Cara Berternak Musang Bulan : Ciri Ciri Musang Bulan

Posted on

Ciri Ciri Musang Bulan

Berikut ini adalah ciri ciri – musang bulan – yang bisa teman teman ketahui dan dalam hal ini telah dirangkum agar mudah dipahami diantaranya yakni :

musang bulan

1. Habitat

Untuk jenis musang bln sendiri merupakan musang yang hidup iklim tropis dan bahkan sering berada didekat sekitar manusia.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora

2. Pada Bagian Kepala

Pada bagian kepalanya dimana musang Bln memiliki terdiri dari garis putih yang menonjol yang membentang dari hidung hingga kening

(kadang-kadang bisa lebih banyak atau lebih besar tetapi ketajaman warnanya berkurang) membagi dua topeng hitam yang memanjang ke bagian yang jauh dari pipi dan dahi, melewati telinga, dan bawah bagian belakang leher sebelum berhenti tepat di bawah tulang belikat.

Mata dikelilingi oleh bulu putih yang dapat bervariasi, garis putus-putus dengan bentuk yang sempurna. Bibir, dagu, dan tenggorokan berwarna putih, memiliki mata berwarna coklat.

3. Bagian Tubuh

ciri selanjutnya yang bisa teman teman perhatikan yakni pada bagian tubuhnya dimana musang Bln memiliki tubuh dengan panjang sekitar 50 – 76 cm dan untuk berat badan dari musang bulan bisa mencapai 3,6 – 5 kg.

Baca Juga : 8 Cara Ternak Domba

4. Bulu dan Ekor

Pada bagian bulu dan ekor musang bulan berwarna campuran antara orange dan coklat dan ada juga berwarna coklat sedangkan untuk ekornya sendiri panjangnya bisa mencapai 50 – 64 cm

5. Pada Bagian Kaki

Sedangkan pada bagian kaki musang bulan memiliki sepasang kaki pada bagian depan dan sepasang lagi berada pada bagian belakang dimana setiap ujung kakinya terdapat kuku yang cukup tajam

6. Sifat

Musang Bln memiliki sifat yang sama seperti musang lain dimana ia lebih sering menghabiskan waktunya diatas pohon dan aktivitasnya banyak dilakukan dimalam hari

Cara Berternak Musang Bulan

1. Persiapan Kandang Musang Bulan

Kandang yang bagus untuk musang Bln ialah yang bisa membuatnya merasa nyaman saat istirahat.

Disarankan jangan membeli atau membuat kandang yang terlalu sempit Disarankan jangan ditempatkan di ruangan yang suhunya tidak stabil (terlalu panas dan dingin) dan jauhkan dari keramaian, bising atau banyak polusi.

Yang terpenting kalian harus rutin mencuci kandang, mencuci tempat makan dan membersihkan tempat minumnya minimal dua minggu sekali, hal ini bertujuan agar tidak ada bakteri penyakit yang berkembang di dalam kandang.

2. Pemilihan Indukan Musang Bulan

Pilihlah indukan dan jantan Musang Bln yang berkualitas, sehat, tidak cacat dan berumur cukup, untuk dibreeding maka pilih musang bulan yang telah berumur diatas 1 tahun.

Sebaiknya pilih indukan betina yang lebih tua dari indukan jantan. Misalnya jantan berumur 1 tahun 9 bulan maka betina dipilih yang berumur 2,5 tahun.

Jika untuk dipelihara saja, kalian dapat memilih Musang Bulan yang masih berumur 1-6 bulan.

3. Proses Perjodohan Musang Bulan antara Jantan dan Betina

Pada proses pengenalan ini si Jantan dan Betina harus ditempatkan di satu kandang atau tempat yang terpisah,

Tempatkan Jantan & Betina di kandang yg berbeda kemudian kita posisikan mereka dengan cara menaruh kandang yang bersebelahan.

4. Proses Perkawinan Musang Bln

Pada musang bulan betina yangg siap untuk kawin dan memulai tahap birahi biasanya ditandai

Betina akan lebih sensitif

Agresif, nafsu makan akan mengurang drastis
Berlari-lari sambil menyiarkan sinyal suara khas musang bulan.
Secara fisik pada kemaluan musang betina terlihat keluar.
Selama tiga hari sampai 5hari biasanya belum terjadi proses kawin (jantan masih terlihat tidak agresif)
Setelah 3/5 hari masa birahi barulah akan terjadi proses kawin biasanya di jantan akan selalu mengejar dan berusaha mengawini si betina.
Proses kawin di tandai dengan betina akan di tindi oleh jantan
Proses ini bisa terjadi selama 5-7 hari (tidak mengenal waktu)
Klimaks musang disaat pembuahan biasanya dapat terlihat diujung proses pembuahan musang jantan dan betina.
Mengeluarkan suara (sepertI kelinci dan kucing).
Setelah proses pembuahan biasanya terlepas dan betina menjauh dari jantan dan telihat lemas keduanya.

5. Proses Indukan Jantan dan Betina Dipisahkan

Memisahkan jantan dan betina, jika si betina sudah positif hamil dan mulai mengandung hal ini dilakukan agar si betina mempunyai persiapan untuk proses melahirkan.

6. Proses Kehamilan Musang Bulan Betina

proses kehamilan musang Bln sekitar 3 bulan, dan lama masa kehamilan ini bisa berbeda di setiap jenis-jenis musang lainya.

7. Pasca melahirkan Musang Bulan

Pasca melahirkan lakukan pemantauan karena ada beberapa indukan musang yg dapat dan tidak ingin merawat anaknya.

Bila ada tanda tanda gerak gerik indukan yg mencurigakan atau membahayakan anaknya maka anak musang langsung di pisahkan dari indukannya

Untuk menghindari indukan memakan anaknya karena stess atau belum siap untuk memiliii keturunan.

Baca Juga : Cara Ternak Rat (Tikus Putih)

Disarankan kandang ditutup rapat dan jangan sekali kali menyentuh anak musang yg baru dilahirkan karena bila anak musang sudah bau tangan manusia biasanya indukan tidak akan merawat bahkan akan melukai/membunuh anaknya.

8. Perawatan Musang Bulan

Untuk musang Bln yang belum melek sebaiknya diberikan susu secara rutin 3-5 kali sehari dan belum perlu diberi pakan.

Pastikan pemberian susu diberikan secara teratur karena pada masa ini musang bulan sangat membutuhkan susu dan jika terlambat bisa mati. Pada masa ini sangat dianjurkan untuk diberikan penghangat seperti lampu dan pastikan alas yang digunakan selalu dalam keadaan kering.

Akan lebih baik jika pada masa ini musang bulan diasuh oleh kucing dengan mothering ability yang baik yang sedang menyusui anaknya.

Untuk musang Bln yang sudah melek, belum bisa makan sendiri dan sekiranya sudah waktunya diberi makan penanganannya yaitu dengan memberikan pisang yang sudah dipenyet agar baby muskar lebih mudah melahapnya.

Berikan pisang penyet 3-4 kali sehari dan tambahkan susu yang diberikan menggunakan dot hewan agar mempermudah pemberian.

demikian Artikel dari duniapeternakan.com mudah-mudahan selalu bermanfaat dan berternaknya berhasil Amin….