Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Diposting pada

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

manfaat daun sirsak

Manfaat Daun Sirsak – Banyak sekali manfaat daun sirsak terutama khasiatnya untuk kanker, diabetes, dan sebagai obat asam urat. Tercatat tidak kurang dari 7 manfaat yang sudah teruji dari daun sirsak untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Manfaat Daun Seledri, Salah Satunya: Kaya Antioksidan

1. Membasmi DiabetesBatas

kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg hingga 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini dapat menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak juga dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.

2. Melawan Kanker

Daun sirsak juga dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping selain biaya juga yang sangat mahal.

Bahkan, banyak penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak ini dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

3. Pengobatan Asam Urat

Konsumsi daun sirsak juga dapat membantu dalam mengobati asam urat yang anda derita. Bahkan banyak sekali obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

4. Pengobatan Sakit Punggung

Sakit punggung sering kita alami terutama pada saat berolahraga dan bertambahnya usia. Menggunakan obat-obatan kimia untuk sakit punggung akan dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang paling efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi

Kandungan nutrisi daun sirsak juga diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia.

Caranya ialah Rebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

6. Mengatasi rematik

Penyakit rematik biasanya banyak dialami pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak ialah pengobatan herbal alami untuk nyeri artritis.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui, Ketahui Cara Mengolahnya

7. Melawan Bakteri/Virus/Parasit dan Mencegah Perkembangan Tumor

Selain manfaat yang disebutkan di atas tadi, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan juga perkembangan tumor. Sifat penyembuhan yang dimiliki membuat daun sirsak mampu digunakan sebagai obat anti-kejang.

Mereka juga mampu mengurangi demam dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sirsak membantu dalam mengobati peradangan dan juga kaki bengkak. Mereka membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan juga memfasilitasi pemulihan yang cepat dari berbagai penyakit.

8. Mengobati Bisul

Daun sirsak juga ternyata dapat membantu mengobati bisul.

Penggunaan penggunaannya ialah :

Cara penggunaannya cukup mudah, ambil saja beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai, lalu haluskan, dantempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.

Baca Juga : Manfaat Daun Jarak, Dapat Membesarkan Ukuran Penis

9. Pengobatan Eksim

Seperti telah disebutkan tadi, daun sirsak juga ternyata bisa mengobati eksim dengan cara alami. Anda dapat menggunakan daun sirsak ini sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dahulu) dan juga mengoleskannya pada daerah yang terkena dua kali sehari secara teratur.

Hal ini dapat tentunya membantu anda dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya.

10. Mengatasi Komedo

Daun sirsak juga dapat mengatasi komedo, Daun sirsak yang telah dihaluskan apabila dioleskan pada kulit kita dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo dan juga masalah kulit lainnya juga.

Daun Sirsak Untuk Rambut

Selain untuk kesehatan dan juga kulit,ternyata manfaat daun sirsak juga bisa untuk rambut, cukup penting, terutama dalam membasmi hama dalam rambut kita.

Baca Juga : Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan: Cegah Kanker hingga Atasi Masalah Jerawat

demikianlah artikel dari Blog Kami  tentang manfaat daun sirsak bagi kesehatan semoga dapat menambah wawasan anda semua.