√ Cara Ternak Ikan Discus : Persiapan, Penebaran Induk, Pemeliharaan dan Pemberian Pakan

Diposting pada

Pengertian

Cara Ternak Ikan Discus – Ikan discus atau (Symphysodon discus) merupakan jenis ikan hias air tawar yang berbentuk pipih dan dengan corak yang indah. Ikan discus ini juga berasal dari perairan sungai Amazon, Amerika Selatan.

Baca Juga : Cara Ternak Ikan Hias

seperti gambar berikut

Cara Ternak Ikan Discus
Terdapat banyak jenis ikan discus yang diantaranya ialah Red Turquoise Discus, Brilliant Blue Discus, Melon Gold Discus, Golden Albino Discus, Pigeon Blood Discus, Marlboro Red Discus, Snow White Discus, Virgin Red Melon Discus, Melon Red Discus, Rose Red Discus, Blue Diamond Discus

Red Alencer Discus, Super Red Discus, Gold Discus, Carnation Discus, Reflection D Discus, Pigeon Yellow Discus, Red Map Discus, Leopard Discus, Leopard snake Discus, Albino Blue Diamond Discus, Blue Discus, Cobalt Blue Turquoise Discus.

Di Indonesia sendiri, jenis ikan discus ini yang terkenal yakni Red Discus, Heckel’s Discus, maupun Poumpuador Fish atau (symphysodon discus), brown atau (symphysodon aequifasciata axel)

maupun green (symphysodon aequifasqiata aequifasciata) serta blue ataupun (symphysodon aequifasqiata haraldi).

A. Persiapkan Tempat maupun Habitat

Hal yang paling terpenting dalam cara budidaya ikan discus pertama ialah dengan mempersiapkan wadah terlebih dulu dan untuk dijadikan tempat tinggal dari ikan discus.

Baca Juga : Cara mudah untuk budidaya ikan lele

Seperti yang kita ketahui, ikan discus ini juga bisa hidup pada lokasi dengan airnya yang sangat sehat serta pH yang pas. Disamping itu juga, suhu maupun temperaturnya pun juga harus lah sesuai seperti lingkungan maupun habitat asli mereka.

Seperti gambar di bawah ini

Cara Ternak Ikan Discus
Jika Anda sudah mempersiapkan aquarium ini, isikan lah air pada tandon yang bersih dan sampai ketinggian 25 cm dalam cara budidaya serta ternak ikan discus ini lalu tambahkan garam 1 sdm serta 1 lembar daun ketapang. Pasang juga filter air lalu diamkan sampai 3 hari lamanya.

B. Penebaran Induk

Langkah yang kedua ini ialah cara budidaya ikan discus yakni dengan menebarkan induk pada akuarium yang sudah dipersiapkan dengan baik. Anda juga dapat menebarkan induk ikan discus pada pagi ataupun sore hari.

Adapun cara penebaran induk yang dalam cara budidaya ikan discus ini ialah dengan mempersiapkan baskom terlebih dahulu lalu simpan lah ikan discus pada baskom serta masukkan lah paskom pada akuarium lalu goyang-goyangkan.

Adapun proses tersebut juga yang disebut sebagai aklimatisasi dan wajib dilakukan sampai 10 sampai 15 menit.

C. Pemeliharaan dan Pemberian Makan Ikan

Cara budidaya ikan discus ini yang selanjutnya ialah dengan pemeliharaan serta pemberian pakan terhadap ikan.

Caranya pun juga sangat lah mudah, yakni frekuensi pemberian pakan yaitu sekitar 2 kali sehari. Dengan waktu pemberian pakan yang paling baik yaitu pukul 8 pagi hari dan pukul setengah 4 di sore hari.

Makanan yang terbaik bisa berupa cacing sutera maupun jentik nyamuk. Dengan ukuran cacing yakni sekitar 50 sampai 55 individu per liter, sementara ukuran dari jentik nyamuk 30 sampai 35 individu tiap liter.

Dalam cara budidaya ikan discus ini juga pastikan mutu air yang selalu dijaga.

D. Proses Pemijahan

Langkah cara budidaya ikan discus yang terakhir ini ialah pemijahan. Anda juga harus lah mempersiapkan paralon yang untuk dijadikan sebagai substrat pemijahan.

Caranya yakni dengan digantung pada pokok akuarium. Jika usia terhadap ikan 12 sampai 18 bulan dan dengan ukuran 11 sampai 14 cm, ikan pun juga sudah siap dilakukan yakni pemijahan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Gabus

Pemijahan ini akan ditandai dengan ikan jantan yang mengejar sang betina lalu keduanya pun juga saling membuahi pada suatu tempat.

Seperti gambar di bawah ini

Cara Ternak Ikan Discus
Jika kedua indukan ikan discus ini sudah saling membuahi, maka induk itu melindungi sel sperma serta sel telur yang sudah dilepaskan.

Selanjutnya telur itu bisa menetas selama 2 sampai 3 harian dan dapat dipisahkan dari induknya disaat melalui fase larva yakni sekitar 3 minggu dan dengan fase pembenihan selama 2 minggu.

demikianlah artikel dari duniapeternakan.com  Pemeliharaan dan Pemberian Pakan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.