√ Cara Ternak Kambing Kurban : Kandang, Pemilihan Bibit, Pemberian Pakan, kesehatan dan Peminajahnya

Posted on

A. Kandang

Cara Ternak Kambing –  yang perama harus di perhatikan ialah kandang kambing. Tempat tinggal kambing ternak pun harus di kondisikan, yakni selalu bersih, supaya pertumbuhan kambing tidak terganggu.

seperti gambar di bawah ini

Cara Ternak Kambing

Memiliki wadah pakan yang dapat di jangkau kambing, Kandang yang berbentuk rumah panggung, yang secara otomatis kotoran kambing tersebut akan jatuh kebawah, ini merupakan cara agar kambing tidak cepat kotor.

Baca Juga : Cara Ternak Kelinci Yang Baik dan Benar

kambing juga berdampak tidak baik untuk kambing tersebut, posisi lantai kambing di buat agak miring ke arah belakang.

B. Pemilihan Bibit untuk Ternak Kambing

Bibit yang ingin ternak kambing dipilih dalam usaha ternak kambing, tentu saja sebaiknya disesuaikan dengan tujuan usaha peternakan. Apakah untuk kambing perah ataupun pedaging?

Misalnya, untuk produksi daging kambing kacang yang dipiih, sedangkan untuk produksi susu, kambing etawa merupakan pilihan yang terbaik.

1. Berikut ciri calon indukan betina yang baik

  • Bertubuh besar serta kekar, tetapi tidak terlalu gemuk. Memiliki dada yang lebar dan dalam. Sementara, garis punggung serta pinggang lurus.
  • Berperilaku jinak serta memiliki sorot mata yang ramah.
  • Keempat kakinya lurus dengan tumit yang meninggi.
  • Memiliki gigi yang lengkap, dengan rahang atas serta bawah rata.

2. Berikut ciri calon pejantan yan berkualitas.

  • Bertubuh besar serta panjang, tetapi tidak terlalu gemuk.
  • Bagian belakang tubuh lebih besar serta lebih tinggi.
  • Berdada lebar, Terlihat gagah dan aktif
  • serta memiliki libido yakni (nafsu kawin) yang tinggi.
  • keempat kaki lurus serta kuat.

C. Pemberian pakan

Cara Ternak Kambing – Pakan merupakan hal yang terpenting dalam beternak kambing untuk menunjang proses penggemukan

sedangkan waktu yang dibutuh untuk penggemukan kambing pedaging yakni sekitar 3 sampai 6 bulan, di karenakan jika lebih dari itu anda tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali.

seperti gambar berikut

Cara Ternak Kambing
pakan kambing yang biasanya berupa dedaunan hijau yang segar, seperti: rumput, daun lamtoro, daun turi dan daun singkong yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dan sayur-sayuran sisa dari pasar.

Baca Juga : Cara Ternak Domba

Kambing juga membutuhkan makanan yang padat seperti konsentrat berguna untuk mempercepat penggemukan, serta konsentrat yang bisa di beli di toko pakan ternak.

D. Menjaga Kesehatan

Meskipun kambing ialah hewan yang tidak bisa membuang kotoran pada tempatnya seperti kucing, anda pun harus lah tlaten untuk menjaga kebersihannya. Untuk memandikan si kambing minimal yaitu satu minggu dua kali.

Selain itu anda juga harus memastikan kesehatan sang kambing yaitu dengan melihat kondisinya, apakah nafsu makan kambing teratur ataupun sedang berkurang.

E. Memberikan Nutrisi

Layaknya hewan pada lainnya, kambing pun memerlukan nutrisi tambahan untuk menunjang kesehatan dan kekebalan terhadap serangan penyakit. Berikan vitamin tambahan, bisa anda beli dari kios pakan kambing ataupun dengan memberikan jamu alami.

Tetapi biasanya para peternak lebih sering memberikan jamu alami jika dibandingkan dengan membelinya. Terdapat banyak sekai herbal yang bisa diberikan kepada kambing itu sendiri seperti temu ireng, temulawak, lempuyang serta berbagai macam ramuan herbal lainnya.

seperti gambar berikut

Cara Ternak Kambing
Cara Ternak Kambing – Cara untuk membuat ramuan kambing ialah dengan menumbuk bahan seperti temulawak, temuireng, lempuyang, kunyit, pace menjadi satu. Jika sudah ditumbuk, berikan lah sedikit air serta berikan pada kambing tersebut .

Nutrisi lainnya seperti dua buah pisang sisir yang di masak dengan santan serta gula jawa ditambah dengan sedikit garam dan di masak sampai menjadi bubur yang untuk diberikan kepada kambing disaat sudah dingin.

F. Pemijahan

Karena tujuannya beternak jadi untuk menghasilkan kambing lebih banyak lagi, sehingga anda pun perlu melakukan pemijahan terhadap kambing jantan serta betina.

Baca Juga : Cara Ternak Rat (Tikus Putih) Dengan Mudah

Berikan tempat yang khusus untuk kedua jenis kambing itu, jodohkan dengan cara mendekatkan terlebih dahulu antara satu sama lainnya.

Setelah kambing sudah mengalami masa perkawinan ketika disatukan, maka tak lama kemudian sang betina akan mengandung selama kurang lebih 5 sampai 6 bulan. Sehingga setelah tahap ini sudah dimulai, anda juga menyiapkan semua peralatan untuk kelahirannya.

G. Tahap Panen

Panen terhadap ternak kambing bisanya akan dilakukan ketika kambing betina sudah mengalami kelahiran, ataupun jika kambing jantan telah mempunyai usia tambah serta ukuran bobot besar.

Kemudian jangan lupa untuk melakukan perawatan terlebih dahulu terhadap anak kambing yang baru saja dilahirkan oleh Kambing yang Betina. Jangan sampai anda membiarkan induk serta anaknya begitu saja, berikan lah tempat yang nyaman.

Demikianlah artikel dari duniapeternakan.com semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.