Cara Ternak Yellow Side Conure Dengan Mudah

Posted on

Cara ternak yellow side conure

sun conure – Tidak hanya bagi pecinta hewan maupun burung hias saja, pasti kan anda pun juga tidak asing mendengar jenis hewan yang satu ini. hal ini dikarenakan jenis hewan ini sudah sangat sering menjadi topik pembicaraan di masyarakat.

Yakni burung sun conure, ini adalah salah satu jenis burung hias yang saat ini sangat lah populer dan banyak digemari orang.

seperti gambar di bawah ini

sun conure

Secara ilmiah burung conure ini memiliki nama latin yaitu Aratinga solstitialis yang termasuk burung yang bertubuh kecil.

Burung ini juga burung yang berasal dari Amerika Tengah serta Selatan, namun seiring berjalannya waktu burung ini pun sudah menyebar ke berbagai Negara dan termasuk Indonesia.

Dan adapun ciri dari burung sun yang sudah menjadi daya tariknya tersendiri yakni warna bulu dan bentuk paruhnya. Warna kuning yang berkilau pada bulu serta bentuk paruh yang agak sedikit bengkok dan membuat burung sunconure semakin terlihat indah.

Selain itu pula burung ini pun juga mampu menirukan berbagai variasi suara dari burung lainnya yang berbeda.

Di alam sendiri burung conure akan hidup berkelompok serta satu kelompoknya dapat mencapai sekitar 20 ekor. burung ini pun juga memiliki sifat yang sangat jinak serta mudah untuk dipelihara.

Dengan begini maka banyak sekali orang yang ingin membudidayakan burung ini tidak hanya sebagai hewan peliharaan saja tetapi pun juga sebagai ladang bisnis. Bagi anda yang ingin membudidayakan sun conure, berikut adalah cara budidaya sun conure dengan praktis.

A. Lokasi Budidaya Sun Conure

Bagi anda yang ingin membudidayakan sun anda harus lah memperhatikan peletakan maupun lokasi tempat yang ingin anda gunakan.

Dalam pemilihan lokasi, anda pun juga tidak bisa sembarangan mengingat burung sun conure ialah salah satu jenis burung hias serta burung kicau.

Untuk itu adapun terdapat hal- hal yang harus anda perhatikan dengan baik yakni :

  • Perhatikan lahan di rumah anda serta untuk lokasinya usahakan tidak terlalu dekat dengan dapur dan juga ruang makan.
  • Akan lebih baik lagi jika anda sudah memiliki sebuah pekarangan di belakang rumah yang cukup luas, lokasi ini sangat lah cocok serta baik untuk digunakan nantinya.
  • Perhatikan juga penyinaran terhadap lokasi itu, usahakan penyinarannya tidak terlalu penuh. Anda dapat memilih tempat dimana ada sedikit naungan dari pohon maupun lainnya.
  • Dan pastikan juga suhu di sekitar lokasi tersebut tidak lah lebih dari 270c, ini sangat penting dikarenakan burung sun conure akan nyaman untuk tinggal pada suhu itu.

B.Media Budidaya Sun Conure

Langkah yang berikutnya dalam cara budidaya burung sun conure yakni menyediakan media budidaya. Dalam membudidayakan hewan jenis burung ini sangat lah berbeda dengan membudidayakan hewan jenis lainnya.

Untuk itu anda pun harus lah mengetahui karakteristik dari burung sun conure terlebih dahulu, karna ini sangatlah penting supaya anda bisa membuat media budidaya menjadi tempat tinggal yang nyaman terhadap burng sun conure anda.

seperti gambar berikut

sun conure
Dan berikut adalah hal yang harus anda perhatikan :

  • Pertama anda harus tahu kebiasan apa saja serta bagaimana sifat dari burung sun conure tersebut. Burung jenis ini juga memiliki sifat yang sangat jinak serta sangat lincah.
  • Untuk itu anda pun perlu membuat media yang berupa sangkar yang besar serta luas tergantung dari jumlah sun conure yang ingin anda budidayakan.
  • Untuk sangkarnya sendiri anda juga harus lah memberinya atap yang berupa genting ataupun seng, dalam bahan dasarnya terdapat dua jenis bahan yakni menggunakan bambo dan juga besi. Namun akan lebih baik jika sarang tersebut anda buat berbahan dasar besi supaya lebih kuat dan kokoh.
  • Berilah tangkringan di setiap sudut sangkar tersebut, ini sangatlah penting dikarenakan burung sun conure sangat lah lincah. Ia suka bergerak serta hinggak berpindah- pindah.
  • Tak hanya tangkringan saja, anda pun juga harus lah menyediakan beberapa jumlah mainan yang berupa ayunan maupun barang yang bisa digigiti burung sun conure. Ini sangat lah penting dikarenakan burung yang satu ini bisa merasakan setres yang berlebih, untuk menghilangkan setres tersebut mereka biasanya akan bermain yaitu dengan mainan yang anda sediakan tersebut.
  • Sediakan juga beberapa tempat minum dan makan burung sun conure supaya anda lebih mudah untuk merawat dan juga menjaga kebersihan kandang sun conure tersebut.

C. Bibit Sun Conure

Terdapat dua cara dalam mendapatkan bibit conure tersebut, yang pertama yakni dengan mengkawinkan burung sun conure yang betina serta jantan dalam sebuah kandang dan juga memeliharanya sampai telur mereka menetas.

Ada pun cara yang ke dua yang lebih sederhana serta efektif yakni dengan membelinya di toko hewan.

seperti gambar di bawah ini


Berikut adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan bibit :

  • Pertama perhatikan lah bibit conure yang ingin anda pilih. Anda harus lah mendapatkan bibit yang sangat berkualitas serta layak budidaya yakni dengan ciri dari ujung kepala sampai kaki tidak terdapat cacat atupun sakit sedikit pun.
  • Perhatikan juga kelincahan burung, bibit yang baik yakni bibit yang memiliki kelincahan yang sangat baik. Ini akan ditandai dengan seringnya dia bergerak serta berpindah- pindah tempat.
  • Pilih lah juga bibit yang sering berkicau, bibit ini tentunya akan memiliki kualitas yang cukup baik pula.
  • Untuk pertama, anda dapat mengisi sangkar yakni dengan 6 sampai 8 bibit burung sun conure yakni dengan jumlah antara jantan serta betina yang sama.

D.Pemeliharaan Sun Conure

Adapun tata cara yang tepat yakni untuk mengenai apa saja bahan pakan burung yang harus anda berikan.

Untuk lebih jelasnya berikut rinciannya :

  • Untuk pakan yang baik yakni bahan yang mengandung protein, lemak, vitamin, karbohidrat serta mineral.
  • Anda juga bisa memberikan makanan tambahan yakni berupa sayuran ataupun buah yang sudah anda cincang terlebih dahulu serta bibji- bijian seperti biji kenari.
  • Adapun pantangan dalam memberi pakan yakni hindari pemberian minum yakni berupa air gula ataupun susu, karna ini sangat berbahaya bagi sistem pencernaan terhadap burung sun conire.
  • Anda dapta memberikan makan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.
  • selain makanan, anda pun juga harus lah rajin membersihkan kandang dari kotoran disetiap maksimal 5 hari dalam sekali supaya burung anda terhindar dari penyakit.
  • Saat musim kawin tiba, burung sun conire ini akan memilih pasangannya sendiri- sendiri. Anda dapat memisahkan disetiap pasangan burung yang dengan memberikan sekat- sekat terhadap sangkar burung anda.
  • Dan setelah musim kawin sudah selesai, maka anda pun juga akan mendapatkan anakan burung sun conire serta merawatnya sampai menjadi bibit sunconire. Anda juga dapat menjualnya di toko maupun pasar hewan.

Demikianlah artikel dari duniapeternakan.com  semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya. Terimakasih