Manfaat Getah Jarak,  Ampuh untuk Atasi Masalah Kesehatan

Posted on

Manfaat Getah Jarak,  Ampuh untuk Atasi Masalah Kesehatan

manfaat getah jarak

Manfaat Getah Jarak – merupakan tanaman yang mudah kita jumpai di daerah kita dan mempunyai khasiat yang sangat banyak. Berikut adalah manfaat / khasiat dari getah jarak dalam kehidupan manusia

Baca Juga : Manfaat Eceng Gondok yang Jarang Diketahui, Bantu Obati Sakit Gigi

  • Bermanfaat untuk mengatasi gatal, jamur, dan koreng

Bagi anda yang memiliki masalah kulit seperti gatal-gatal,koreng, atau jamur anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun jarak yang di manfaatkan minyaknya. Anda bisa mendapatkan minyak jarak ini di toko herbal atau tukang urut. Untuk mendapatkan hasilyang maksimal, anda bisa memanaskan minyak jarak terlebih dahulu. Setelah itu, celupkan kapas pada minyak tersebut pada bagian kulit yang terdapat jamur atau gatal-gatal.


  • Bermanfaat untuk mengobati sakit gigi berlubang

Getah dari daun jarak ini besifat anti mikroba yang dapat menghilangkan staphylococcus, esherechia coli, dan streptococcus. Perlu anda ketahui bahwa kandungan ini bisa anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi, atau gangguan kesehatan gigi yang lainnya. Siapkan getah dari daun jarak,kemudian tempelkan getah kapas pada gigi yang sakit dengan bantuan kapas.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya


  • Bermanfaat untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin

Yang bisa di obati dengan daun jarak ini yaitu perut kembung serta masuk angin. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa memanfaatkan khasiat daun jarak.

  1. Siapkan beberapa helai daun jarak pagar yangtua, kemudian biarkan sampai layu terlebih dahulu, lalu oleskan daun jaraktersebut dengan minyaktelon, minyakkelapa atau minyakkayu putih.
  2. Tempelkan daun jarak tersebut pada bagian perut, biarkan sampai beberapa jam.lakukanlah cara ini sehari sekali secara rutin.

  • Mengencangkan Payudara

Daun jarak dapat digunakan untuk mengencangkan payudara.

Caranya mudah yaitu

  1. Siapkan 5 lembar daun jarak, 1 rimpangjahe, 2 buah pisang dan sedikitgaram.
  2. Campurkan semua bahan tersebut dengan cara menumbuknya,
  3. Lalu tempelkan pada lingkaran sisi payudara secara merata.
  4. Diamkan hingga keringlalu bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga : Manfaat Daun Seledri, Salah Satunya: Kaya Antioksidan


  • Membersihkan Lidah Bayi

Daun jarak untu kmembersihkan lidah bayi. Biasanya terdapat sisa-sisa asi pada lidah bayi berwarna putih. Cara membersihkannya yaitu:

  1. Petik daun jarak pagar untuk mendapatkan getahnya.
  2. Ambil getah tersebut untuk membersihkan lidah bayi dengan cara menempelkannya pada lidah hingga kotoran pada lidah bayi menempel pada getah tersebut lalu buang.

  • Obat sariawan

Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit ringan, namun sangatlah mengganggu. Anda dapat memanfaatkan getah tanaman jarak untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Caranya, patahkan bagian daun atau batang dari tanaman jarak. letakkkan patahan tanaman jarak tersebut ke bagian mulut yang mengalami sariawan. Tahan untuk beberapa saat. Setelah itu, bersihkan dengan cara berkumur.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan


  • Obat Iritasi Mata

Getah tanaman jarak memiliki efek anti-iritan, yang berarti mampu untuk mengobati luka dan juga menghilangkan iritasi pada bagian tubuh luar. Cara menggunakannya, ambil getah tanaman jarak secukupnya. Campur getah dengan air bersih. Kompres mata Anda dengan menggunakan campuran getah jarak dan air atau meneteskan campuran air dan getah jarak pada bagian mata yang iritasi.


  • Mengatasi Konstipasi (Sembelit)

Konstipasi atau biasa kita kenal dengan istilah sembelit adalah kondisi di mana sulit sekali rasanya untuk buang air besar (BAB). Salah satu cara mengobati sembelit ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak, utamanya jarak pagar.

Manfaat jarak pagar untuk mengatasi sembelit ini akan tetapi tidak sesederhana mitos yang selama ini dipercaya masyarakat, yakni hanya dengan menempelkan daun jarak pada perut.  Alih-alih demikian, yang harus Anda lakukan adalah dengan merebus daun jarak di dalam air mendidih, kemudian minum air rebusan tersebut untuk mengobati sembelit.


  • Merawat Kesehatan Rambut

Masih berkaitan dengan rambut, manfaat daun jarak yang tak kalah penting adalah untuk merawat kesehatan rambut, sekaligus membuat rambut tampak subur.

Guna mendapatkan manfaat daun jarak yag satu ini, Anda bisa menumbuk 20-30 biji jarak, kemudian peras sampai keluar minyaknya. Setelah itu, oleskan minyak rambut biji jarak ke rambut secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci rambut sampai bersih. Biasakan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui, Ketahui Cara Mengolahnya


Demikia manfaat getah jarak dalam kehidupan manusia dan tentunya masih banyak manfaat lainya dari getah jarak yang belum tertulis dalam artikel ini.