√ Cara Ternak Rat (Tikus Putih) Dengan Mudah

Posted on

Cara Ternak Rat (Tikus Putih)

Tikus putih – ataupun bisa di sebut mus musculus merupakan jenis tikus yang digunakan sebagai salah satu pakan terbaik untuk diberikan kepada berbagai peliharan contohnya ular, burung pemangsa, dan pada lazimnya tikus ini dimanfaatkan sebagai bahan penelitian.

Berdasarkan banyaknya kegunaan seperti diatas, ternak tikus putih bisa dijadikan salah satu hal pertimbang untuk ajang investasi. Mengingat banyaknya permintaan dan peluang usaha yang ada.

Baca Juga : Cara Ternak Kelinci Yang Baik dan Benar

Bukan itu saja, perawatan untuk budidaya tikus terbilang sangat lah mudah, yang paling penting adalah tidak membutuhkan banyak modal. Selain itu, tikus sangat lah gampang untuk berkembang biak setiap bulan sudah dapat dipanen.

untuk perawatan indukan hewan tersebut tidak memakan waktu lama, cukup memerlukan waktu singkat setiap harinya. Jadi tidak menganggu aktivitas lainnya, jika Anda memilih ternak tikus putih sebagai pekerjaan sampingan.

Berikut adalah Cara Cepat Ternak Tikus Putih :

A. Memilih Indukan

Cara Cepat Ternak Tikus Putih pertama ialah memilih indukan, pilih lah calon indukan (jantan atau betina) berkualitas dilokasi penjualan yang terpecaya. Langkah ini akan mempengaruhi jumlah anak tikus yang akan dihasilkan.

Sebab, satu indukkan tikus bisa melahirkan hingga 12 tikus serta masa kehamilan tikus hanya lah 20 hari saja.

Jika memilih indukan banyak bisa dipastikan akan menghasilkan tidak sedikit nya tikus di dalam setiap bulannya. Tinggal menghitung jumlah indukan saja dikali 12 tikus, banyak bukan.

seperti gambar di bawah ini

Tikus putih
Apabila langkah awal ini ataupun memilih indukan tidak tepat dapat dipastikan akan mengurangi jumlah tikus yang akan dihasilkan didalam setiap bulannya.

Cara untuk membedakan tikus jantan serta betina cukup mudah, yakni dengan melihat buah zakar pada tikus, jika ditemukan buah zakar dapat dipastikan tikus itu jantan, apabila tidak maka tikus ialah betina.

Umur indukan pada tikus putih yang baik untuk digunakan sebagai indukan yakni 2 bulan.

B. Kandang Tikus

Cara Cepat Ternak Tikus Putih selanjutnya yakni membuat kandang, kadang adalah salah satu hal penting untuk proses pembudidayaan karna disanalah (kandang) ialah tempat tinggal dan juga berkembang tikus putih.
seperti gambar di bawah ini

Tikus putih

Gunakan kandang yang berukuran kurang lebih 60 cm X 50 cm yakni dengan kotak plastik tentunya, untuk penutupnya bisa menggunakan kawat.

Sebaiknya kandang harus harus dilengkapi dengan alas, alas bisa menggunakan berbagai macam bahan misalnya sekam, kertas, sebuk gergaji maupun zeolite aktif. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan kandang supaya tikus putih ternak tetap sehat.

C. Proses Pengkawinan

Prose pengkawinan ialah salah satu langkah yang penting dan tidak dapat dipisahkan, sebab sangat erat kaitannya dengan pengembang biakan tikus putih.

Sebelum melakukan proses pengkawinan, sebaiknya anda kumpulkan terlebih dahulu tikus itu kurang lebih dalam waktu 1 minggu agar dapat dengan baik beradaptasi.

Baca Juga : 8 Cara Ternak Domba

Ingat, seekor jantan bisa mengawini 6 sampai 8 ekot betina, Tetapi untuk memperoleh hasil yang baik gunakan lah 2 jantan dengan 8 betina dalam satu kandang itu.

Hal yang terpenting di dalam penentuan keberhasilan nya perkawinan ialah pekan dan juga kesuburan. Jika anak-anak tikus sudah lahir maka segera di pisahkan pejatannya, pastikan pakan serta minuman dalam kandang selalu tersedia.

D. Menjaga Pakan

Cara Cepat Ternak Tikus Putih selanjutnya ialah menjaga persediaan pakan serta minumannya di dalam kandang supaya tikus anda tetap kenyang dan juga sehat sampai masa panen tiba. Untuk makanan tikus putih cukup mudah ditemukan, berikut ini adalah diantaranya :

1.Remahan roti.
2.Padi
3.Makanan kucing
4.Ikan kering

E. Penjualan Tikus

Cara Cepat Ternak  yang terahkir ialah penjualan tikus, langkah ini adalah yang ditunggu-tunggu. Disarankan untuk tidak tergiur dengan adanya keuntungan besar di setiap tikusnya.

Gunakan strategi harga yang bersaing yakni dengan menawarkan harga lebih murah.

seperti gambar di bawah ini

Tikus putih
Hal ini dapat memberikan hasil yang lebih baik di dalam tempo lama, sebab jika Anda dapat memiliki banyak tenak tikus serta mempunyai langanan yang membeli tikus Anda dengan jumlah yang tidak sedikit maka Anda bisa memenangkan kerasnya persaingan di pasar secara baik.

Cara ini pun akan menghasilakan manfaat yang lebi baik dan juga berguna untuk bisnis di jangka panjang.

demikianlah artikel dari duniapeternakan.com semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.