√ Cara Ternak Entok Pedaging : Dari Persiapan Hingga Pembuatan Pakan

Posted on

Pengertian

Cara ternak Entok – Entok pedaging ialah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Supaya entok pedaging anda cepat tumbuh besar serta sehat maka anda hanya perlu melakukan pembudidayaan. Entok yang sering dipanggil mentok ini adalah salah satu jenis dari unggas yang sekarang memiliki tingkat pemasarannya yang cukup tinggi.

Berikut cara budidaya entok pedaging :

1. Persiapan Kandang Entok

Lokasi serta mempersiapkan kandang yang sehat ialah salah satu hal yang perlu anda perhatikan supaya entok anda bisa tumbuh serta berkembang dengan baik.

Lokasi tempat didirikannya kandang entok akan menjadi penentu besar ataupun kecilnya ukuran kandang entok yang nantinya akan anda bangun. Besarnya kandang ini juga akan menentukan banyaknya entok pedaging yang nantinya anda budidayakan.

Lokasi yang sangat dianjurkan untuk menempatkan kandang entok memang lokasi yang cukup dekat dengan rumah, contohnya saja di halaman belakang atupun halaman depan.
seperti gambar di bawah ini

Cara ternak Entok
Cara ternak Entok – Tetapi jika anda berniat untuk melakukan budidaya entok dengan kapasitas yang cukup besar sebaiknya tentukan terlebih dahulu lokasi yang lumayan jauh dari pemukiman warga, Jauh dari beragam predator, memiliki suhu serta iklim yang kondusif,

Memiliki halaman untuk bermain yang di pagar dengan tinggi 2 kali lipat dari tinggi entok tersebut. Memiliki tempat makan serta wadah untuk minum dan harus memiliki lingkungan yang bersih serta bebas dari kubangan air, lumpur, kotoran.

B. Perawatan serta Pakan Entok

Cara ternak Entok – Cara budidaya entok pedaging, supaya entok anda bisa tumbuh serta berkembang secara optimal maka anda harus mensupport pertumbuhan mereka dengan memberi perawatan dan juga pemberian pakan yang berkualitas.

seperti gambar berikut

Cara ternak Entok
Perhatikan kebutuhan gizi serta makanan baik bagi induk atupun anakan entok supaya nantinya mereka tidak mengalami masalah di dalam pertumbuhannya. Dalam masalah pemberian makan maka berikut ini cara yang sesuai dengan perkembangan dari entok itu, yakni:

  1. Anak entok (1 sampai 14 hari) : Berikan pakan yang mengandung protein dan juga nutrisi yang seimbang seperti memberi pelet ataupun startet.
  2. Anak entok (15 sampai 35 hari): Pakan yang diberikan agak cenderung untuk menambah bobot dari anakan entok itu maka berikan pakan kosentrat yang bisa di campur dengan ampas tahu, dedak ataupun jagung.
  3. Anak Entok (36 sampai 40 hari): Ini ialah masa dimana anakan entok memerlukan mineral serta vitami dalam jumlah yang besar supaya bisa menjaga kesehatan entok itu. Biasanya peternak akan memberikan pakan yang sangat kombinasi seperti bekatul, ikan runcah, nasi, ampas tahu, keong, menir serta eceng gondok.

3. Melakukan Vaksinasi Entok

Cara ternak Entok – Supaya entok yang anda budidayakan bisa tumbuh dengan sehat dan segera medapatkan perkembangan yang di inginkan maka anda dapat melakukan vaksinasi untuk entok itu sendiri.

Ketika anda berusaha melakukan tindakan pencegahan penyakit yakni berupa vaksinansi maka dengan ini kesehatan entok tersebut akan lebih terjaga. Entok yang sudah mendapatkan vaksinasi akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

seperti gambar di bawah ini

Cara ternak Entok

Walaupun daya tahan entok agak lebih baik dari pada jenis unggas yang lainnya, tetapi tetap saja anda pun harus melakukan pemberian vaksinasi supaya nantinya entok itu terjaga dan tidak mudah terserang beragam jenis penyakit yang mungkin saja menyerang serta mengancam mereka.

4. Nafsu Makan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam melakukan budidaya entok ialah dengan mengontrol nafsumakan mereka. Yang mana entok pedaging akan menghasilkan daging yang sangat berkualitas jika entok itu memiliki nafsu makan yang baik.

Supaya nafsu makan dari entok menjadi lebih stabil maka anda disarankan untuk memberikan makanan dengan campuran kosentrat stratet di dalam pakan mereka.

5. Menjaga Kondisi Lingkungan

Entok pedaging juga akan membutuhkan kondisi lingkungan yang sangat baik. Dimana lingkungan tempat beternak entok tersebut haruslah kondusif serta bersih bebas dari beragam jenis hama dan juga penyakit.

Bahkan anda bisa membuat sebuah kolam supaya entok bisa lebih santai dan tidak stress.

6. Pemberian Vitamin

Anda bisa saja melakukan beragam pencegahan penyakit yang mungkin saja ingin menyerang entok dengan cara memperkuat daya tahan tubuh yakni dengan melakukan vaksinasi ataupun memberikan vitamin di dalam campuran minuman atupun pakan entok itu.

jenis-jenis penyakit yang umum menyerang entok ialah sallmonellosis, avian influenza, botulismus, fowl cholera, coccidiosis serta fowl pox.

7. Pengendalian penyakit

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa terdapat beberapa jenis penyakit yang kemungkinannya bisa menyerang entok anda.

Maka hal yang terpenting di dalam pengendalian penyakit ialah memberikan vaksinasi, pemberian vitamin ataupun obat serta fokus terutama pada sanitasi kandang dan juga sirkulasi air atupun udara di dalam kandang.

Anda harus secara rutin untuk melakukan pembersihan kandang serta melakukan pengecekan terhadap entok itu.

Siapa tau ada salah satu dari entok tersebut yang sedang terserang penyakit musiman seperti flu, maka pisahkan ento tersebut dengan entok yang sehat supaya tidak terjadi penularan beruntun.

8. Pembuatan pakan Entok

Pakan yang baik serta bagus untuk pertumbuhan entok pedaging ialah pakan yang disukai oleh entok tersebut.

Tetapi sebagai peternak anda pun harus memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi yang dibutuhkan entok supaya bisa berkembang dengan baik, maka pandai-pandailah untuk mencampur serta mengelabuhi entok tersebut.

Dimana anda bisa secara manual untuk mencampur bahan pakan entok itu sendiri.

Bahan bahan yang bagus untuk membuat pakan entok ialah campuran dari jagung goling, asam amino, minyak, dedak serta topmix. Anda pun hanya memerlukan sebuah wadah yang untuk mencampur semua bahan itu.

Jangan lupa juga untuk memasukan serta mencampurkan air ke kedalam campuran pakan tersebut.

demikianlah artikel dari dunipeternakan.com semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.