Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Brokoli

manfaat brokoli

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan – Biasanya, brokoli dikonsumsi dengan cara dimasak sebagai tumis. Akan tetapi, untuk mendapatkan khasiat yang lebih sehat orang-orang memasaknya hanya dengan dikukus saja dan juga dijadikan sebagai lalapan. Bahkan, sekarang ini cukup populer sekali dengan  jus brokoli.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Manfaat Brokoli – Sebagai super food, sudah barang tentu brokoli ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Dan berikut ini merupakan sayuran berwarna hijau ini.

Baca Juga : Manfaat Biji Nangka Bagi Kesehatan & Mengobati Beberapa Jenis Penyakit.

1. Membantu program diet menurunkan berat badan

Sayuran yang kaya akan serat misalnya seperti brokoli sangat mendukung program diet penurunan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi ini dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung vitamin, serta mineral, dan juga rendah kalori juga lemak tentunya.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan momok yang paling menakutkan bagi manusia yang hidup di zaman moderen. Akan tetapi, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini bisa membantu mencegah penyakit jantung.

3. Menjaga ketajaman penglihatan

Kandungan lutein dan juga vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi bisa mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat lah penting untuk menjaga kesehatan retina.

Baca Juga : Manfaat Bengkoang Untuk Wajah Dan Kesehatan

4. Menjaga kesehatan kulit

Mepunyai kulit cantik, sehat dan terbebas dari segala permasalahannya merupakan impian semua orang. Bukan cuma wanita. Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin, yang bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan.

Selain itu, bisa membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan juga membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan juga vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat lah bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli ini mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan antioksidannya merupakan detoks yang alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan juga usus dari racun.

Baca Juga : 11 Manfaat Sayur Bayam Yang Harus Anda Ketahui

6. Mencegah penyakit kardiovaskular

Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti bisa mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan juga stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan juga berolahraga secara teratur.

7. Mengontrol tekanan darah

Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang sangat tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia : Yang Terakhir Gak Nyangka Banget

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi kita. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang bisa mencegah osteoporosis.

demikianlah artikel dari Blog Kami mengenai manfaat dari brokoli, semoga dapat menammbah wawasan anda semuanya.