√ 7+ Jenis – Jenis Ikan Gurame Yang Wajib Anda Ketaui Sebelum Memeliharanya

Diposting pada

Jenis ikan gurame – sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain itu, di negara lain gurami juga sering dipelihara di akuarium. Nah sudah pada tau belum jenis-jenis ikan gurame, kalau belum berikut di bawah ini sudah saya siapkan jenis-jenis dari ikan gurame tersebut :

Jenis-Jenis Ikan Gurame

Gurame Jepang atau Jepun

Popularitas ikan gurame Jepun sudah lama dikenal di Indonesia, jenis ikan gurame ini sangat tenar di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Probolinggo.

Gurame jepun memiliki panjang tubuh maksimum 45 cm dengan berat 3-4 kg / ekor. Ciri khas yang bisa kita lihat pada ikan gurame Jepun adalah warna hitam pekat di bagian atas tubuh, sisik putih dengan garis-garis gelap di perut.

Setelah bertelur, produktivitas ikan gurame Jepun mampu mencapai 2.000-3.000 butir / ekor.

Gurame Soang atau Gurame Angsa

Soang dalam bahasa Sunda berarti Agsa, jadi tidak heran gurami angsa diyakini berasal dari Indonesia tepatnya dari Provinsi Jawa Barat.

Gurame jenis ini adalah gurame paling populer di Indonesia jika dibandingkan dengan jenis gurame lainnya. Bahkan ikan gurame soang paling sering kita temukan di pasar dan berbagai rumah makan atau restoran.

Alasan mengapa gurame soang sangat digemari adalah karena memiliki kelebihan seperti ukuran tubuh yang cukup besar, bahkan mampu mencapai 8 kg. Pertumbuhan gurmae soang juga cukup cepat yaitu 700 gram – 1,2 kg / tahun.

Bentuk gurame soang rata ke samping dan sedikit memanjang, panjangnya bisa mencapai 65 cm, sisik tubuh agak bulat dan ukurannya besar kecoklatan dengan bintik-bintik hitam di dasar sirip dada.

Penonjolan dahi membuat gurame soang mudah dikenali, karena pada jenis ikan gurame lainnya tidak ada tonjolan di dahi.

Gurame soang juga sangat rakus dan gesit sehingga tidak mudah terserang penyakit. Produktivitas telur gurame soang cukup tinggi, begitu menelurkan kedelai dapat menghasilkan 5.000-7.000 telur / ikan. Untuk gurame indukan yang baik, biasanya pada usia 3-5 tahun.

Gurame Kapas

Ikan jenis ini memiliki warna putih keperakan yang hampir mirip dengan warna kapas. Sisik lebih lebar dari jenis ikan gurame lainnya dan sedikit lebih keras.

Pertumbuhan ikan gurame kapas juga cukup cepat, tetapi di antara semua jenis ikan gurame jenis ikan gurame kapas yang memiliki bobot paling ringan, berat maksimum hanya 1,5 kg.

Begitu menelurkan produktivitas ikan gurame hanya mampu menghasilkan sekitar 3.000 telur / ekor.

Gurame Porcelain

Satu lagi jenis gurami yang sangat bagus sebagai peluang bisnis adalah jenis ikan gurame porselin. Gurame ini memiliki warna merah muda atau keperakan, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih, ukuran kepalanya relatif kecil dibandingkan ukurannya.

Sekali memijah ikan gurame porselen dapat menghasilkan 8000 – 10.000 telur / ekor. Jumlahnya sangat besar dibandingkan dengan jenis ikan gurame lainnya. Itu juga alasan untuk jenis ikan gurame porselen sangat baik digunakan sebagai usaha pembibitan.

Pertumbuhan ikan gurame porselen juga cukup cepat dan berat rata-rata ikan gurame ini berkisar 1,5 kg – 2 kg / ekor.

Gurame Blue Safir

Jenis ikan gurame ini memiliki warna merah muda dan cerah, hampir sama secara umum dengan jenis ikan gurame lainnya.

Panjang ikan gurame ini hanya 35 cm dengan berat maksimal 2 kg, tetapi kemampuan bertelur lebih baik dari ikan gurame Paris. Setelah memijah ikan gurame safir biru bisa mencapai 4000-5000 telur / ekor.

Gurame Bastar

Gurame Bastar memiliki warna abu-abu kehitaman tetapi di kepala putih. Jenis bastar hibrida sering dikenal sebagai gurami pedaging karena ukurannya yang besar dan tingkat pertumbuhan yang cepat.

Jenis gurame bastar tidak kalah terkenal dengan gurame soang. Gurame Bastar juga merupakan salah satu ikan gurame yang sangat di gemari di antara para pembudidaya ikan gurame.

Berat ikan gurame bastar mencapai 6 kg-9 kg / ekor, tetapi masalah produktivitas telur gurame bastar relatif rendah dibandingkan dengan ikan gurame soang. Setelah memijah ikan guraem bastar hanya mampu menghasilkan sekitar 4000 – 4.500 telur / ekor.

Gurame Paris

Satu lagi jenis gurame yang harus Anda ketahui adalah gurame paris. Gurame ini berwarna merah muda cerah tetapi kepalanya putih dengan bintik-bintik hitam di seluruh tubuhnya.

Gurame paris memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis ikan gurame lainnya, beratnya hanya maksimal 1,5 kg.

Selain dikonsumsi jenis gurami paris juga banyak digunakan sebagai ikan hias untuk penghobi ikan hias.

Produktivitas telur gurame paris cukup besar, ikan gurame ini bisa mencapai 5.000-6.000 butir / ekor.

Demikianlah ulasan dari duniapeternakan.com semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat membantu anda.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.