√ Cara Ternak Puyuh : Lokasi Yang Tepat, Menyiapkan Kandang, Penyiapan Bibit Unggul

Posted on

Cara Ternak Puyuh

A. Siapkan lokasi yang tepat

Cara Ternak Puyuh – Hal yang utama didalam beternak  menentukan lokasi ataupun tempat yang nantinya akan menunjang perkembangan dari hewan yang akan kita ternak.

Dalam hal ini burung puyuh akan memilih beberapa lokasi ataupun kriteria yang cukup untuk mendukung burung puyuh

Baca Juga : Cara Sukses Budidaya Burung Lovebird

supaya mudah bertelur terdapat beberapa point seperti carilah lokasi yang jauh dari keramaian, baik keramaian kendaraan maupun keramaian aktivitas manusia.

seperti gambar di bawah ini

Cara Ternak Puyuh
faktor yang ke 2 ialah udara di sekitaran kandang harus lah bebas dari polusi udara. Hal tersebut juga akan sangat mempengaruhi kualitas maupun jumlah dari telur si burung puyuh.

Karena ketika udara di sekitar baik maka burung puyuh kita akan sehat dan juga apabila keadaan udara yang buruk ataupun kotor sudah di pastikan burung puyuh tersebut akan mudah terkena penyakit.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Kenari

faktor yang ke 3 merupakan lokasi kandang yang secara keseluruhan harus lah dekat serta mudah di jangkau karena suatu saat nanti kita akan membutuhkan distribusi yang harus baik.

Jika kita sudah memiliki serta memenuhi kriteria yang sudah di sebutkan tadi kita akan lanjut ke langkah selanjutnya.

B.Menyiapkan kandang

Setelah kita sudah mendapatkan lokasi yang cukup baik untuk beternak , langkah yang selanjutnya ialah menyiapkan kandang tersebut untuk tempat burung puyuh tinggal.

Untuk kandangnya sendiri kita dapat membuat menggunakan beberapa bahan seperti kayu ,ramkawat serta beberapa peralatan pendudukung untuk membuat kandang burung puyuh ini.

Tetapi pembuatanya pun tidak sembarangan, haruslah mengikuti beberapa syarat seperti Pemilihan bahan yang harus terbaik yakni untuk pembuatan kandang,

sirkulasi ataupun aliran udara harus lah yang terbaik, membuat tempat pembuangan kotoran serta tempat penempatan pakan sekaligus minum untuk buruh puyuh tersebut.

seperti gambar tersebut

Cara Ternak Puyuh

Untuk membuat kandang indukan Puyuh tersebut memiliki ukuran 2x 0.5 meter yakni dengan jumlah 5 lantai serta disetiap lantainya diberikan penghalang yang dapat terbuat dari triplek untuk menampung kotoran dari puyuh serta mempermudah kita dalam membuangan kotoran tersebut.

Untuk bagian dindingnya dapat menggunakanan Jaring yang berbahan dari kawat yakni untuk membuat sirkulasi udara pada kandang tersebut lebih baik. Sesudah itu jangan lupa untuk membuat kaki kandang supaya dapat mencegah kandang puyuh terkena air atau lembab.

C. Penyiapan Bibit Unggul

Dalam menentukan bibit yang unggul dari burung puyuh pun tidaklah sembarangan karena tetap saja kita pun harus menentukan serta juga mencari bibit yang sudah sesuai dan pas untuk keperluan  juga tujuan kita didalam mengembang biakan burung puyuh tersebut.

seperti gambar di bawah ini

Cara Ternak Puyuh

Jika dilihat dari tujuan tersebut pengelompokan bibit burung puyuh akan di bagi menjadi 3 kelompok yaitu:

1. Mencari bibit petelur

kelompok bibit yang satu ini akan di cari karena kita sebagai pengembang biak yang biasanya akan mengembang biakan puyuh itu untuk di ambil hasil telurnya saja sehingga kualitas telur pun menjadi prioritas yang utama bagi puyuh yagn satu ini.

2. bibit yang di cari bagian dagingnya

untuk kelompok yang nomor 2 ini tidak terdapat jenis kelamin yang spesifik dimana jatan ataupun betina bisa di jadikan bibit karena yang akan di cari ialah bagian daging nya saja dari burung puyuh ini.

Tetapi yang pasti adalah badan dari si calon bibit tersebut haruslah sehat serta juga bagus supaya dapat menghasilkan puyuh yang baik juga.

3. bibit yang di cari untuk pembibitan lagi

sehingga sangatlah natural alias dapat di kembangbiakan secara natural serta bebas tidak perlu memilah milah yang terpentin bibit sehat serta terhindari dari penyakit maupun virus yang berbahaya dan akan menular ke puyuh lainnya.

D. Memelihara Burung Puyuh

Langkah yang paling utama ini ialah memilihara serta perawatan yang cukup terbaik bagi burung puyuh petelur supaya dapat memproduksi telur yang terbaik dan juga memiliki kualitas baik.

terdapat beberapa point yang memang harus di lakukan di dalam memelihara burung puyuh pada awal-awal kedatanngya.

Baca Juga : Cara Ternak Jalak Suren

yang pasti cara merawat burung puyuh tersebut mulai dari bibit sampai dengan bisa mengeluaran telurnya, Namun disini sebelum lanjut terdapat beebrapa hal yang peru diperhtikan ketika akan memulai untuk menrawat ataupun memelihara burung ini ialah :

1. Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk burung puyuh ini dapat berupa pallet , remah-remah serta tepung yang akan memuat kondisi burung puyuh kita akan tetap sehat serta nutrisi yang di butuhkan oleh burung juga cukup.

pada burung puyuh yang anakan , sebaiknya dalam memberikan makan cukup 2x sehari yakni pada pagi hari dan juga sore hari. Sedangkan untuk indukan ataupun yang sudah dewasa dapat di berikan hanya 1 kali saja didalam sehari

2. Penerangan kandang

apabila kita akan menempatkan kandang puyuh ini di sebuah tempat seperti gudang yang sudah tidak terpakai

hal tersebut akan di butuhkan penerangan yang cukup supaya kandang yang ada di dalam ruangan tersebut dapat kita kontrol takutnya terdapat binatang mematikan yang menyusup serta membunuh puyuh kita.

jenis penerangannya pun dapat di pilih apakah akan menggunakan penerangan yang 1 saja tapi kuat ataupun di setiap lantai di simpan sebuah lambu pijar 5wat yang kecil untuk mengerangi di tiap lantai dari kandang puyuh.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.