√ Pakan Ikan Gurame Biar Cepat Besar : Duniapeternakan.com

Diposting pada

Makanan Ikan Gurame – Gurami adalah salah satu jenis ikan yang memiliki periode pertumbuhan lambat, sehingga perlu memiliki makanan ikan gurame yang tepat, untuk tumbuh cepat. Tidak diragukan lagi, faktor makan seimbang atau asupan protein nabati dan hewani adalah penting.

Makanan Gurame

Ikan gurame adalah salah satu peternakan ikan paling menguntungkan. Karena ikan gurame adalah komoditas ikan yang memiliki harga jual tinggi, berikut dibawah ini adalah makanan gurami yang harus Anda ketahui agar ikan gurame cepat besar.

Pelet

Makanan ikan gurame pertama adalah pelet yang mengandung protein hewani 25% – 30%. Dalam memberikan pelet, pilih pelet apung. Untuk memudahkan ikan memakannya.

Jenis Pelet Ikan Gurame perlu diperhatikan, Anda juga harus memperhatikan nilai gizi yang terkandung dalam pelet, karena akan mempengaruhi laju pertumbuhan ikan. Ukuran pelet disesuaikan dengan mulut ikan.

Cara memberi makan untuk ikan gurame dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Makanan diberikan sebanyak 2% dari berat benih. Anda juga tidak bisa memberi makanan secara berlebihan.

Misalnya cukup dengan tingkat kenyang 80%. Itu juga terlihat dari saat ikan mulai menjauh dari makanan. Jika pemberian makan ikan berlebihan hal yang takutkan akan mengendap dan menjadi racun bagi ikan.

Anda hanya perlu memercikkan palet pada satu titik kolam dengan sedikit sedikit. Anda tidak perlu menyebarkan pelet di sepanjang bagian kolam.

Untuk Merek Pakan Ikan Gurame Biasanya Tidak Terpaku pada satu jenis pabrikan. Mereka biasanya menggunakan merek-merek yang ada di pasaran.

Pakan Tambahan dari Hewan

Pakan tambahan yang berasal dari hewan-hewan ini bisa seperti ikan rucah, ikan teri, limbah ikan dan sisa ikan lainnya. Juga siput, bekicot, keong dan limbah dari udang, belalang cacing tanah, dan hewan kecil lainnya.

Jagung rebus

Jangung rebus dikenal untuk mempercepat jatuh tempo kematangan ‘gonade’ sehingga dapat mempersingkat waktu pemijahan. Jumlah jagung rebus yang diberikan adalah 3% -5% dari berat tubuh indukan. Dengan telur yang umum pada usia 45-60 hari itu akan disingkat menjadi 25-30 hari.

Untuk memberi makan ikan gurame, letakkan jagung di atas anyaman bambu (0,5 x 0,5 meter). Mereka akan tenggelam sekitar 15 cm pada jarak 0,5 meter di tepi kolam. Pilih tempat ikan berkumpul. Dana untuk tempat-tempat yang dilindungi

Daun-Daunan

Untuk mengurangi biaya pemeliharaan ikan gurame, Anda dapat menggunakan daun sebagai pakan tambahan. Makanan ini dapat ditambahkan karena sifat dari gurami omnivora.

Anda bisa menambahkan daun yang bisa anda tanam di sekitar kolam. Seperti daun santhe. Daun santhe ini memiliki bentuk yang mirip dengan daun talas. Daunnya memiliki ciri menonjol, yaitu tegak lurus dengan tangkainya, Ada juga daun talas. Umbi bisa digunakan untuk dimakan. Daunnya cukup digemari oleh ikan gurame.

Daun ungugа dan kangkung, daun singkong, caisin, daun talas, daun lamtoro, daun pepaya, daun pisang, salada air, dan genjer.

Dan perlu diingat untuk daun yang mengandung getah, pertama-tama harus dilayukan lebih dahulu seperti daun singkong dan talas. Karena kita takutkan akan mengganggu kesehatan ikan.

Pakan dalam bentuk daun Daun ini banyak dipraktikkan oleh petani ikan Gurame karena daunnya termasuk dalam Makanan Ikan Gurame untuk lebih cepat besar.

Cara Memberi Makan Ikan Gurame

Anda bisa memberikan makanan sebagai berikut. Pada umur 10 hari, Anda dapat memberikan dedek yang halus dan kuning pada telur. Lalu untuk umur 10 hari hingga 1,5 bulan dengan rayap ular semut.

Sedangkan untuk umuran di 1,5 hingga 3,5 bulan diberikan hewan dan daun-daunan. Untuk umur 3,5 hingga 8 bulan, diberikan tanaman air. Dan 8-12 bulan berikan daun dan pelet.

Yang terakhir, jika lebih dari 12 bulan, dedaunan dan pelet tetap ada. Untuk makanan gurami, supaya bisa cepat besar dan dapat memberikan jumlah enzim kompleks sekitar 2% dari pakan pabrik.

Demikianlah ulasan dari duniapeternakan.com semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat bermanfaat untuk anda.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.