Cara Merawat Marmut dengan Baik dan Benar, Agar Sehat,Sukses

Posted on

Pengertian

marmut merah jambu – Marmut merupakan salah satu jenis hewan yang hidup di pergunungan seperti di daerah Alpen, atau Pirenia di Eropa, Pegunungan Rocky atau Sierra Nevada di Amerika Serikat, dan Kanada bagian Utara.

marmut merah jambu

Pada saat musin dingin maka marmut akan membuat sarang di dalam tanah dan melakukan hibernasi selama musin dinging. Marmut ini merupakan hewan sosial.

Baca Juga : 8 Cara Ternak Domba

Namun hewan marmut ini biasanya di jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah bahkan ada juga yang ternak hewan marmud ini.

Biasanya marmut di ternak setelah itu di jual kepada retoran yang menyediakan sate marmut, sehingga jika beternak marmut ini memiliki fungsi dan keuntungannya juga. Jadi bagi kalian ingin mencoba beternak hewan marmut ini juga sangat menguntungkan.

Hewan ini sama seperti kelinci, di mana dagingnya bisa di kosumsi oleh manusia, namun marmut ini lebih kecil dari pada kelinci.

Dan marmut ini juga di jadikan sebagai hewan hias namun sesuai dengan jenis marmut, jika marmut potong maka akan di jadikan sebagai makanan yang di konsumsi, jika marmut hias di jadikan sebagai hewan hias di rumah.

Nah jika kalian tidak memiliki lahan untuk beternak marmut ini, berikut ini kami akan memberikan cara ternak marmutnya di rumah kepada kalian. Tanpa menunggu terlalu lama lagi langsung saja yuk kita bahas

Caranya di bawah ini :

Lokasi Kandang Marmut

Seperti judul kita bahas ternak di rumah, bearti kalian harus mencari lokasi berdekatan dengan rumah. Seperti di belakang, di samping, atau di depan. Kami sarankan agar kalian tidak memilih lokasi yang memiliki hewan predatornya, karena itu sangat membahayakan kondisi marmut.

Baca Juga : Cara Ternak Rat (Tikus Putih)

Marmut akan ketakutan jika memiliki hewan predator dan akan membuat marmut stres dan akan memunculkan kematian pada marmut kalian. Jadi pilihlah lokasi yang sangat nyaman bagi marmut kalian, agar bisa lebih aman dan ternak kalian cepat berkembang.

Kandang Marmut dan Peralatan

Jika sudah mendapatkan lokasi yang tempat, maka selanjutnya adalah pembuatan kandang marmut. Dalam pembuatan kandang kalian harus membuat luas, karena di mana di dalamnya nanti akan di isi dengan tempat makan dan tempat minum.

Marmut ini juda seperti hamster di mana hewan ini juga suka bermain, jadi kalian harus menaruk beberapa mainan di dalam kandang, yang nanti di jadikan permainan oleh marmut. Untuk tipe kandang, semua kembali lagi kepada kalian yang ingin ternak.

Kalian jangan pernah membuat kandang yang lantainya tanah, karena marmut ini merupakan hewan yang sama seperti kelinci yang suka menggali tanah.

Jadi jika kalian membuat alasanya tanah, maka marmut akan dengan mudah untuk melarikan diri dengan cara mengorek lubang.

Penyediaan Bibit Marmut

Jika sudah mendapatkan kandang, maka selanjutnya adalah pembelian bibit marmut. Untuk bibit kalian bisa membelinya di toko hewan atau di peternak marmut lainnya. Di situs kalian bisa langsung memiliki bibit yang sehat, tidak cacat fisik dan tidak sakit.

Untuk pembelian kalian bisa membeli betina 4 ekor dan jantannya satu saja, agar jantan tidak berebutan pasangan ketika di dalam kandang.

Terus bagaimana cara membedakan marmut jantan dengan betina? Cara membedakan kelinci betina dengan jantan sangatlah mudah. Jika kalian ingin tahu bagaimana cara memilihnya langsung saja sebagai berikut :

  1. Kalian bisa memencet lubang yang anus, jika mengeluarkan penis maka mrmut tersebut merupakan Jantan.
  2. Sedangkan marmut betina tidak akan mengeluarkan apapun jika anus dekat lobang di pencet.

Pemberian Pakan Dan Jenis Pakan Marmut

Selanjutnya adalah pemberian pakan kepada marmut, kalian harus ingat marmut adalah hewan yang memiliki nafsu makan yang tinggi. Ia akan makan setiap saat dan kapan saja, jadi kalian harus selalu perhatikan setok pakan marmut, agar tidak kehabisan makanan.

Biasanya marmut akan memakan makanan dedaunan, rumput, buah-buahan, biji-bijan dan umbi-umbian.

Tapi kalian bisa memberikan marmut makan rumput saja, karena rumput sangatlah mudah untuk di dapatkan. Kalian harus memberikan rumput agar banyak, karena marmut ini merupakan hewan yang kecil namun akan banyak makan.

Jadi kalian tidak perlu heran jika marmut makannya banyak, atau jika kalian penasaran kalian bisa melihat marmut sedang makan. Merka akan makan dengan pelan namun pasti.

Untuk pemberian pakan kalian bisa memberikan 2-3 kali. Kalian juga harus memberikan pakan lebih banyak di sore hari. Jika kalian mendengar suara cuitan dari mamut, bearti marmut tersebut lapar dan kalian harus segeara memberikan makan kepada marmut tersebut.

Pemijahan Marmut

Selajutnya agar marmut kalian berkembang, maka akan ada proses pemijahan marmut. Kalian harus ingat, bahwa marmut tidak perlu di jodohkan, karena di mana marmut nanti akan kawin dengan sendirinya.

Kehamilan marmut sangatlah singkat, marmut hanya memiliki waktu hamil selama 2 bulan saja. Jadi jika marmut betiana kalian ada 4 maka dalam satu tahun kalian mendapakan banyak anak marmut.

Biasanya marmut akan lahir anak 2-3 anak sekaligus. Nah sementara kandang untuk marmut melahirkan kalian harus bisa membuat seperti rumah kecil agar anak marmut tidak kemana-mana.

Karena anak marmut yang baru lahir, dia akan langsung bisa berjalan hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Perawatan Harian Marmut

Dalam ternak marmut, kalian juga harus selalu perhatikan kebersihan marmut, jika kandnag sudah kelihatan kotor, maka kalian harus membersihkan kanang tersebut.

Untuk sisa makanan yang sudah tidak di makanan oleh marmut maka kalian bisa buang agar kandang tidak kelihatan kotor. Untuk membersihkan kandang, kalian bisa lakukan apabila kotoran sudah menumpuk maka kalian harus bersihkan kotoran tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora

Sementara jika marmut sudah kelihatan kotor, maka kalian bisa memandikan marmut. Jangan sampai marmut kotor, karena akan meimbulkan penyakit kepada marmut dan akan menyebabkan kematian.

Untuk pemandian marmut kalian bisa lakukan apabila marmut kelihatan kotor, dan setelah di mandikan marmut bisa di jemur agar tubuhnya kering.

Penjualan Marmut

Selanjutnya adalah pemasaran, dalam pemasaran kalian bisa menjual marmut kepada para pecinta marmut yang ingin pelihara marmut di rumah.

Sebenarnya jika untuk di jual dengan tujuan pelihara di rumah sebelum mamut besar kalian sudah bisa menjualnya, agar marmut lebih mudah beradaptasi dengan lengkungannya.

Sedangkan jika kalian ingin menjual untuk potong dan untuk di ambil dagingnya maka kalian bisa menjual ketika sudah cukup umur. Atau sesuai dengan permintaan konsumen atau retoran yang memesan marmut kepada kalian untuk di jadikan daging sate marmut.

demikian Artikel dari duniapeternakan.com mudah-mudahan selalu bermanfaat. Amin