Memilih Filter Terbaik Untuk Aquarium Udang Hias-duniapeternakan.com

Diposting pada

Memilih Filter Terbaik Untuk Aquarium Udang Hias


Ada banyak jenis filter yang dapat dipilih saat memasang tangki aquarium udang hias. Filter spons, filter matten, filter di bawah kerikil, filter gantung, dan filter tabung. Aqua Ama akan melihat filter ini untuk melihat Apa pro dan kontra untuk setiap jenis dan mana yang terbaik untuk udang hias Anda.

Filter terbaik untuk dipilih untuk tangki aquarium udang hias, menurut saya adalah filter spons atau filter matten. Filter spons dan filter matten memiliki area permukaan yang luas, tempat udang hias dapat bermain dan mencari pakan sisa, dan filter ini juga memiliki manfaat karena tidak menyedot udang kecil ke dalam filter.


Filter Spons (Sponge Filter)


Filter spons hanyalah spons besar di mana air dapat dihisap menggunakan pompa udara (aerator) atau dengan pompa air. Yang paling umum adalah spons dengan tabung di dalamnya.

Udara dipompa ke bagian bawah tabung, sering kali melalui batu udara (air stone) untuk mendapatkan gelembung udara yang lebih kecil. Gelembung udara mengangkat air di dalam tabung, dan air tersedot melalui spons.



Filter spons hanya memerlukan pompa udara atau dalam beberapa kasus pompa air. Mereka tidak berbelit-belit dan tidak memiliki bagian mekanis yang bergerak. Karena itu, mereka hampir tidak pernah rusak, terkecuali mesin pompa udara atau pompa air

Breeder professional banyak menggunakan filter spons di sebagian besar aquariumnya. Seringkali, Anda akan melihat udang berkumpul dan bermain di permukaan spons. Satu-satunya kelemahan utama dari filter spons adalah kenyataan bahwa mereka memakan banyak ruang di aquarium Anda.

Jika Anda tidak keberatan, filter spons dapat menjadi filter yang sangat baik untuk hampir semua aquarium. Filter spons adalah salah satu filter paling hemat energi untuk ruang udang dan ikan hias yang lebih besar karena satu pompa udara dapat memberi daya pada banyak filter spons.


Filter Matten (Mattenfilter)


Filter matten memiliki banyak keuntungan yang sama dengan filter spons, banyak area permukaan untuk udang hias bisa bermain disana. Filter ini tidak memiliki bagian yang bergerak, dan aliran air yang tenang. Dan tidak ada cara bagi udang kecil Anda untuk tersedot ke dalam filter.

Seperti filter spons, filter ini menggunakan udara atau pompa air kecil untuk mengalirkan air melalui filter. Filter Matten mengambil lebih banyak ruang di aquarium Anda daripada filter spons, tetapi filter ini juga memiliki lebih banyak luas permukaan.

Filter Matten tidak banyak terlihat dalam hobi daripada kebanyakan bentuk filter lainnya meskipun mereka sangat bagus dalam pekerjaannya. Anda akan lebih sering melihat filter semacam ini dalam pengaturan profesional, misalnya, di ruang pembiakan ikan atau udang di eropa.


Cara kerja filter matten

Jenis filter ini mudah dipasang sendiri, dan jika Anda meluangkan waktu untuk membangun tangki aquarium udang, Anda akan merasa sangat efisien dalam menyaring air. Ini hanya sedikit lebih menantang untuk menginstal daripada filter spons.


Under Gravel Filter (UGF)


UGF adalah filter yang diletakan dibawah kerikil / substrat, gunakan substrat / pasir yang seukuran batu kerikil untuk menyaring air. Seperti filter spons, filter tidak memiliki bagian bergerak yang dapat rusak.

Filter under garvel sangat berguna, tetapi dapat menjadi tantangan untuk dipasang di aquarium baru dan hampir tidak mungkin di aquarium yang sudah mapan. Membersihkannya juga sangat merepotkan karena akan mengganggu substrat.

Keuntungan filterunder gravel adalah tidak memakan banyak ruang di aquarium Anda. Sebagian besar filter tersembunyi di bawah substrat, karena itulah sesuai namanya. Satu-satunya bagian filter yang Anda lihat adalah pipa yang keluar dari kerikil dan gelembung udara yang menyedot air melalui kerikil untuk menyaringnya.

Saya tidak menemukan banyak tangki aquarium yang memiliki filter under gravel, dan saya hanya melihatnya beberapa kali, sebagian besar di toko hewan peliharaan yang tidak menggunakan tempat penampungan air.


Filter Hang On the Back


Filter Hang On the back, atau HOB, adalah jenis filter lain yang tidak menggunakan banyak ruang di aquarium Anda. Anda hanya memiliki pipa masuk di dalam aquarium dan pengeluaran air kembali ke aquarium, bagian filter tergantung di bagian belakang aquarium. Sebagai mana dari mereka mendapatkan nama mereka. Dengan cara ini, Anda memiliki lebih banyak area di aquarium Anda untuk tanaman dan hal lainnya.



Dengan filter Hang On the Back, Anda harus berhati-hati agar udang kecil Anda tidak ikut tersedot ke dalam filter yang pasti akan binasa. Salah satu cara untuk mencegah udang kecil Anda tersedot ke dalam filter adalah dengan menambahkan filter spons kecil pada bagian ujung pipa sedot filter HOB. Toko yang menjual filter HOB sering juga menjual pelindung spons untuk pipa sedotnya.

Kerugian utama dari filter Hang On the Back adalah membutuhkan ruang di belakang aquarium Anda. Ini biasanya bukan masalah besar bagi kebanyakan orang.


Filter Canister


Filter canister atau filter tabung memiliki banyak keuntungan. Misalnya, mereka memiliki aliran air dan kemampuan filtrasi yang besar. Filter tabung bisa disembunyikan di bawah atau di belakang aquarium. Karena filter tabung bisa disembunyikan, biasanya memiliki suara yang sangat sunyi.



Karena memiliki aliran air yang besar, ikan kecil dan Udang dapat dihisap masuk ke dalam saringan. Seperti filter Hang On the Back, ada spons yang bisa Anda pakai untuk mencegah hal tersebut terjadi pada peliharaan Anda. Mirip dengan filter Hang On the Back, Anda hanya memiliki pipa penyedot dan pipa air keluar dari filter menuju aquarium Anda, sehingga tidak mengganggu aquascape Anda. Beberapa filter tabung juga memiliki ruang untuk memuat pemanas (heater), yang berarti berkurang satu item di dalam aquarium Anda.

Filter tabung adalah filter yang sangat baik, tetapi dapat rusak, dan jauh lebih mahal daripada filter spons maupun filter HOB. Jika Anda memiliki banyak aquarium, ini bisa menguras isi kantong dengan cepat, tetapi jika Anda hanya memiliki satu aquarium, ini bisa menjadi pilihan yang baik.


Filter Sump


Filter sump adalah wadah air berukuran besar yang biasanya berada di bawah aquarium utama. Filter sump dapat memiliki beberapa keunggulan signifikan dibandingkan filter lainnya. Keuntungan utamanya adalah  meningkatkan volume air sehingga kualitas air lebih stabil. Bonusnya adalah itu juga dapat membuat pemanas atau pendingin Anda tidak terlihat.



Filter Sump bisa menjadi cara terbaik untuk menyaring aquarium Anda, tetapi mereka membutuhkan banyak ruang dan lebih sulit untuk dipasang daripada kebanyakan jenis filter.


Kesimpulan


Kesimpulannya ada filter yang terbaik adalah filter spons karena, mereka sederhana, hemat energi, dan mudah diatur. Pilihan kedua adalah filter matten yang juga mirip dengan filter spons.


Baca Juga Artikel Lainnya ..