Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

manfaat daun sirih

Manfaat Daun Sirih – Apakah sobat mengetahui daun sirih merah? Selama ini kita hanya mengetahui daun sirih yang berwarna hijau saja. Namun ternyata ada jenis daun sirih yang berwarna merah keungu-unguan.

Daun sirih merah tidak jauh berbeda dari daun sirih biasa, hanya saja warnanya yang terlihat lebih mencolok. Keunikan lain dari daun sirih merah ialah permukaan daunnya yang berwarna merah hanya terdapat pada sisi bawahnya saja, sedangkan sisi atas daun berwarna hijau dengan corak putih.

Daun sirih merah juga tidak kalah hebat dari daun sirih hijau yang biasa. Kandungan di dalamnya merupakan jenis kandungan senyawa yang akan menyehatkan tubuh sobat.

Berbagai manfaat pun bisa sobat dapatkan dari daun sirih ini, mulai dari menyembuhkan penyakit sampai dengan mengatasi keluhan kesehatan yang sudah sering dirasakan, terutama oleh kaum hawa.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui, Ketahui Cara Mengolahnya

Ada baiknya jika sobat menanam tanaman sirih merah di pekarangan rumah agar bisa langsung digunakan ketika dibutuhkan. Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun sirih merah, akan memberikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun sirih merah ini untuk kesehatan sobat. Berikut ini pemaparannya :

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan yang Belum Anda Ketahui !

  • Mengatasi Asma

Khasiat dan manfaat daun sirih merah yang pertama yaitu sebagai daun herbal untuk mengatasi asma. Asma merupakan jenis penyakit pernapasan yang biasanya muncul karena menyempitnya saluran pernapasan. Dan daun sirih merah ini berguna untuk mencegah penyempitan tersebut.

  • Obat Radang Tenggorokan

Khasiat daun sirih merah juga bagus untuk mengatasi radang tenggorokan sobat. Daun sirih merah ini termasuk daun anti inflamasi yang alami. Selain tenggorokan, daun siri merah juga dapat menyembuhkan radang pada bagian tubuh sobat yang lainnya.

  • Mengatasi Batuk

Khasiat daun sirih merah bisa yang selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan batuk sobat. Jika sobat mengalami batuk berdahak maupun tidak berdahak, sobat perlu mencoba mengkonsumsi daun sirih merah ini untuk mengatasinya dengan alami.

  • Obat Penyakit Bronchitis

Satu lagi penyakit pernapasan yang dapat diobati dengan menggunakan khasiat daun sirih merah. Daun sirih merah ini akan membantu menyehatkan pernapasan sobat dengan melindunginya dari penyakit bronchitis.

  • Menyembuhkan Luka Bakar

Khasiat daun sirih merah yang selanjutnya yaitu untuk menyembuhkan luka bakar dikulit, cara pengobatannya yaitu sebagai obat luar. Luka bakar yang dimaksud disini merupakan luka bakar yang ringan, sehingga dapat sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga : Manfaat Daun Jarak, Dapat Membesarkan Ukuran Penis

  • Mengatasi Demam Berdarah

Manfaat daun sirih merah yang lainnya yaitu sebagai obat demam berdarah. Penyakit demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali sulit untuk disembuhkan. Selain obat kimia, tak ada salahnya jika sobat mencoba daun sirih merah. Daun ini dapat dijadikan obat penurun gejala demam berdarah.

  • Baik Untuk Mata

Khasita daun sirih merah yang lain yaitu baik digunakan untuk kesehatan mata. Kesehatan mata sobat bisa terjaga dengan menggunakan daun sirih merah. Daun ini memiliki kandungan senyawa yang mirip dengan vitamin A, sehingga dapat digunakan untuk menutrisi mata sobat.

  • Melancarkan Datang Bulan

Manfaat daun sirih merah berikutnya yaitu sebagai pelancar datang bulan atau menstruasi. Kaum hawa yang sering mengalami datang bulan dengan siklus yang tidak teratur perlu mencoba khasiat daun sirih merah. Kandungan alami pada daun sirih merah ini akan membantu menyehatkan hormon wanita, terutama pada saat datang bulan.

  • Mengatasi Keputihan

Jangan pernah remehkan yang namanya keputihan yang datang jika sobat mengalaminya hampir setiap bulan. Atasilah masalah kewanitaan ini dengan daun sirih merah. Daun sirih merah ini akan menyingkirkan jamur yang menyebabkan keputihan.

  • Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Mulut

Bau yang tidak sedap yang sering muncul pada mulut bisa disebabkan karena kurang sehatnya mulut sobat dan juga akibat jenis makanan yang sobat konsumsi. Gunakanlah daun sirih merah tersebut untuk menghilangkan bau mulut sobat.

Baca Juga : Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan: Cegah Kanker hingga Atasi Masalah Jerawat

Itulah 10 manfaat dan khasiat daun sirih merah untuk kesehatan yang perlu sobat ketahui. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan sobat dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun sirih merah. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan sobat nantinya di masa depan, karena kesehatan itu mahal harganya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Terimakasih.