Cara Budidaya Tawon Madu bagi Pemula Paling Mudah

Diposting pada

Cara Budidaya Tawon Madu

Tawon madu dipengaruhi secara langsung oleh lingkungan mereka, oleh karena itu, perilaku dan kesuksesan mereka sangat bervariasi di seluruh iklim. Biasakan diri Anda dengan peternakan lebah alami di hutan Anda.


Apa itu tawon madu?


Namun jika Anda berusaha untuk melakukan budidaya maka ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, yaitu :

  • Langkah pertama untuk menjadi peternak tawon madu yang sukses adalah belajar sebanyak mungkin tentang tawon itu sendiri. Mengingat semua variabel yang mungkin mempengaruhi lebah madu Anda, Anda mungkin melihat sesuatu yang berbeda setiap kali masuk ke sarang  tawon madu Anda.
  • Untuk membuat keputusan manajemen yang tepat, peternak lebah harus fleksibel dalam kemampuan mereka untuk mengetahui mengapa lebah berperilaku dengan cara tertentu, dan bagaimana tindakan tertentu dapat mempengaruhi kesejahteraan mereka.

Tawon madu adalah satu-satunya serangga yang menyimpan makanan secara berlebihan. Bagian hasil yang mereka  produksi dalam komoditas bernilai tinggi ​​mendorong banyaknya peternak tawon madu saat ini.

Nilai tawon madu tidak hanya meningkat, namun mereka telah menjadi penopang pada sistem pertanian saat ini sebagai penyerbuk. 30% tanaman pangan paling umum di dunia membutuhkan penyerbukan Tawon madu seperti keuntungan beternak ayam telur.

Pengenalan Spesies Tawon Madu


Sebelum Anda melakukan proses budidaya sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis dari koloni tawon madu tersebut :


1. Ratu


Setiap sarang tawon madu akan memiliki 1 ratu lebah yang merupakan satu-satunya individu reproduksi di koloni tersebut. Dia hanya akan meninggalkan sarangnya dalam dua situasi: sebagai ratu perawan untuk kawin dan dalam beberapa kasus, sebagai ratu berpengalaman dengan segerombolan pekerja atau koloninya.

Pada masa kawin, ratu tersebut menempatkan khusus untuk menjalin hubungan dengan 80 tawon sebelum kembali ke sarangnya. Dia akan menyimpan semua sperma ini untuk digunakan seumur hidupnya, yang bisa bertahan sampai 5 atau 6 tahun. Ratu akan meletakkan semua telur untuk koloni tersebut, “memutuskan” kapan harus meletakkan telur yang tidak dibuahiat atau melahirkan para pekerja (telur yang telah dibuahi).


2. Tawon Madu Pekerja

Tawon madu pekerja adalah tawon betina yang steril yang melakukan semua kegiatan mencari makan, memberi makan produksi, penyimpanan madu muda, produksi lilin, pembersihan, dan mempertahankan sarang terhadap penyusup.

Setiap lebah pekerja akan melakukan berbagai pekerjaan seumur hidupnya, yang bisa bertahan sekitar 4-6 minggu selama musim aktif. Seiring bertambahnya usia, tugas mereka akan menjadi lebih berisiko, dan membutuhkan usaha lebih jauh dari sarangnya.


3. Drones


Satu-satunya lebah jantan di koloni. Tujuan mereka adalah menyebarkan genetika koloni dengan cara kawin dengan ratu perawan dari koloni lainnya. Begitu mereka kawin, mereka mati dan perkawinan lebah sukses.


4. Membangun Sarang Tawon Madu



Sarang tawon madu sepenuhnya tergantung pada perilaku iklim tempat mereka tinggal. Waktu untuk memulai sarang akan bervariasi tergantung pada iklim dan geografi setempat.

Sebaiknya membuat sarang adalah ketika musim bunga sedang bermekaran dan tidak sedang musim hujan. Begitu musim ini tiba, Anda pasti ingin benar-benar siap menghadapi tawon madu Anda untuk siap dengan semua perlengkapan Anda dan sarang Anda ada di peternakan Anda.

Sebagai peternak tawon madu awal Anda akan selalu belajar. Jika Anda berhenti belajar Anda melakukan hal yang salah. Sebagai peternak tawon madu alami Anda bergabung dengan subkultur peternakan lebah yang terus tumbuh dan berubah yang masih belum dipahami oleh komunitas lebah lebah yang lebih besar.


5. Beli perlengkapan pelindung



Cara budidaya tawon madu tawon madu mulai dari awal. Ini memang bukan jenis lebah yang paling agresif, tapi sengatannya masih bisa sangat menyakitkan. Anda perlu membeli peralatan pelindung lebah madu untuk mencegahnya menyengat Anda saat Anda memeriksanya dan memanen madu.

  • Topi dan kerudung sederhana seringkali cukup melindungi sebagian besar kegiatan pemeliharaan lebah.
  • Jaket ringan menawarkan perlindungan tambahan dan cukup sering untuk kebutuhan pemeliharaan lebah biasa.
  • Sebuah baju lengkap dengan sarung tangan disarankan untuk waktu dimana cuaca agak berangin atau lebah tampak agresif.

6. Tempatkan lebah di rumah baru mereka


Sangat mudah dan aman untuk mentransfer lebah Anda dari sarang lama mereka masuk ke sarang baru mereka yang Anda beli untuk mereka. Proses ini dirinci dalam petunjuk yang seperti berikut :

  • Tempatkan ratu yang dikurung secara terpisah ke dalam sarang kosong
  • Tuangkan lebah ke luar kotak
  • Lebah saat ini tidak memiliki sarang untuk dipertahankan dan akan terganggu sehingga hanya sedikit risiko tersengat selama proses ini.
  • Koloni ini akan mengambil tahun pertama untuk membangun jumlah lebah di dalam dan tidak akan menghasilkan madu sampai tahun kedua Anda memiliki sarangnya.

7. Periksa lebah Anda


Anda perlu memeriksa status sarang Anda lebih sering daripada Anda akan memanen madu. Saat memeriksa sarang Anda, cukup mengenakan topi dengan penutup yang sering dianggap cukup proteksi, tapi Anda juga bisa memilih memakai jaket.

  • Kunjungi lebah pada hari yang cerah saat bunga sedang mekar sehingga mayoritas lebah akan keluar dan bekerja.
  • Cuci setiap pakaian lebah yang mungkin telah tersengat sebelumnya saat berkunjung, feromon residu bisa memicu serangan lain.
  • Gunakan terapi asap untuk mengisi sarang dengan asap dan jaga agar lebah jinak saat membukanya untuk diperiksa.

8. Periksa kemajuan pembuatan madu mereka


Begitu Anda mendekati sarangnya, Anda harus membukanya dan mengeluarkan sebagian framings interior untuk memeriksa kemajuan lebah Anda dalam mengembangkan sarang dan membuat madu. Ingatlah untuk secara bebas menggunakan perokok Anda selama proses ini untuk menenangkan lebah yang tersisa.

  • Gunakan alat pada sarang lebah Anda (linggis kecil) untuk membungkuk di sudut salah satu dinding rangka interior, lalu geser perlahan-lahan.
  • Dalam bingkai berbeda Anda geser keluar Anda akan menemukan madu atau bahkan bingkai penuh dengan larva ratu.
  • Bingkai yang tertutup lilin lebah penuh dengan madu dan siap dipanen.

9. Panen Madu


Akhirnya saatnya menuai hasil peternak lebah, panen madu segar! Anda dapat memilih untuk mengenakan setelan lebah lengkap untuk melindungi diri Anda selama proses ini. Meskipun jika Anda berhati-hati namun proteksi memang harus diutamakan.

  • Anda bisa membeli “bee escape” yang merupakan jebakan lebah yang memungkinkan lebah memasuki wadah tapi lebah tidak akan pergi.
  • Saat Anda mengambil sarang lebah, kebanyakan lebah akan memasuki jebakan lebah, memungkinkan Anda untuk memanen madu dengan aman dengan kebanyakan lebah akan mengungsi.
  • Gunakan pisau saku atau pisau kecil untuk memotong sarang lebah dari bingkai. Madu lebah madu yang membentuk segi enam juga dapat dimakan.

Jadi, cara budidaya tawon madu tawon madu bisa dilakukan siapa saja, namun harus nerbati-hati dan teliti untuk hasil yang memuaskan.


Baca Juga Artikel Selanjutnya…