, yang mana indukan betina serta jantannya dibatasi oleh penyekat yang bisa diambil atau dilepas se waktu-waktu.

Yang paling sering digunakan oleh penangkar kenari senior ialah sangkar box yang khusus penangkaran kenari karena sangkar seperti itu memang sudah di design khusus untuk mempermudah ternak kenari.

1. berikut adalah kenari yang sudah berjodoh

  • Indukan kenari yang jantan akan saling meloloh indukan kenari betina meskipun si jantan sendiri berada diluar sangkar.
  • Indukan jantan akan berkicau sangat keras sekali sebagai tanda untuk merayu betinanya, lalu sang betina juga akan menggeleperkan sayapnya atau akan menungging sebagai tanda permintaan ingin kawin.
  • indukan kenari juga akan jadi akur alias tidak akan bertengkar saat bersama.

E. Proses Perkawinan Kenari

Cara selanjutnya ialah menyatukan kedua indukan itu dengan menangkap penjantannya di sangkar gantung tersebut lalu memasukkan di sangkar khusus penangkaran yang sudah ada betinanya.

Proses penyatuan nya di usahakan lakukannya di sore hari. Setelah proses penyatuan itu sudah berlangsung, akan terlihat si jantan atau si betina akan terlihat saling meloloh satu sama lainnya secara bergantian yang jika dilihat sekilas seperti berciuman.

seperti gambar di bawah ini

√ Cara Ternak Kenari Untuk Pemula

Biarkan kedua indukan itu bermesraan sehingga terjadi proses perkawinan.

Setelah proses penyatuan itu berlangsung, kenari betina yang sudah siap bertelur bisanya akan merapikan sarangnya sehingga berbentuk bulat, baru seminggu kemudian dia akan menaruh telur-telurnya.

Jumlah telur biasanya sekitar 3 sampai 4 butiran selama sekali bertelur dan kenari betina juga akan mengeraminya selama kurang dari lebih 14 harian lamanya. Biasanya pas di hari ke 15 telur-telur tersebut akan menetas.

F. Proses Menetas dan Panen Anakan

Hari ke 15 biasanya hampir semua telur-telur yang sudah dierami indukan kenari biasa nya akan menetas sempurna.

seperti gambar berikut

√ Cara Ternak Kenari Untuk Pemula
terdapat beberapa cara memberi pakan indukan kenari yang didalam proses meloloh anakannya yang baru menetas sehingga anakan itu siap dipanen. Berikut cara-caranya :

  • Pastikan minuman kenari selalu tersedia serta juga tambahkan telr puyuh rebus hingga usia anakannya mencapai 1 mingguan.
  • Jangan memberi pakan sayur atau buah terlebih dahulu sebelum anakan kenari usianya 1 mingguan, jadi cukup biji-bijian serta telur rebus saja.
  • Anda juga bisa tambahkan pakan ekstra seperti sawi hijau, buah apel serta sawi putih jika usia anakan sudah mencapai 1 mingguan.
  • Ada beberapa vitamin tambahan yang bisa saja beli di berbagai tempat supaya anakan kenari menjadi lebih sehat serta kuat.

Proses panen anakan kenari biasanya setelah usianya sudah sekitar 25 harian dikarenakan setelah 25 hari anakan kenari juga sudah mampu untuk makan sendiri meskipun masih makan telur rebus saja yang dimakannya Nanti setelah 1 bulanan baru anakan kenari itu bisa makan biji-bijian yang utuh.

demikianlah artikel dari duniapeternakan.co.id semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.