11 Cara budidaya ikan arwana bagi pemula : Sukses dengan duniapeternakan.com

Posted on

11 Cara budidaya ikan arwana bagi pemula : Sukses dengan duniapeternakan.com

Tahukah Anda tentang – ikan arwana super red – …..Jika Anda tidak benar-benar tahu tentang ikan ini, Anda dapat terus membaca artikel ini. Ikan arwana adalah spesies ikan yang sulit berkembang biak.

ikan arwana super red

Kenapa begitu? Karena Anda harus memiliki banyak modal, karena benih, kawasan konservasi dan teknik untuk memelihara ikan mahal.

Anda tidak perlu khawatir karena kesulitan Anda dalam merawat ikan Arwana memiliki beberapa kelebihan. Ikan arwana dapat membuat Anda kaya seperti komedian dan presenter terkenal Tukul, yang menggunakan nama Arowana untuk nama keluarganya menjadi terkenal.

Baca Juga : Cara mudah untuk budidaya ikan lele

Nama itu membuatnya bahagia dan telah menjadi orang terkenal hingga hari ini.

Budidaya ikan arwana

Tidak mudah untuk membiakkan ikan arwana. Anda perlu memperhatikan area perawatan, yang bisa dalam bentuk kolam atau akuarium yang cukup besar.

Saat menanam ikan arwana dalam jumlah besar, Anda harus menggunakan kolam yang lebar dan berbatu, karena ikan ini menyukai habitat berbatu seperti laut. Tapi Anda tidak perlu bersedih jika lokasi budidaya ikan atau rumah Anda tidak terlalu besar.

Anda masih bisa menggunakan akuarium. Anda dapat dengan mudah dan benar membiakkan ikan Arwana menggunakan sepuluh metode berikut.

1. Menata tempat media penangkaran

Apa yang harus anda perhatikan yaitu : Anda harus menata  akuarium Anda dengan banyak batu sehingga ikan arwana Anda nyaman dan tahan lama.

Jika Ikan tersebut tidak nyaman berada di tempat ini atau kolam tersebut mereka dapat menyebabkan ikan mati atau tidak dapat berkembang biak dengan biak. Jika itu terjadi, Anda yang rugi. Karna budidaya ikan ini cukup banyak Menghabiskan modal  tetapi tidak ada hasil.

2. Menjaga Ph air

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ikan arwana mempertahankan karakter air di kolam atau akuarium. Anda harus selalu jernih dan berusaha agar air tetap mengalir.

Karena itu, Anda perlu membuat filter untuk kolam atau akuarium Anda. Anda juga harus selalu menjaga kadar Ph dalam air yaitu 6 atau 7, tidak lebih atau kurang karena itu tidak baik untuk ikan ARWANA.

3. Perhatikan suhu air

Untuk suhu, usahakan agar suhu stabil antara 26 hingga 30 derajat Celcius. Ikan ini menyukai cahaya, jadi Anda perlu menyalakan akuarium atau kolam jika lokasinya tertutup atau terhalang matahari.

Tapi jangan salah, ikan ini juga tidak bisa hidup di bawah sinar matahari langsung, ikan ini hanya membutuhkan cukup cahaya yang tidak gelap atau tidak terlalu terang.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Gabus

Untuk membudidayakan ikan arwana dengan akuarium, Anda harus menyediakan beberapa akuarium, karena ikan arwana dewasa besar tidak dapat ditempatkan dalam satu akuarium.

Metode akuakultur dengan akuarium ini membutuhkan peralatan lengkap seperti kontrol suhu, gelembung oksigen, dan sirkulasi air agar tetap mengalir.

3. Jika Anda memelihara ikan Arwana di kolam

Kolam besar juga harus tersedia untuk budidaya dengan media kolam, di mana beberapa peternak arwana dapat ditampung untuk berkembang biak. Kolam besar membuat memindahkan ikan arwana besar lebih mudah dan lebih fleksibel.

Anda juga dapat menggabungkan budidaya ikan arwana antara kolam dan akuarium. Anda dapat memilih induk yang telah dirawat di akuarium dan kemudian mengirim ikan Arwana ke kolam.

4. Pemilihan jenis ikan

Setelah menyediakan area untuk budidaya ikan arwana, Anda mungkin masih tidak yakin jenis ikan apa yang ingin Anda pertahankan. Ikan arwana memang sedikit, Anda tidak harus memilih yang salah.

Jika Anda memiliki modal yang cukup dan ingin mendapat untung besar, Anda harus memilih Super Red Arowana karena harga Super Red tinggi. Karena ikan dewasa bisa mencapai 5 juta rupiah per ekor, sedangkan benih per ekornya bisa mencapai 1 juta rupiah.

5. Pembesaran benih

Anda juga harus menunggu pembesaran benih sampai ukurannya 12 cm. Untuk benih yang masih kecil, cacing pita sekitar 1 cm bisa diberi makan.

Ketika ikan sudah mulai matang dan berukuran sekitar 12 cm, Anda perlu memisahkan ikan dari ikan kecil atau anak ayam, karena Arwana adalah sejenis ikan yang memakan segalanya, terlepas dari anaknya sendiri.

Jadi jika Anda ingin memiliki banyak ikan peliharaan, Anda harus segera mencegah munculnya anak-anak anjing pemburu ikan dewasa.

6. Mempelajari karakter ikan

Setelah Anda mengeluarkan ikan arwana kecil, mereka dapat dinaikkan ke ukuran 25 hingga 40 cm. Ikan arwana dengan ukuran ini adalah yang paling populer dengan pecinta ikan ini. Karena ikan muda memiliki karakter agresif dan gesit, ikan muda dengan ukuran ini sangat populer.

Untuk menciptakan warna yang lebih alami bagi ikan, Anda dapat mengeringkan ikan arwana di pagi hari karena sinar matahari pagi sangat baik untuk menciptakan warna alami yang cemerlang.

8. Proses pemeliharaan

Layaknya seperti manusia, jika indukannya baik maka keturunannya juga akan menghasilkan yang  baik. Proses memperbesar ikan dapat dilakukan dengan memberikan makanan atau obat-obatan yang cukup besar dengan zat-zat pemacu pertumbuhan yang dijual di pasaran.

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah proses panen ikan ini. Anda harus berhati-hati ketika memanen ikan karena penting untuk tidak merusak atau melukai kondisi ikan arwana untuk menjaga harga tetap tinggi di pasar.

9. Makanan ikan

Kombinasi pelet dengan protein 32% dan berbagai pakan hidup dalam bentuk ikan mas, udang atau daging kecil dan kepiting harus digunakan sebagai pakan atau pakan untuk ikan arwana ini.

Makanan diberikan pada ukuran sekitar 2 persen dari berat tubuh ikan per hari, dibagi menjadi pemberian makan ganda di pagi dan sore hari. Musim kawin ini biasanya berlangsung pada bulan Juli dan Desember.

10. Perawatan ikan arwana

Seekor ikan dewasa berumur 4 tahun dengan panjang tubuh sekitar 45-60 cm. Perbedaan gender baru dapat diketahui saat Arwana berusia 3-4 tahun. Perbedaan gender dapat dibaca dari tinggi dan ukuran rongga mulut.

Ikan jantan lebih mudah dikenali dari bentuk dan perilakunya. Jika Anda melihat seekor ikan yang tidak mau makan, itu berarti seekor ikan jantan menggendong anaknya di mulut.

11. Cara mengembangbiakan ikan Arwana

Arwana super red ini sangat diminati banyak orang, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang ikan yang sudah Anda kerjakan begitu keras sehingga tidak laris manis. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda harus memilih ikan arwana perak sehingga harga benih tidak terlalu tinggi.

Jika Anda telah berhasil mendapatkan arowana perak dan menjualnya dengan laba yang cukup, Anda dapat perlahan beralih ke arwana super merah.

Indukan arwana setidaknya berusia 4 tahun untuk berkembang biak. Anda harus memisahkan induk ikan arwana dari ikan arwana lainnya karena Anda harus memberikan makanan khusus kepada induk ikan, yaitu udang. Remaja arwana yang berusia sekitar 2 tahun juga membutuhkan udang.

Keberadaan mereka karenanya harus dipisahkan dari ikan dewasa, karena ikan dewasa, yang pergerakannya lebih lambat, dapat kehilangan daya saing dibandingkan dengan ikan muda yang lebih cepat.

Baca Juga : Cara Ternak Udang Galah Beserta Tahapannya

Ketika ini terjadi, ikan dewasa kekurangan makanan sehingga mereka tidak dapat menghasilkan benih yang baik.

Lalu bagaimana membedakan ikan jantan dari ikan betina? Ikan betina memiliki tubuh dan kepala yang lebih kecil daripada ikan jantan. Setelah Anda mulai merawat ikan arwana ini, Anda akan memahami diri sendiri saat menentukan jenis kelamin ikan ini.

Anda benar-benar perlu tahu ikan Arwana mana yang ditemukan pasangan. Biasanya, ikan yang telah menemukan pasangannya saat berenang sering hidup berdampingan.

Menugaskan ikan arwana tidak sulit jika ada ikan dari jenis yang berlawanan di kolam atau akuarium, sehingga ikan dapat dipasangkan secara individual.

Untuk melihat ciri-ciri ikan Arwana yang telah berpasangan, kedua ikan berenang berkeliling dengan kepala dan ekor saling menempel.

Jika Anda menemukan dua ikan arwana dengan gejala seperti itu, Anda harus segera pergi ke kolam atau akuarium yang terpisah sehingga kedua ikan dapat berkembang biak dengan baik. Ikan arwana tidak membutuhkan bantuan saat pembuahan dan bertelur.

Ketika ikan arwana betina mengirimkan telur, ikan arwana jantan memakan telur. Bahkan, ikan arwana jantan membuahi telur ikan sampai larva keluar. Larva yang diambil dari ikan Arwana jantan biasanya berumur 8 minggu. Beginilah cara Anda membiakkan ikan Arwana.

12. Cara mengembangkan bisnis  ikan Arwana

Warna ikan arwana harus diperhitungkan karena arwana yang paling populer adalah arwana yang eksotis dan berwarna cerah. Semakin baik warna ikan, semakin tinggi harganya.

Untuk memudahkan Anda menjual ikan arwana, Anda harus mencari saluran untuk pecinta ikan arwana atau penjual ikan hias. Warna adalah salah satu tanda yang harus Anda perhatikan untuk menjadi orang tua. Ikan dengan warna yang bagus juga menghasilkan biji yang bagus.

Jadi ada sebelas cara untuk membudidayakan ikan arwana yang perlu dipertimbangkan, dari penangkaran hingga pilihan jenis ikan dan pakan hingga perawatan ikan.

Mungkin budidaya ikan arwana bisa menjadi peluang bisnis jangka panjang yang baik atau hanya sebagai pedagang hobi.

Demikian Artikel dari duniapeternakan.com mudah-mudahan selalu bermanfaat…Amin..