Cara Ternak Musang Luwak : Musang Peliharaan Untuk Pemula

Posted on

Musang Pandan – Bagaimana cara ternak musang? Karena musang telah menjadi populer sebagai hewan peliharaan, tampaknya berternak  musang menjadi semakin menguntungkan bagi pecinta hewan atau peternak.

Karena jika Anda merawat musang, Anda mendapatkan dua keuntungan besar yang bisa dijual kepada penghobi atau digunakan untuk membuat kopi luwak.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora

Memulai dengan pembibitan musang itu mudah, tetapi bagi Anda yang hanya ingin menghasilkan kopi luwak,

Anda harus memilih musang yang tepat, karena tidak semua jenis luwak dikenal untuk membuat kopi  luak yang berkualitas, seperti dijelaskan dalam artikel tentang jenis luwak di Indonesia.

Untuk produksi kopi luwak, disarankan untuk memilih musang jenis pandan, Binturung atau root musang.

Yah, kami hanya memberikan tips tentang cara membuat musang mungo atau hewan peliharaan. Artikel ini didasarkan pada pengalaman dan pengamatan Master Adityo Kresno Nugeroho dari grup MLI (Musang Lovers Indonesia).

Semoga panduan ini bisa menjadi referensi bagi peternak musang hinga keujung dunia ?….

Cara ternak musang pandan bagi pemula

Musang Pandan

Bacalah secara perlahan cara di bawah ini setiap langkah demi langkah:

1. Pilih induk laki-laki dan perempuan berkualitas tinggi

Hal terpenting saat ternak musang adalah mempersiapkan  calon indukan yang beekwalitas baik adalah Indukan yang telah mencukupi umurnya dan yang sehat atau tanpa penyakit. Usia yang baik untuk memulai budidaya adalah 1 tahun atau lebih.

Baca Juga : 8 Cara Ternak Domba

Tapi alangkah baiknya jika usia wanita jauh lebih tua daripada pria. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa betina selama proses perkembangbiakan, yang akan mengambil banyak peran, dari pembuahan hingga kelahiran hingga perawatan bayi musang.

Dan tentu saja nafsu mereka tidak bisa dibendung lagi ketika usia musang sudah mencapai satu tahun. itulah alasan kita harus memilih indukan yang jeli

saya memberi contoh, misalnya Hobinatang memiliki pria berusia 1 tahun dan 9 bulan, maka saya harus memilih wanita berusia 2,5 tahun. Untuk membedakan antara jantan dan betina,

2. Mengawali Ternak musang dimulai dengan memperkenalkan jantan dan betina

Setelah  kami memiliki Indukan yang memenuhi  kriteria kami dapat memulai peroses perkawinan antara musang jantan dan betina yang telah kami persiapkan.

Dalam proses perkawinan  ini, pria dan wanita harus ditempatkan di kandang yang terpisah atau di tempat yang terpisah. Kami menempatkan laki-laki dan perempuan di kandang berbeda dan kemudian memposisikan mereka dengan menempatkan kandang berdampingan.

Kami melakukan ini agar laki-laki dan perempuan bisa saling mengenal. Berapa lama proses perkawinan ini berlangsung? Itu semua tergantung pada masing-masing musang Anda, tetapi alangkah baiknya jika kita bisa melakukannya selama mungkin dan tidak terlalu tergesa-gesa.

Semakin lama kita berdiri berdampingan, semakin mencintai PDKT antara pejantan  dan betina. CIEE…..cie…

Ini adalah bagaimana si musang tersebut dapat  saling mengenal. Tapi intinya adalah kita membuatnya senyaman mungkin untuk si pejantan dan betina. Sehingga malam pertama lebih tulus dan menghasilkan seuai dengan keinginan.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Lovebird

Contoh: Saya memperkenalkan antara jantan dan betina selama  ± 5 bulan. Selama waktu ini pejantan mendekati perempuan, tetapi perempuan itu masih bergerak menjauh dan berdefanse dengan  laki-laki.

Bagaimana cara menikahi musang

Kemudian betina terbiasa dengan jantan dari waktu ke waktu, kemudian betina bereaksi terhadap jantan dan pada akhirnya tidur dimulai berdampingan, meskipun di kandang yang berbeda.

3. Cara membiakkan musang

Jika tahap pengenalan  dianggap cukup, kita bisa mulai menyatukan musang betina di kandang yang sama. Dengan tujuan agar ia ingin kawin. Dalam situasi ini, pria dan wanita tidak harus mengawini  mereka secara langsung, jadi biarkan proses perkawinan berjalan dengan sendirinya.

Cara ternak musang atau memelihara  untuk pemula

Mungkin sesekali kadang-kadang dapat dipantau apakah mereka telah membuat pose kuda-kudaan atau tidak. Jika Anda melihat peternak jantan dan betina mulai tumpang tindih, itu berarti ada respons yang baik. Lalu bagaimana Anda bisa mengawinkannya?

Caranya adalah dengan memonitor dan memonitor. Itu berarti kita harus terus memantau proses perkawinannya.

Secara umum, proses perkawinan yang biasa memakan waktu ± 1 bulan lebih lama. Sekarang kita harus memantau selama proses apakah pria atau wanita stres atau tidak.

Jika musang tersebut  stres, mereka biasanya akan berkelahi. Jika musang Anda mengalami hal ini, pertama-tama kita harus  mengukur apakah perkelahian itu fatal atau tidak.

Jika itu fatal, disarankan untuk segera memisahkannya, tetapi jika pertarungannya tidak fatal, itu bisa berlanjut.

Selain itu, kita juga perlu meletakkan tutup di sekitar kandang agar musang yang dipasangkan terasa privasi. Tidak peduli bagaimana dia adalah makhluk hidup

4. Lihatlah hasil positif atau negatif dari ternak musang kita

Setelah proses kawin berjalan selama ± 1 bulan atau lebih, langkah selanjutnya adalah untuk melihat hasilnya . Apakah positif atau negatif?

Berikut adalah beberapa karakteristik buruk  musang yang sedang hamil dan yang negatif:

Induk betina hamil yang positif

Perempuan menolak untuk dikooptasi (di anu) oleh laki-laki (karena perempuan merasa dihamili)

Wanita memiliki aktivitas yang berkurang (malas, kurang aktif, dan lebih banyak tidur)

  • Wanita lebih sensitif dari biasanya
  • Perut bagian bawah wanita sedikit lebih rendah dan meningkat (tidak netral)
  • Puting memiliki perubahan yang lebih besar

Ketika kehamilan besar, rambut jatuh di sekitar puting dan membentuk lingkaran di sekitar puting.

Ciri-ciri  musang betina yang tidak hamil:

  • Situasinya sama seperti sebelumnya dan tidak ada tanda-tanda akan hal itu.
  • Daia masih ingin konpoy  (karena merasa belum berhasil dihamili)

5. Laki-laki dan perempuan dipisahkan

Cara berikutnya untuk menumbuhkan hewan peliharaan musang adalah dengan memisahkan jantan dan betina jika betina hamil positif sesuai dengan ciri-ciri di atas. Ini dilakukan agar wanita bisa mempersiapkan untuk melahirkan.

Berapa lama betina hamil?…

Lamanya musang  mengandung dapat  kita hitung dari saat kawin terakhir dengan jantan. Namun, ini sering tidak diketahui kapan terakhir kali dikumpulkan.

Menurut pengalaman saya, kehamilan musang berlangsung kurang lebih 3 bulan. Durasi kehamilan ini dapat bervariasi untuk setiap jenis musang.

6. Sikap kita saat musang melahirkan anaknya

Proses kelahirannya sama dengan hewan lainnya. Yang harus kita lakukan adalah melihat dan meneliti apakah kelahiran ibu ingin merawat anak-anaknya atau tidak. Karena ada beberapa insiden yang ibu tidak ingin merawat anaknya, dia tidak mau menyusui anak.

Jika indduknya tidak mau menyusui anaknya, maka kita sebagai pemilik harus merawatnya. Tetapi jika ibu induknya mau menyusui anaknya, maka biarkan ibu yang merawatnya.

Baca Juga : Cara Ternak Rat (Tikus Putih)

Apa yang harus kita lakukan setelah musang melahirkan?

Setelah induknya  melahirkan, induknya  harus sering diberi makanan bergizi dan bergizi. Karena dia menyusui anak-anaknya.

Dilarang memegang bayi musang pada kelahiran pertama karena ibunya masih sangat sensitif dan ada sejumlah kasus di mana bayi telah di sentuh  oleh tangan manusia induknya tidak mau  lagi menyusui anaknya. Yah, itu mengerikan, bukan?

Mungkin ini hanya pertukaran kecil pengalaman dari kami, semoga artikel ini dapat membantu bagaimana musang dan ternak luwak dapat membantu teman-teman memulai misi yang disebut “MULAI BERTERNAK”. Kami tidak sempurna di sini, ada pembelajaran yang sama.

Kami membagikan apa yang kami miliki dengan orang lain sehingga tujuan kami dapat tercapai. Salam aroma! Berhenti berburu dan mulai berkembang biak. [duniapeternakan.com  dengan banyak perubahan kata dan bahasa]