Wisata Pulau Komodo & Labuan Bajo

Posted on

Wisata Pulau Komodo & Labuan Bajo

Pulau Komodo

Bagi saya, semuanya masih asli di Labuan Bajo, pulau utama dalam rantai Sunda Kecil. Dari puncak bukit berangin, pulau-pulau itu tampak seperti kerang hijau yang terus-menerus mencapai cakrawala. Mereka dipegang oleh ombak kecil yang mengelilingi pantai pasir putih yang utuh.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora

Butuh waktu 90 menit dengan pesawat dari Bali – pulau wisata paling terkenal di Indonesia untuk mencapai tempat utama ini. Kami kemudian berangkat untuk pesiar 3 hari di Labuan Bajo. Mari temukan legenda pulau melalui blog perjalanan pulau Komodo ini.

Malam harinya, kami naik kapal dari Labuan Bajo. Darat dan lautan tampak menyatu menjadi biru tak terbatas. Turis sering menyebut Lesser Sunda sebagai “Ha Long Indonesia” melihat pulau-pulau hijau menyebar di lautan luas.

Satu-satunya perbedaan antara Halong dan Sunda Kecil adalah tanah mereka. Sementara Ha Long, Vietnam terbuat dari ortolimestone, Lesser Sunda terbuat dari berbagai macam tanah.

Tidak seperti pulau-pulau Indonesia lainnya, Labuan Bajo dan Komodo belum dikomersialkan. Berjalan-jalan di perbukitan hijau Labuan Bajo, dari mana orang dapat melihat pantai-pantai memeluk pulau itu, saya perhatikan bahwa alam di sini masih utuh.

Baca Juga : 8 Cara Ternak Domba

Hanya mendengarkan ombak dan menghirup udara segar dari puncak bukit membuat pengalaman ini berharga.

Pada sore hari, kami pergi menyelam di daerah biru di dekat Komodo di mana terumbu karang berkilau dan parasit bergerak dengan anggun. Mudah untuk percaya bahwa kami berada dalam sebuah adegan dari film “The Mermaid”, di mana ikan berwarna-warni berenang dan bersembunyi di balik hijau lumut atau di celah terumbu karang.

Tidak ada yang lebih menarik daripada tersesat di pulau yang terisolasi dan perawan dan menemukan hutan belantara. Apakah menyelam, berjemur atau membaca buku saat cahaya memudar di cakrawala, itu adalah momen yang tak terlupakan.

Fakta dan sejarah pulau Komodo: Bagian dari taman nasional paling terkenal di Indonesia, Pulau Komodo terdiri dari pulau-pulau kecil dan sistem maritim yang beragam di area seluas 1817km2. Sebagian besar pulau adalah gurun dengan jalur yang diinjak.

Tempat ini juga terkenal dengan Komodo Naga – kadal terbesar yang hidup di lingkungan alami. Di laut sekitarnya, ada banyak ikan besar, terutama hiu dan ikan pari.

Pulau Komodo Indonesia

Pulau Komodo ditemukan oleh penguasa Bugis lokal pada awal abad ke-19. Ini adalah pulau paling eksotis di Lesser Sunda, dinamai untuk makhluk .gi yang ditemukan orang Bugis di sana.

Toko orang Bugis di Pulau Komodo

Para tahanan menceritakan kisah-kisah fantastis tentang makhluk raksasa yang menyemburkan api yang membunuh manusia dan hewan sebesar kerbau dan babi hutan.

Legenda-legenda ini menyebar dan mencapai pelaut-pelaut Belanda, yang membuat Tuan Hensbroek, seorang pejabat Administrasi Kolonial Belanda, melakukan perjalanan ke pulau aneh ini dan mencari tahu tentang makhluk legendaris itu.

Baca Juga : Cara Ternak Rat (Tikus Putih)

Dia menembak satu dan membawanya ke kantor di Flores, Lesser Sunda di mana dia dan ahli biologi Ouwens memeriksanya.

Studi yang diterbitkan pada tahun 1912, berdasarkan cerita yang dibuat oleh pelaut Belanda mengungkapkan nama makhluk, yaitu. Varanus komodoensis, artinya komodo. Berlawanan dengan mitos, komodo adalah sejenis iguana, dari spesies kadal.

Ini pertama kali terlihat di Australia 4000 tahun yang lalu. Seekor komodo dewasa dapat menimbang sebanyak 100 kilo dan berukuran hingga 3 meter. Habitat mereka memiliki beragam fauna dan sistem bunga yang meliputi tanaman, burung, dan mamalia lainnya.

Sejak 1915, naga langka ini dilindungi secara hukum di bawah otoritas Belanda ..

Varanus komodoensis

Di Taman Nasional Komodo, kami dengan hati-hati mengikuti instruksi pemandu wisata karena Komodo diketahui menyerang wisatawan dari jarak dekat. Selama 30 menit berjalan kaki, kami belajar tentang rutinitas Komodo serta menemukan keanekaragaman di pulau itu.

Panduan menunjukkan kepada kita lubang besar yang telah digali naga di pasir pada musim kawin mereka, yang terjadi setahun sekali, antara Mei dan Juni. Penetasan berlangsung sekitar 3 bulan, dan telur mereka memiliki berat beberapa kilogram.

Seekor bayi naga memiliki berat 15-20 kilogram. Karena banyak faktor lingkungan, rasio keberhasilan penetasan tidak tinggi.

Ini menunjukkan telur Komodo di sarangnya di Indonesia. Gambar blog perjalanan Labuan Bajo. Taman Laut Nasional Komodo. Gambar blog perjalanan Pulau Komodo.

Hanya di Labuan Bajo

Komodo bukan satu-satunya kekhasan di Labuan Bajo. Pulau ini juga memiliki pantai merah muda, yang merupakan kombinasi dari lumpur, garam laut, dan pasir putih.

Selama 2 hari yang tersisa, kami bergabung dalam kegiatan luar ruangan lainnya di pantai merah muda seperti snorkeling dan trekking. Pantai merah muda yang indah. Gambar blog perjalanan pulau Komodo. Pulau merah muda pulau Komodo

Pada akhir hari, langit dicat merah sebelum matahari tenggelam di cakrawala dan memberi jalan pada malam hari. Satu demi satu, lampu-lampu dari kapal penangkap ikan dan kapal-kapal turis menyala, membuat tali yang berkelap-kelip di lanskap gelap.

Malam ini saya tidur di kapal dan mendengarkan ombak. Gerakannya yang lembut setelah hari yang menyenangkan membuat simfoni yang sempurna dalam ekspedisi yang tak terlupakan ini ke pulau Komodo yang eksotis.

Bagaimana menuju ke Labuan Bajo?

Pulau Komodo dari Bali: Bali adalah pulau utama dan satu-satunya terminal ke Labuan Bajo. Ada dua maskapai dengan penerbangan langsung ke Labuan Bajo, Garuda Airlines dan Lion Air. Wisatawan dapat naik kapal laut dari Labuan Bajo ke Pulau Flores.

Dari Vietnam, tidak ada penerbangan langsung ke Bali, turis harus transfer di Kuala Lumpur atau Singapura.

Warisan: Pulau Komodo terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru pada tahun 2011.

Visa: Indonesia membebaskan visa bagi turis Vietnam ke negara itu dengan masa inap 30 hari per entri. Mata uang Indonesia adalah Rupiah (1USD = 13300 Rupiah)

Pemberitahuan: Saat pergi ke pulau, wisatawan harus membawa tabir surya, baju renang, handuk, dan peralatan menyelam lainnya (ini juga bisa disewa dari toko). Wisatawan juga harus membawa makanan ringan karena sulit ditemukan di pulau.

Kesehatan: Tur Komodo memiliki banyak kegiatan populer seperti trekking, hiking atau menyelam dan melihat terumbu karang. Sangat penting bahwa wisatawan yang mengunjungi Pulau Komodo dalam kesehatan fisik yang baik untuk menikmati semua kegiatan yang ditawarkan pulau ini.

Baca Juga : 9 Fakta Harimau Putih : Salah Satu Kucing Besar

Tur referensi: Sebagai tujuan baru di Indonesia, tempat ini masih asli dan belum komersial. Ketika Anda datang ke Indonesia, Anda dapat merujuk ke tur dari agen pariwisata lokal

Demikian artikel dari duniapeternakan.com semoga bermanfaat..Amin…