Cara Ternak Udang Vaname Air Tawar : Pemilihan Bibit, Persiapan Kolam, Pemberikan Pakan

Posted on

Pemilihan Bibit Udang

Cara budidaya udang vaname

Cara budidaya udang vaname – Sebelum memulai langkah budidaya maka anda pun harus lah terlebih dahulu memilih bibit udang unggulan apa lagi setelah memilih jenis dari udang yang ingin di budidayakan nantinya.

Untuk mendapatkan bibit udang ini tidaklah sangat sulit serta bisa langsung anda membeli pada peternak udang. Apapun jenis udang yang ingin anda pilih namun pilihlah bibit yang pastinya terlihat sehat, aktif dan juga tidak terlihat cacat.

Persiapan Kolam

Anda dapat melakukan persiapan kolam yakni dengan menggunakan tambak-tambak kecil ataupun dengan membuat kolam terpal dan tidak memerlukan biaya yang banyak serta mudah di perbaiki.

Baca Juga : 7 Cara mudah untuk budidaya ikan lele

Perhatikan juga debit air serta pH air, sampai tercipta habitat kolam yang sudah sesuai dengan habitat aslinya udang tersebut. Buatlah selang yakni untuk mengeluarkan serta mengganti air kolam supaya tidak mudah terserang bibit penyakit.

seperti gambar di bawah ini

Cara budidaya udang vaname
Penaburan Bibit Udang

Cara menebar dari bibit yang baik ialah sebagai berikut :

  • Pilih terlebih dahulu bibit udang yang benar benar baik serta sehat untuk di budidayakan.
  • Letakan bibit tersebut di dalam wadah yang terisi air penuh serta kemudian goyangkan tempat bibit tersebut serta lihat pergerakan bibit udang jika masih dapat bertahan serta bergerak secaraaktif sampai gejolak air selesai maka bibit itu memang layak untuk dibudidayakan.
  • Nah, ketika anda akan sudah memastikan bahwa bibit udang tersebut ialah bibit yang baik maka anda dapat melakukan penebaran bibt ke dalam kolam yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  • Setelah melakukan penyeleksian bibit maka anda pun dapat langsung menebar bibit tetapi masukan kedalam plastik yang berisi air selama 30 menit sebelumnya yakni untuk menyesuaikan suhu air kolam dengan suhu didalam wadah bibit itu supaya mudah menyesuaikan dengan suhu air kolam tersebut.

Cara Mencegah Penyakit Udang

seperti gambar di bawah ini

Cara budidaya udang vaname
Cara budidaya udang vaname – Biasanya para peternak udang sudah memiliki metode serta cara yang khusus untuk melakukan pencegahan kepada beragam penyakit udang yang biasanya akan melanda udang yang ingin anda budidayakan tersebut, yakni:

  • Lakukan lah pengamatan secara intensif yang mana anda harus lah lebih jeli dalam menglihat apa ada masalah ataupun penyakit yang menyerang udang itu. Berdasarkan ciri-ciri serta morfologi penyakit yang biasanya menyerang kelompok udang.
  • Anda juga dapat melakukan pengendalian bibit penyakit yakni dengan pengamatan secara mikroskopis dengan menggunakan uji analisa laboratorium atau dengan mngetes sampael air kolam ataupun potongan tubuh udang itu.
  • Seperti biasa, lakukan lah pengamatan terhadap kondisi fisik udang jika tampak terdapat penyakit ataupun tidak bergerak secara aktif maka waspadalah.

Pemberian Pakan Udang

Walaupun anda sedang melakukan budidaya udang yang di lahan cukup sempit namun supaya mendapatkan panen yang melimpah maka anda pun juga juga harus memaksimalkan makanan ataupun pakan udang supaya nantinya akan menghasilkan udang yang banyak serta optimal.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila

Pakan udang itu harus lah mengandung nutrisi yang seimbang serta bergizi. Lakukanlah pemberian pakan yakni dengan waktu serta metode yang benar.

Proses Panen

seperti gambar berikut

Cara budidaya udang vaname
Udang yang di besarkan di tambak ini biasanya akan memakan waktu 4 sampai 7 bulan pada panen perdana ataupun panen yang pertama.

Yang mana biasanya panen udang dapat dilakukan berkali kali dan tidak serentak sesuai dengan kebutuhan pasar. Tetapi ini juga tergantung dengan kondisi fisik udang serta kolam tersebut.

Baca Juga : Cara Ternak Ikan Guppy Dengan Mudah

demikianlah artikel dari duniapeternakan.com semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.