Umpan Ikan Seluang

Posted on

Umpan Ikan Seluang

Umpan Ikan Seluang – Pada artikel ini, saya akan menjelaskan secara ringkas mengenai Ikan Seluang, mulai dari daerah asal, penyebaran, habitat, hingga Umpan.

Singkatnya, Ikan Saluang adalah jenis ikan air tawar yang berasal dan tersebar luas di sungai-sungai yang ada di asia tenggara, seperti Malaysia, Brunei dan Indonesia tentunya.

Ukuran Ikan Seluang tergolong kecil dibanding ikan di perairan tawar lainnya, hanya berkisar antara 2-4 inci saja. Tapi jangan salah, ikan ini rasanya sangat lezat.

Sebelum menjelaskan apa saja Umpan Ikan Saluang yang jitu, perlu kamu ketahui bahwa Ikan ini terkenal sebagai olahan kuliner khas Melayu, misalnya Palembang, Pekanbaru hingga Banjarmasin.

Terkhusus di Pulau Sumatera, ikan ini sangat laris dan diburu setiap harinya. Habitat Ikan Seluang diantaranya parit, sungai, waduk hingga rawa-rawa.

Nah, bagi kamu yang juga berniat untuk ikutan berburu, kamu bisa memancingnya menggunakan beberapa Makanan Mancing Ikan Seluang di bawah ini.

Umpan Ikan Seluang Air Deras

Sebenarnya, ikan seluang ini bisa kamu temukan di berbagai spot pada perairan, baik air jernih dan tenang hingga air keruh dan deras.

Namun tentunya, ketika air sungai sedang naik disebabkan curah hujan yang tinggi, maka ia akan keruh. Ketika keruh, ikan tidak kelihatan, maka pakailah beberapa Umpan Ikan Seluang Air Keruh di bawah ini :

Cacing

Yang pertama pastilah cacing, karena memang cacing menjadi umpan yang hampir disukai oleh semua ikan air tawar, karena bau amisnya yang menggoda.

Dikarenakan ikan ini berukuran kecil, kamu tidak perlu memakai umpan yang besar, cacing tersebut bisa dipotong kecil, tentunya dengan menggunakan ukuran mata kail yang kecil juga.

Lumut

Selain ikan Nila, Seluang juga menyukai lumut. Direkomendasikan lumut yang masih basah, bisa ditemukan di selokan, parit dan tepian air di lokasi pemancingan.

Selain itu, untuk menambah variasi aroma dari lumut tersebut, kamu bisa mengkombinasikan dengan sedikit campuran vanili atau garam.

Pelet

Umpan Ikan Seluang paling jitu selanjutnya adalah pelet, kamu bisa membelinya di toko perlengkapan memancing ataupun secara online, di marketplace kesayangan kamu.

Pelet yang sudah disediakan tersebut, ditumbuk dan dihaluskan terlebih dahulu, lalu campurkan sedikit air biar lengket. Diamkan sejenak, lalu bentuk adonan sesuai keinginan kamu.

Kroto

Berikutnya adalah anakan semut atau kroto. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya atau mencarinya secara langsung. Kroto memiliki bau amis yang pekat sehingga disukai ikan Seluang.

Umpan Ikan Seluang Paling Jitu

Umpan mancing ikan Seluang

Bagi saya, ikan Seluang menjadi salah satu ikan yang sangat enak jika digoreng, karena ukurannya yang kecil jadinya keriuknya sangat terasa. Berikut, beberapa Umpan Ikan Seluang Paling Ampuh dan Jitu :

Laron

Yang pertama adalah Laron, hewan serangga bersayap dan bergerombol ini mudah didapat ketika musim hujan. Kamu bisa mengumpulkan dalam jumlah banyak.

Pertama, kaitkan cukup satu ekor laron, atau bisa juga lebih. Pakailah mata pancing yang kecil, akan seekor laron bisa muat pas pada mata pancing, lalu mulailah beraksi.

Kelapa Sawit

Umpan Ikan Seluang Jitu berikutnya adalah kelapa sawit. Waktu kecil dulu, saya paling suka menggunakan umpan ini, karena mudah didapat di daerah saya.

Caranya, ambillah berondolan Kelapa Sawit yang masak, lalu potong dagingnya kecil-kecil, kemudian langsung kaitkan ke mata pancing.

Jangkrik

Berikutnya adalah jangkrik, hewan berisik ini mudah didapat di sekitar rumah, kebun, tanah kering hingga di sekitaran spot lokasi kamu memancing.

Untuk menggunakan umpan ini, usahakan dalam keadaan hidup, lalu kaitkan di bagian punggung jangkrik dan biarkan ia berenang-renang di air untuk menarik perhatian ikan Seluang.

Ulat Belimbing

Umpan Mancing Ikan Seluang selanjutnya ialah ulat Belimbing, ulat ini biasa ditemukan di belimbing yang membusuk. Daripada menjadi hama, lebih baik jadikan umpan saja.

Baca juga :

Racikan Umpan Mancing Ikan Seluang

Nah, selain menggunakan beberapa umpan alami di atas, kamu juga bisa memakai umpan hasil racikan yang dibuat sendiri, berbahan utama mie instan, roti, dan tempe.

Mie Instan

Bahan :

  • Mie instan
  • Tempe busuk
  • Bawang putih

Cara meracik :

Pertama, masak mie instan tadi, tapi jangan terlalu matang. Setelah itu, campurkan dengan tempe busuk serta bawang putih, aduk hingga rata, diamkan sejenak dan umpan siap dipakai.

Roti

Umpan Ikan Seluang berikutnya dari bahan roti, berikut tutorial pembuatannya.

Bahan :

  • Roti Klik Crackers
  • Telur ayam
  • Bawang putih
  • Daun ketela
  • Garam
  • Masako
  • Terasi udang
  • Essen
  • Air secukupnya

Cara meracik :

Pertama, campurkan seluruh bahan di atas, tambahkan air sedikit, lalu aduk hingga rata dan membentuk sebuah adonan. Setelah itu, diamkan selama 3 harian, buat motif sesuai selera dan pakai.

Tempe

Bahan :

  • Tempe
  • Bawang putih
  • Terasi udang

Cara meracik :

Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan di atas, aduk hingga rata kemudian cetak dengan bentuk sesuai selera, terakhir langsung dipakai.

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Umpan Ikan Saluang Air Keruh, deras, paling jitu dan ampuh. Semoga Bermanfaat dan selamat memancing.