25+ Manfaat Petai Cina Bagi Tubuh

Posted on

Manfaat Petai Cina Bagi Tubuh

manfaat petai cina

Manfaat Petai cina – mungkin sudah sangat tidak asing lagi ditelinga kita, petai cina sendiri biasa disebut dengan lamtoro jika di kawasan Jawa. Tanaman ini mempunyai nama latin Leucaena Leucocephala L, petai ini juga sering dijadikan kudapan yang biasa dikenal dengan nama trancam. Tanaman ini adalah jenis tanaman perdu yang bisa tumbuh baik di kawasan tropis.

Petai mempunyai banyak sekali kandungan vitamin seperti  Vitamin A, C, B1. Bukan itu saja petai cina juga mengandung lemak, kabohidrat, fospor, zat besi, protein dan kalsium. Petai c juga mempunyai kandungan senyawa seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Karena banyak sekali kandungan nutrisi membuat petai satu ini banyak sekali di manfaatkan di bidang kesehatan. Dibawah ini sudah admin siapkan manfaat petai cina di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 18 Manfaat Daun Dandang Gendis Untuk Kesehatan

Manfaat Petai Cina

Pakan Ternak

– Tanaman petai cina biasanya sangat sering juga digunakan unuk pakan ternak terutama kambing.

Sayuran

– petai c biasa dijadikan sayuran, yang dikonsumsi adalah bagian daun atau bijinya juga bisa.

Pengganti Kopi

– biji petai c  bisa dikeringkan kemudian digilang dan disaring, bubuk ini bisa dijadikan pengganti bubuk kopi.

Furniture

– batang pohon petai c  bisa digunakan sebagai kayu bakar bahkan bisa juga dijadikan sebagai bahan untuk membuat furniture rumah yang sangat cantik.

Baca Juga : 16 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Yang Harus Mama Ketahui

Menguatkan Gigi

– selain untuk menguatkan tulang, kandungan kalsium dan fosfor ang ada di dalam petain c  juga bisa menjaga bahkan bisa menguatkan kepadatan gigi.

Mencegah Osteoporosis

– Penyakit seperti ini biasanya merupakan penyakit yang disebabkan hilangnya kepadatan tulang. Petai cina mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang.

Meningkatkan Mood

– ika tubuh seseorang kekurangan vitamin C dapat menyebabkan moodnya tidak stabil. Untuk meningkatkannya maka diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti petai cina.

Mengurangi Insomnia

– Di era modern seperti sekarang ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok bagi seseorang. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meringankan insomnia adalah mengkonsumsi petai cina.

Mencegah Stroke

– Sebuah penelitian yang telah mengungkapkan bahwa di dalam tubuh seseorang memiliki kandungan vitamin C yang cukup maka akan menekan resiko stroke pada orang tersebut. Dengan demikian petai cina dapat mencegah stroke karena terdapat vitamin C di dalamnya.

Mencegah Hipertensi

– Vitamin C yang ada di dalam petai cina bisa membantu mengkontrol tekanan darah manusia sehingga dapat digunakan untuk mencegah hipertensi.

Baca Juga : 16 Manfaat Dari Buah Duku Bagi Kesehatan Anda

Menghindari Trombus

– Petai c mengandung flavonoid dimana zat ini membantu sel darah merah mengalir dengan lancar tanpa terjadi penggumpalan. Dengan kata lain dapat digunakan untuk menghindari trombus.

Menjaga Kesehatan Mata

– Vitamin A dan vitamin C yang dikandung oleh petai cina terbukti mampu menjaga kesehatan mata.

Mencegah Diare

– Diare membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya karena membuat mereka harus bolak-balik ke kamar mandi sambil menahan perut yang sakit.

Baca Juga : 15 Manfaat Daun Gandarusa

Mencegah Penuaan Dini

– Vitamin C dan flavonoid yang terdapat di dalam petai cina bisa membantu dalam meregenerasi dan mengencangkan kulit.

Meningkatkan Kecerdasan

– Fungsi tubuh seperti sistem saraf membutuhkan vitamin B1 dalam nenjalankan aktivitasnya.

Melancarkan Haid

– Haid yang lancar merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh para wanita.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

– Ternyata, vitamin A maupun C dan flafonoid dalam petai cina juga mampu meningkatkan sistem imum atau kekebalan tubuh sehingga tanaman ini baik dikonsumsi oleh orang yang sering menderita alergi.

Mencegah Diabetes

– Diabetes atau tingginya kadar gula dalam darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi petai cina dimana makanan satu ini mengandung saponin yang dapat mencegah diabetes khususnya diabetes tipe 2.

Penawar Racun

– Tanin yang bisa digunakan untuk penawar racun, makanan yang mengandung tanin adalah petai cina.

Antioksidan

– Vitamin A dan C, flavonoid, saponin, dan tanin di dalam petai cina dapat bertindak sebagai antioksidan. Zat ini dapat berperan dalam menangkal radikal bebas.

Anti Virus

– Zat yang dikandung oleh petai cina seperti vitamin C dan flavonoid dapat mengusir virus yang hinggap di tubuh. Dengan kata lain, petai cina dapat disebut sebagai anti virus.

Anti Bakteri

– Tanin juga mempunyai peran sebagai anti bakteri sehingga penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat diringankan gejalananya dengan mengkonsumsi petai cina karena tanaman ini mengandung tanin.

Anti Radang

– Salah satu zat yang dikandung oleh petai adalah saponin yang bersifat sebagai anti inflamasi atau anti radang. Zat ini mampu meringankan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan.

Anti Kanker

– Penyakit seperti kanker dan tumor banyak diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh karena petai mengandung vitamin A dan C, flavonoid, saponin, serta tanin sehingga makanan ini juga dapat disebut sebagai anti kanker yang mana zat-zat tersebut dapat melawan radikal bebas.

Baca Juga : 14 Manfaat Daun Bidara Upas untuk Pengobatan Penyakit

Anti Nyeri

– Penyakit yang mengalami peradangan biasanya menimbulkan rasa nyeri. Karena saponin bertindak sebagai anti radang maka zat ini tentunya bertindak juga sebagai anti nyeri.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat petai  bagi kesehatan tubuh. untuk informasi mengenai manfaat lainnya kunjungi terus  duniapeternakan.com