Morfologi Ikan Bandeng

Posted on

Morfologi ikan bandeng

Morfologi Ikan Bandeng – Bandeng merupakan ikan yang hidup di air payau, air laut dan bisa juga pada air tawar. Ikan bernama ilmiah Chanos-chanos ini awal mulanya ditemukan di Laut Merah oleh Dane Forsskal tahun 1925.

Deskripsi Morfologi Ikan Bandeng menjadi informasi pendukung dalam melakukan identifikasi. Selain itu, bagi Anda yang ingin membudidayakannya maka mengetahui morfologi ikan betina maupun jantan sangat penting.

Ikan bandeng bernilai ekonomis tinggi karena memiliki kandungan gizi yang bervariasi, mencukupi kebutuhan protein di dalam tubuh dan lain sebagainya. Berikut, pengelasan selengkapnya mengenai Morfologi dan Ciri-Ciri ikan Bandeng secara detail.

Bentuk Morfologi Ikan Bandeng

Kepala

Kepala memiliki ukuran yang seimbang  dengan tubuh, tidak memiliki sisik dan bentuknya pipih memanjang. Semakin mendekati mulut maka bentuknya akan meruncing.

Tubuh

Morfologi Ikan Bendeng selanjutnya ialah bagian tubuh Tubuh bandeng, yang sangat unik karena mirip torpedo, ramping, memanjang, oval, sedikit pipih dan dipenuhi oleh sisik.

Panjang tubuhnya antara 5 hingga 10 cm atau lebih untuk bandeng yang dibudidaya. Sedangkan, di alam bisa mencapai 1 meter. Tinggi badannya 2 sampai 4 cm. Tubuh bagian tengah terdapat garis sepanjang penutup insang sampai ekor.

Warnanya dominan perak, abu-abu atau keputihan dan mengkilap. Bagian punggungnya kehitam-hitaman atau hijau kuning dan ada juga yang albino. Tulang belakang memiliki ruas 44 buah.

Mata

Mata tertutup oleh suatu lapisan bernama adipose eyelid atau selaput lendir yang transparan. Bentuknya bulat dan di tengahnya ada titik hitam.

Mulut

Morfologi Ikan Bandeng berikutnya ada pada Mulutnya yang kecil, lonjong, tidak bergerigi. Hal ini berkaitan dengan jenis makanannya, yaitu ganggang biru. Letaknya di kepala depan dan bentuknya simetris. Pada mulut tidak terdapat sungut.

Ukuran mulut sedang dan bersifat non protractile, artinya adalah posisi mulut berada satu garis dengan bagian bawah dari bola mata.

Sirip

Jumlah sirip bandeng ada 6 yang letaknya berbeda-beda. Salah satu terdapat di bagian atas, 3 buah sirip ada di bawah badan yang menyebar di belakang, tengah dan depan.

Morfologi Ikan Bandeng selanjutnya yakni warnanya lebih terang daripada tubuhnya. Semua jari-jari siripnya bersifat lunak. Berikut adalah detail dari setiap sirip pada bandeng :

  • Sirip Punggung : Sirip tersusun atas kulit licin berlapis, berbentuk segiempat. Letaknya di belakang dari tutup insang, persis di puncak punggung. Tulang penyusun sirip tersebut berjumlah 14 batang.  Fungsinya berkaitan dengan pengendalian diri saat berenang.
  • Sirip Dada : Bahan penyusun sirip dada adalah lapisan seperti lilin dengan bentuk segitiga dan terletak di belakang insang, tepatnya di samping perut. Biasanya pada sirip perut dan sirip dada ditemukan sisik tambahan berukuran besar.
  • Sirip Perut : Sirip perut berada di bawah tubuh yang berperan menjaga keseimbangan saat berenang. Jumlah jari-jari lunak 11 hingga 12 buah. Sedangkan, sirip anus letaknya di depan anus dengan jari-jari lunak sekitar 10 sampai 11.
  • Sirip Ekor : Pada tubuh bagian belakang dijumpai sirip ekor yang paling besar ukurannya. Bentuknya tegak, panjang dan bagian tengah terbelah menyerupai gunting. Bagian ujung meruncing dan semakin menuju ke pangkal ekor melebar.

Baca Juga :

Sisik

Sisik lateralnya berada di sepanjang sisik depan sampai sisik belakang. Ukuran sisik-sisiknya kecil. Tipe sisiknya cycloid, yaitu berbentuk bulat dan tipis transparan.

Sisik tipe ini terdiri atas lapisan serat yang mengandung kolagen dan bagian lainnya adalah tulang. Sisik pada gurat sisi sebanyak 75 hingga 80 keping.

Perbedaan Ikan Bandeng Jantan dan Betina

Perbedaan kedua ikan ini salah Morfologi Ikan Bandeng jantan dan betina, hanya sedikit dan sederhana. Bahkan kamu bisa membedakannya dengan cepat tanpa perlu berpikir panjang. Perbedaan kedua kelamin ikan ini bisa dilihat dari :

Jumlah Anus

Bandeng jantan hanya mempunyai 2 lubang anus, sedangkan untuk jenis kelamin betina ada 3 lubang.

Postur Tubuh

Ciri fisik ikan bandeng betina tubuhnya jauh lebih besar dibandingkan bandeng berjenis kelamin jantan.

Penutup

Demikian, ulasan singkat kali ini mengenai Morfologi Ikan Bandeng beserta Ciri-Ciri ikan bandeng dan perbedaan jantan dan betina. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama buat teman-teman semua. Terima kasih.