Cara Ternak Burung cucak Ijo Dengan Mudah  Untuk Pemula

Posted on

Cara Ternak Burung cucak ternak Ijo Dengan Mudah Untuk Pemula

Ternak Cucak Ijo – Selamat pagi sodara-sodara kicau mania, bagaimana kabarmu hari ini?…………………..

Baca Juga : Cara Sukses Budidaya Burung Lovebird

Mudah-mudahan selalu sehat dan terus menunjukkan antusiasme untuk memberikan perawatan terbaik untuk kicauan burung favorit Anda. Tahukah Anda bahwa burung cucak ijo sedang naik daun dan semakin banyak penggemarnya.

Cucak ijo sangat di gemari oleh kicau mania, karna burung cucak ijo sebagai pilihan burung favorit mereka,

Ada juga sebagian besar karna burung  cucak ijo bulunya yang berwarna hijau dan suaranya yang merdu dan termasuk burung bisa berkicau dan di adu, dan cucak ijo juga telah ditambahkan ke daftar burung aduan.

Gambar cucak Ijo

Ternak Cucak Ijo

Faktanya, cucak ijo tidak hanya baik untuk hiasan rumah, melainkan burung ini sangat baik perkembangnya tetapi ada juga peternak cucak ijo yang berpikir cucak ijo adalah prospek yang baik untuk masa depan, sehingga sangat tepat untuk di kembangbiakan atau dibudidayakan.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Kenari

cucak ijo cukup sulit untuk dipelihara dan harganya cukup mahal, tetapi bukan masalah bagi pecinta cucak ijo yang menyukai keunikan cucak ijo, dan tentu saja akan ada lebih banyak pecinta cucak Ijo di pasaran. menjadi sangat menguntungkan jika dibudidayakan dan dijual. .

Bagi Anda yang mencintai pecinta burung Cucak ijo, yang pada dasarnya hobi merawat Cucak ijo, tentu sangat tepat jika hobi ini terus berlanjut dalam bisnis, karena ini tentu saja akan menjadi aset berharga bagi semua teman untuk di jadikan usaha kedepannya.

Tetapi membangun Cucak Ijo secara alami membutuhkan kesabaran ekstra, kesabaran, dan kegigihan dalam merawat Cucak Ijo, dari memberi makan sampai mengatur pernikahan dan sebagainya.

Bagi Anda yang tertarik dengan cucac Ijo, berikut adalah beberapa tips untuk memelihara cucac Ijo:

Tips memilih induk betina Cucak Ijo yang tepat

Pertama kali Anda harus menemukan dan memilih pejantan cucak Ijo yang besar dan berkwalitas baik, karena pejantan cucak Ijo yang besar pasti akan dapat menghasilkan keturunan yang besar. Beberapa tips untuk memilih cucak induk yang berkualitas tinggi dapat ditemukan di bagian berikut:

Indukan Cucak Ijo jantan berumur sekitar 2 tahun sedangkan betina berusia sekitar 1 tahun.

Baca Juga : Cara Ternak Jalak Suren

Syarat utama adalah bahwa cucak Ijo harus sehat dan gagah, jangan pilih cucak Ijo.

Untuk cucak ijo jantan Anda harus memilih gacor yang cermat.

  • Tidak  cacat fisik pada cucak Ijo.
  • Tubuh cucak Ijo harus besar dan seimbang.
  • Pilih jenis cucak Ijo sesuai minat Anda (lihat: Jenis cucak Ijo).

2. Tips mencocokkan Cucak Ijo

Biasanya cukup sulit dalam proses pemasangan ini, terutama bagi teman-teman yang masih pemula, maka tentu saja mereka perlu mengetahui tipsnya. Beberapa tips yang baik untuk proses pencocokan Cucak Ijo dapat ditemukan di bagian berikut:

Masukan cucak Ijo ke dalam kandang yang berbeda untuk masing-masing cucak Ijo jantan dan betina. Lalu letakkan di antara sangkar, jangan campur dulu. Tunggu sampai reaksi kedua cucak Ijo berubah menjadi kehijauwan jawan, jika terlihat cocok, maka Anda dapat mencampurnya

Didalam sangkar.

Untuk mengetahui cocok apakah tidak kita  dapat menandai  dengan cucak jantan Ijo yang terus berkicau. Adapun tandanya, jika tidak cocok, salah satunya kelihatan diam dan tidak ingin menanggapi kicawannya.

3. Tips untuk Kandang Cucak Ijo

Lebih baik menempatkan cucak Ijo di kandang yang cukup lebar sehingga lebih nyaman untuk beradap tasi. Beberapa tips tentang kandang cucak Ijo dapat ditemukan di informasi berikut :

  • Ketinggian kandang harus sekitar 2,5 meter, sedangkan lebarnya sekitar 3 meter.
  • Tambahkan pohon kecil ke kandang untuk membuat kandang lebih teduh.
  • Jenis pohon yang dapat dimasukkan ke dalam kandang meliputi fonograf mangga, sapotilla, belimbing, dan lainnya.
  • Harus ada ruang untuk memberi makan dan minum di kandang.
  • Berikan juga Tangkringan.
  • Jangan lupa kandang untuk berenang juga.
  • Sedangkan untuk sarangnya, Anda bisa memberikan serat yang tepat, serat kelapa, daun kering dan sebagainya.

4. Tips memberi makan setiap hari Untuk Cucak Ijo dengan baik

Makanan adalah kebutuhan dasar paling penting untuk cucak Ijo. Dengan memberikan pakan berkualitas, Cucak Ijo dipastikan akan selalu sehat, bahagia dan bahkan bisa menjadi keju.

Ada berbagai jenis pakan, termasuk burung, serangga, cacing, sayuran, buah-buahan, dll. Yang paling penting adalah bahwa kebutuhan nutrisi cucak Ijo dipenuhi oleh kehadiran makanan yang kaya nutrisi seperti Seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak, kalsium, mineral dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Ternak Red Siskin

Sangat disarankan untuk menambahkan suplemen dan multivitamin terbaik dari bahan-bahan alami. Anda dapat memilih OrBird, yang kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan burung berkicau.

5. Tips perawatan selama musim pengeraman

Selama inkubasi ini, yang terbaik adalah menempatkan cucak Ijo di lingkungan bersyarat, di mana pepatah adalah lingkungan yang tenang dan nyaman, jauh dari gangguan hewan dan mengemudi kendaraan,lalulalang manusia.

Secara umum, proses pengeraman memakan waktu maksimum sekitar 2 minggu, dan dalam kondisi ini, tidak ada makanan EF yang diberikan, yang dapat membuatnya lebih agresif dan mempengaruhi hasilnya.

Dianjurkan untuk memberi Kroto sebagai induk 2 hari setelah menetas telur untuk memberi makan anak-anak cucak ijo tersebut. karna Kroto sangat tinggi protein dan jelas baik untuk anak cucak Ijo.

6. Tips perawatan, Jika indukan sudah waktu untuk memberi makan kepada anak

Ketika usia anak tersebut sudah mencapai sekitar 5 hingga 10 hari, ia dapat diambil oleh pemiliknya atau oleh Anda sendiri atau disapih dan diteruskan.

Ketika usianya mencapai 15 hari dan lebih, ia juga bisa diberi makan dalam bentuk jangkrik, yang tentu saja berfungsi untuk membantu anak-anak cucak ijo tumbuh dengan cepat dan menjadi lebih sehat.

7. Tips managemen untuk indukan Cucak Ijo

Ketika anak-anak cucak ijo berumur 10 hari, semua orang dapat diambil dan cucak Ijo induknya dapat kawin lagi dan bertelur. Dan selama pernikahan, Anda juga harus memberi EF untuk meningkatkan nafsu sehingga pernikahan bisa lebih sukses.

Ini adalah beberapa tips untuk memelihara burung cucak Ijo yang dapat kita bagikan dengan sobat , cucak Ijo sebagai ladang yang menguntungkan. Semoga dengan tips di atas, Anda bisa lebih berpengetahuan dan bersemangat untu ternak cucak Ijo.