√ Cara Budidaya Ikan Arwana Berhasil 100% – Duniapeternakan.com

Posted on

Budidaya Ikan Arwana – Cara membudidayakan ikan arwana memang tidak mudah. Anda harus memperhatikan area perawatan yang bisa berupa kolam besar atau akuarium. Untuk budidaya ikan arwana dalam jumlah besar, sebaiknya gunakan kolam besar dan berbatu karena ikan ini menyukai habitat berbatu seperti laut. Tetapi Anda tidak perlu sedih jika rumah atau lokasi Anda untuk memelihara ikan tidak terlalu luas, Anda masih bisa menggunakan akuarium. Berikut ini sepuluh cara untuk membudidayakan ikan arwana dengan mudah dan benar.

Cara Budidaya Ikan Arwana

Atur tempat penangkaran

Hal yang masih perlu Anda perhatikan adalah Anda harus mengatur akuarium seperti kolam dengan banyak batu sehingga ikan arwana Anda betah dan bertahan lama. Ikan yang tidak betah di tempatnya dapat menyebabkan ikan mati atau tidak berkembang biak. Jika itu terjadi, Anda akan kehilangan uang. Sudah menghabiskan banyak uang tetapi tidak ada hasilnya.

Pertahankan Ph Air

Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam memelihara ikan arwana adalah karakter air di kolam atau akuarium harus selalu jernih dan berusaha agar air tetap mengalir. Jadi, Anda harus membuat filter untuk kolam atau akuarium Anda. Anda juga harus selalu menjaga kadar Ph dalam air yaitu 6 atau 7, tidak lebih atau kurang karena tidak baik untuk ikan arwana.

Perhatikan Suhu Air

Untuk suhu atau temperatur, cobalah menstabilkan suhu antara 26 hingga 30 derajat Celcius. Ikan ini menyukai cahaya sehingga Anda harus menyalakan akuarium atau kolam jika lokasi ditutup atau terhalang oleh matahari. Tapi jangan salah, ikan ini juga tidak bisa hidup di bawah sinar matahari langsung, ikan ini hanya membutuhkan cukup cahaya agar tidak gelap atau tidak terlalu terang.

Untuk budidaya ikan arwana dengan akuarium, Anda harus menyediakan beberapa akuarium karena ikan arwana dewasa besar tidak dapat ditempatkan di akuarium. Metode budidaya dengan akuarium ini membutuhkan peralatan lengkap seperti pengatur suhu, pembuat gelembung oksigen, dan sirkulasi air agar tetap mengalir.

Memelihara Ikan Arwana di Kolam

Sedangkan untuk budidaya media kolam, Anda juga harus menyediakan kolam besar untuk menampung sejumlah induk arwana untuk berkembang biak. Kolam besar membuat pergerakan ikan arwana besar lebih mudah dan lebih fleksibel. Anda juga dapat menggabungkan budidaya ikan arwana antara kolam dan akuarium. Anda bisa memilih induk yang sudah dirawat di akuarium lalu Anda bisa memindahkan ikan arwana ke dalam kolam.

Memilih Jenis Ikan

Setelah menyediakan area untuk memelihara ikan arwana, Anda mungkin masih bingung untuk memilih jenis ikan yang akan Anda pelihara. Jenis ikan arwana cukup banyak, sebaiknya jangan salah pilih. Jika Anda memiliki modal cukup besar dan ingin untung besar, maka Anda harus memilih super red arwana karena harga super red tinggi, untuk ikan dewasa bisa mencapai 5 juta rupiah per ekor, sedangkan benih per ekor bisa mencapai 1 juta rupiah.

Pembesaran benih

Selanjutnya untuk pembesaran benih, Anda harus menunggu hingga berukuran 12 cm. Untuk bibit kecil ukurannya sekitar 1 cm bisa diberi makan cacing pita. Jika seekor ikan telah dewasa dan berukuran sekitar 12 cm, maka Anda harus memisahkan ikan dari ikan kecil atau anak-anak ikan karena spesies ikan memakan segalanya tanpa peduli dengan anak-anak mereka sendiri.

Jadi jika Anda ingin memiliki banyak ikan peliharaan, maka Anda harus segera mencegah terjadinya mangsa ikan dewasa pada ikan.

Mempelajari Karakter Ikan

Setelah Anda memindahkan ikan arwana kecil, ikan tersebut dapat disimpan hingga ukurannya 25 sampai 40 cm. Ikan seukuran arwana seperti itu adalah yang paling dicari oleh para penggemar ikan ini. Karena ikan remaja bersifat agresif dan gesit sehingga ikan remaja dengan ukuran ini sangat populer. Untuk menghasilkan warna ikan yang lebih alami, Anda bisa mengeringkan ikan arwana di pagi hari karena sinar matahari pagi sangat baik untuk membentuk warna-warna alami yang cemerlang.

Proses Pemeliharaan

Seperti manusia, jika ibu atau ibu itu baik, keturunan yang dihasilkan juga baik. Proses memperbesar ikan bisa dilakukan dengan memberi makanan dengan ukuran yang cukup besar atau obat-obatan yang memiliki pemicu pertumbuhan yang dijual di pasaran. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah proses memanen ikan ini. Anda harus berhati-hati ketika memanen ikan karena penting menjaga kondisi ikan arwana tidak cacat atau terluka sehingga harganya tetap tinggi di pasaran.

Pakan ikan

Untuk makanan atau pakan yang disediakan untuk ikan arwana, itu harus merupakan kombinasi pelet yang mengandung 32% protein dan berbagai makanan hidup dalam bentuk ikan mas, udang, atau potongan kecil daging dan kepiting. Pakan diberikan dengan ukuran sekitar 2 persen dari berat tubuh ikan setiap hari dengan dibagi menjadi 2 kali pemberian makan di pagi dan sore hari. Musim kawin ikan ini biasanya terjadi pada bulan Juli dan Desember.

Merawat Ikan Arwana

Ikan dewasa berumur 4 tahun dengan panjang tubuh sekitar 45-60 cm. Perbedaan jenis kelamin hanya dapat diketahui saat Arwana berusia 3-4 tahun. Perbedaan jenis kelamin dapat dilihat dari ukuran tubuh dan ukuran rongga mulut. Ikan jantan lebih mudah dikenali dari bentuk dan perilakunya. Jika Anda melihat ikan yang tidak mau makan itu berarti ikan jantan karena ia menjaga anaknya di mulutnya.

Demikianlah ulasan dari duniapeternakan.com semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat bermanfaat untuk anda.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.