Cara Ternak Ayam Bangkok Untuk Pemula Paling Mudah

Posted on

Cara Ternak Ayam Bangkok Untuk Pemula Paling Mudah

mula Paling Mudah Cara Ternak Ayam Bangkok
mula Paling Mudah Cara Ternak Ayam Bangkok

Cara Ternak Ayam Bangkok – Dalam beternak ayam bangkok memang sangat mengiurkan dalam bentuk ukuran dan umur ayam ini tergolong laku, memang harus di lihat dari indukan pejantan dan betina.

Perlu di ingat dalam membeli ayam ini harus melihat dulu dari pejantan nya dan betina nya , apabila anda menjadikan ayam ini menjadi ayam petarung super dan berharga mahal dan banyak di minati orang dan pemain lain.

Baca juga : Cara Ternak Ayam Petelur Untuk Pemula

Dalam memilih ayam ini memang bukan asal sembarang ambil walaupun jenis pejantan dan betina nya sering juara tidak semesti anak nya bagus, juga perlu di perhatihan dari sisik kaki dan telapak kaki.

Jika anda masih kebingungan dengan bentuk sisik kaki yang bagus utuk ayam petarung baik nya anda berkonsultasi ke sesepuh pemain pemain ayam aduan.

Dan apabila anda hanya memelihara ayam ini untuk perilharaan dan hias saja baik nya memilih ayam biasa saja yang tidak terlalu mahal cukup melihat dengan postur tubuh dan tidak cacat dan tentu nya.

ada baik nya peluang usaha ternak ayam bangkok sebaik nya membeli ayam dari waktu kecil masih seumur 1 minggu – 2 minggu karena bisa anda latih dan tentu saja jinak terhadap anda tidak seperti ayam kampung.

Beternak Ayam Bangkok Yang Harus Anda Perhatikan
  1. Memilih bibit dan persilangan nya.
  2. Kamu harus pandai memilih pakan ayam yang bagus buat ayam bangkok atau aduan atau pun unruk beternak.
  3. Cepat kalau ada ayam yang terkena penyakit .
  4. Perawatan harus di lakukan yaitu seperti manda , ayam di jemur di tempat terbuka dan ada pasir dan rumput.

Pemilihan Bibit Ayam Bagus

Bibit yang bagu harus di lihat kriteria fisik sempurna bentuk badan yang bagus dan, benuk sisik kaki ayam yang bagus.:

  1. Kepala ayam harus bermodel buah pinang.
  2. Tulang leher ayam rapat dan tentu badan nya panjang.
  3.  Dada ayam bidang dan dahu ayam kuncup.
  4.  Sayap rapat ke badan dan panjang.
  5.  Pangkal ekor besar dan tebal dan kaku.
  6.  Leher ayam lurus dan tebal.
  7. Paruh yang panjang dan tebal.
  8.  Lutut kaki menekuk , kaki bulat dan ekor nya pun lebat ke arah tanah.
  9. Kepakan ayam yang kuat dan lebar.
Memilih ayam bangkok betina ada ciri ciri khusus dan harus di perhatikan juga dan mendapatkan betina yang super dan bagus:
  1. kepala ayam terlihat seperti ular jika di lihat dari depan.
  2. maja terlihat kedalam dan bersih.
  3. saat ayamdi pegang agak terlihat bulat seperti memegang botol atau seperti batang pinang.
  4. kaki kering dan jari kaki ayam yanghalus dan panjang.
  5. tidak pernah sakit dari anakan.
  6. jika kalau ada taji nya lebih bagus.
  7. bulu pengikat.

Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

Berikut ini lah cara sederhana untuk menghawinkan dan indukan ayam dalam pengawinan ayam harus memiliki kandang yang cukup luas dan ukuran kurang lebih 5m x 5 m

Baca Juga : Cara Ternak Puyuh

Untuk melengkapi pakanan ayam selama masa bertelur baik nya berilah vitamin dan pakan dedak yang cukup agar selalu ada nutrisi dan bagus nya lgi di beri minyak ikan sebutir setiap hari serta gilingan kulit kerang yang di aduk ke dalam makanan ayam proses ini di lakukan hanya di masa bertelur saja.

Jika anda ingin membeli vitamin dan supleman ayam sudah banyak tersedia di toko pakan ayam terdekat anda.

Mencari Telur Ayam Bangkok Yang Bagus

Untuk memilih telur ayam yang di perkirakan jantan perhatikan bentuk telur oval dan beda dengan antar telur lain nya jika telur berbentuk oval semua memungkinkan jenis kelamin ayam di telur pasti jantan dan simak di bawah ini :

  1. Telur ayam yang punya berbentuk oval agak memanjang dan bulat oval dan agak pendek , dan telur bulat dan oval agak terlihat lonjong dan memanjang bisa di pastikan adalah jantan.
  2. Dan telur memnpunyai bentuk bulat pendek di perkiraan itu telur betina.

Buat beberapa penggemar ayam aduan, tentu saja nama ayam bangkok sangatlah popular di hampir semua daerah di tanah air.

Sama dengan julukan serta namanya yakni “bangkok” ini ialah ayam yang datang dari negara Thailand yang tentu saja sudah di cap serta di akui menjadi ayam yang begitu berkualitas di beberapa ayam petarung yang lain.

Ayam ini mempunyai karakter petarung yang begitu kental, sama dengan seekor ayam liar ayang akan bertanding habis – habisan sampai mati untuk menjaga satu lokasi kekuasaan mereka.

Ayam ini sebetulnya mempunyai pukulan yang begitu mematikan dan pergerakan cepat, serta mereka sangat pintar meskipun dalam keadaan tengah bertanding.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Mudah

Sedang di dataran Cina, ayam ini lebih diketahui dengan panggilan Leung hang zhao. Sebab daerah di Cina begitu popular dengan pekerjaan beradu ayam jago atau sabung ayam.

Beberapa penduduknya sudah mencari kualitas ayam unggul untuk di kawin silangkan dengan type ayam bangkok.

Sedang penyebaran ayam bangkok di daerah Indonesia sendiri datang dari kota Tuban, Jawa Timur.

Meskipun riwayat penyebarannya tidak demikian jelas, akan tetapi sampai sekarang ini ayam bangkok sudah diketahui dengan luas di kelompok masyarakat serta penduduk Indonesia, terutamanya beberapa penggemar ayam tarungan.

Di penduduk lokal, ayam ini sering di kawinkan dengan ayam betina lokal. Hingga meskipun tidaklah terlalu murni, tetapi ayam bangkok yang beredar banyak di market masih tetap berupa serta mempunyai ciri fisik seperti ayam bangkok asli.

Tidak seperti dalam Langkah Budidaya Ayam Petelur, ayam bangkok jarang di ternak atau di budidayakan di Indonesia. Meskipun sebetulnya type dari ayam ini begitu di meminati serta popular di kelompok beberapa penggemar ayam.

Sesaat untuk type ayam bangkok, ada banyak yang tidak memahami mengenai keuntungan dalam pemeliharaan ayam type ini.

Sebetulnya usaha budidaya ayam bangkok tidak bisa disepelekan, sebab lakukan ternak ayam bangkok ikut berpoyensi untuk memperoleh keuntungan yang melimpah. Ayam type ini tentu saja lebih kekar daripada type ayam yang lain.

Umumnya akan di buat jadi koleksi atau menjadi jagoan di medan tarung buat pemiliknya.

Ayam bangkok yang dapat anda hasilkan sebetulnya akan mempunyai nilai jual lebih jika anda dapat membuahkan kualitas terunggul. Oleh karenanya, anda mesti benar – benar berupaya serta lakukan yang terunggul dalam budidaya ayam bangkok itu.

Baca cara-cara budidaya ayam bangkok seperti berikut :

1. Penentuan Indukan

Seperti yang di kerjakan pada Langkah Budidaya Burung Puyuh, supaya mendapakan kesuksesan dalam proses pembudidayaan ayam bangkok ini, jadi anda mesti benar – benar pilih kualitas indukan yang begitu berkualitas.

Umumnya beberapa penjual ayam bangkok yang laku di market akan menyiapkan ayam bangkok dengan kualitas yang juga bagus.

Pilih indukan yang tentu saja aktif, gesit serta sehat. Tidak cacat ataupun sakit. Sebab kualitas bibit akan dipengaruhi langsung oleh kualitas indukan serta aspek luar yang lain. Pilih lah indukan yang berkualitas terunggul atau sepasang ayam bangkok juara.

2. Penentuan Kandang

umumnya ada 3 jenis yang seringkali digunakan beberapa peternak ayam bangkok untuk lakukan budidaya.

Berlainan dengan Langkah Budidaya Burung “Lovebird”, ada langkah budidaya ayam bangkokyang mesti anda lihat sebelum memilik serta tempatkan tempat kandang ayam bangkok ini, tersebut faktor-faktor terpenting itu :

Tempat ternak atau kandang ayam bangkok ini, sekurangnya mesti berjarak minimum 5 mtr. dari kandang ayam yang lain bila anda berkemungkinan memlihara ayam type yang lain, terpenting bila anda menjaga ayam potong serta tidak dekat dari rumah.

Upayakan supaya kontur tanah datar dan mempunyai beberapa pohon pelindung yang bisa mengendalikan perputaran hawa serta masuknya intensitas cahaya matahati ke kandang ayam bangkok anda.

Utamakanlah tempat yang banyak ditumbuh oleh rumput. Sebab pada intinya ayam suka pada rumput menjadi makanan alternatif serat mereka.

Arah kandang sekurang-kurangnya mesti menghadap cahaya matahari pagi dan sejalur dengan arah angin supaya terlepas dari beberapa penyebaran penyakit di luar kandang.

Usahakan  tempatnya mengunakan pagar keliling permanen menggunakan semen dan batu bata Jika biaya anda tidak mencukupi anda dapat juga mengunakan kawat serta bambu.

Seperti yang sudah kita ulas di atas jika ada 3 type kandang yang biasa di gunakan untuk budidaya ayam bangkok yakni :

3. Kandang Umbaran Unit

Adalah kandang multufungsi menjadi kandang kawin juga sekaligus berperan menjadi kandang anakan yang berumur 1,5 sampai 3 bulan.

Kandang ini umumnya dibikin dari kayu dengan ukuran yang sangat baik yakni : leber 1 mtr., tinggi 2,5 mtr. serta panjang 1,5 mtr..

Alas dari kandang semestinya berbentuk alas tanah yang sudah dicampuri dengan pasir.

Alas yang berupa demikian bermanfaat untuk pembentukan maksimal dari susunan jari – jari ataupun cakarnya. Diluar itu anda dapat memberikan juga tenggeran yang dibuat dari kayu untuk tempat bermain beberapa ayam bangkok.

4. Kandang “Postal”

Kandang ini ialah kandang yang diutamakan buat beberapa anak ayam yang baru saja menetas.

Ukurannya semakin lebih kecil bila dibanding dengan kandang “umbaran”, yaitu meiliki tinggi 1 mtr, panjang 1 mtr. serta lebar 0,8. Ukuran dari kandang “postal” yang semacam itu biasanya bisa menyimpan 10 sampai 15 anakan ayam “bangkok”.

Dinding dari kandang ayam bangkok untuk kandang postal bisa dibikin dari kawat dan pada bagian dalamnya mesti ada alat pemanas yang buasanya dibikin dari lampu bohlam.

Alasnya sendiri biasanya dikasih sekam padi supaya kelembapan terbangun serta akan ditukar minimum sekali 3 hari.

5. Kandang Tidur

Kandang tidur ayam bangkok ini dibikin spesial untuk tidur beberapa ayam pada malam hari.

Alas dari kandang ini umumnya akan ditinggikan dengan mirip bentuk panggung minimum berjarak 1,5 mtr. dari tanah untuk dapat hindari suhu tanah yang tentu saja bisa menjadi dingin saat malam hari.

Ke tiga dari type kandang ayam itu tentu saja mesti diperlengkapi dengan wadah air serta wadah pakan. Tetap mengawasi kebersihan serta kelembapan supaya beberapa ayam bangkok bisa bebas dari penyakit.

Elemen terpenting yang lain misalnya: sanitasi, penyusunan perputaran hawa serta penentuan bahan atap jadi terpenting menjadi tingkatan yang di pakai supaya kesehatan ayam bangkok terbangun dalam periode panjang.

Baca Juga : Cara Ternak Entok Pedaging

6. Pemberian Pakan serta Perawatan Bibit

Cara Ternak Ayam Bangkok – Sesudah beberapa ayam bangkok betina bertelur,jadi anda mesti mempersiapkan kandang ayam lainnya untuk menyimpan telurnya ini sama juga dengan tingkatan Langkah Budidaya Hamster.. Biarlah beberapa indukan mengerami telurnya sampai menetas.

Beberapa peternak berasumsi jika pada umur anak ayam 1 sampai 2 hari, anak ayam itu semestinya cuma cukuplah dikasih air saja.

Keperluan nutrisi beberapa anak ayam masih tetap bisa tercukupi oleh nutrisi dari kuning telur yang masih tetap melekat pada bulu – bulu mereka. Akan tetapi melalui dari umur itu, pemberian pakan berbentuk pur bisa dikasihkan dalam jumlahnya seperlunya.

7. Pemberian Suplemen Penambahan

Anak ayam bangkok sudah dapat dikasih pakan dengan formasi pakan yang berlainan berbentuk kombinasi dari pakan berbentuk susu bubuk untuk bayi serta pur dengan perbandingan 1 : 5 untuk anak ayam bangkok umur 1 sampai 4 bulan untuk pembentukan bulu, tulang, otot serta anggota badan anak ayam yang lain.

8. Pencabutan Bulu Bibit Ayam Bangkok

Cara Ternak Ayam Bangkok – Bulu yang tumbuh sangat lebat akan habiskan bagian gisi dari konsumsi makan ayam bangkok. Jadi, semestinya peternak mencabut beberapa dari bulu ayam bangkok waktu umur ayam sampai 3 minggu. Cuma memotong bulu di bagian ekor atau sayap.

Lantas pada umur 2 bulan, cabutlah bulu bulu yang rontok di punggung serta bulu leher. Pencabutan bulu ini mesti dikerjakan untuk memaksimalkan resapan dari makanan untuk perubahannya.

demikian Artikul dari duniapeternakan.com semoga bermanfaata Amin…