9 Cara Sukses Budidaya Kepiting Soka sebagai Peluang Bisnis

Posted on

Budidaya Kepiting Soka

Budidaya Kepiting Soka  –  Adapun yang digemari Budidaya Kepiting Soka – Apakah anda tahu kepiting soka? Kepiting soka ini adalah sebutan untuk kepiting yang dikonsumsi saat keadaan kulitnya masih lunak karena baru berganti kulit.

Dan yang pastinya sebelum dikonsumsi harus dimasak terlebih dahulu. Adapun daging kepiting mengandung kolesterol namun kandungan lemak jenuhnya rendah. daging kepiting juga tinggi protein, kepiting tersebut adalah sumber mineral dan vitamin.

Kandungan selenium yang terdapat pada kepiting dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus serta dapat mencegah kanker dan kerusakan kromosom.

Budidaya Kepiting Soka

And Fisheries Research and Development Corporation di Australia mengatakan bahwa pada 100 gram kepiting mengandung 22 mg omega 3 EPA, 59 mg omega 3 DHA dan 15 mg omega 6 yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

“Peluang Bisnis Budidaya Kepiting Soka”

Mengapa Banyak memilih kepiting soka? Penyuka kepiting soka semakin hari semakin meningkat. karenakan kulitnya yang lunak membuat kepiting soka dapat dinikmati seluruh bagian tubuhnya

Dalam mengonsumsinya tidak diperlukan usaha yang besar untuk makan kepiting yang diperlukan teknik untuk memecahkan cangkang-cangkangnya yang sangat keras untuk dapat menikmati daging kepiting yang lezat dan kaya vitamin tersebut

1..Persiapan Budidaya Kepiting Soka

Yang pertama  Sudah pasti dalam memulai sebuah binis, Anda  harus melakukan persiapan untuk meminimalisir terjadinya kegagalan.

Pada saat Budidaya kepiting soka sebenarnya tidak terlalu sulit, namun harus disertai pula keahlian dan keterampilan untuk melakukan bisnis ini agar mendapatkan hasil yang maximal.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Yang pertama Pilih lokasi yang airnya bersih dan jernih dan tidak tercemar dengan tingkat salinitas 16 sampai 36 ppt, suhu air 25 sampai 33 derajat celcius dan oksigen terlarut minimal 4 ppm dan pH air 7,5 sampai 9,5.

Usahakan Lokasi paling bagus membangun bisnis ini adalah pertambakan yang di sekitarnya tumbuh tanaman mangrove. Dan biasanya tanah tambah yang digunakan adalah lumpur berpasir dan kedalaman tidak kurang dari 85 cm

3. Siapkan Peralatan

Budidaya Kepiting Soka

Anda harus siapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya kepiting soka seperti salinometer dan thermometer dan juga pH meter serta tes kit untuk mengukur kualitas air.

4. Pilih Bibit yang Bagus

Anda harus pastikan bahwa bibit yang dipilih adalah bibit-bibit yang baik untuk budidaya. Siapkan bakal kepiting soka yang bagus untuk proses pembibitan yaitu yang memiliki berat 0,2 ons sampai 0,6 ons.

5. Buat Kandang untuk Kepiting Soka

Usahakan Kandangnya berupa kotak-kotak dengan ukuran 16 cm x 16 cm x 21 cm. Kemudia kotak-kotak itu diletakkan di bawah permukaan tambak. Usahakan anda membuat   jalan  juga yang terbuat dari bambu di antara tatanan kotak-kotak tersebut untuk memudahkan para petani melakukan pengamatan.

6. Cara Memelihara Kepiting Soka

Pada saat  memelihara kepiting soka perlu dilakukan proses pemotongan kaki-kaki serta capit-capit dari bakal kepiting. Cara ini dilakukan untuk merangsang merangsang terjadinya pergantian kulit dengan cepat.

Adapun Cara menebar bakal kepiting ke dalam tambak secara sembarangan merupakan cara yang salah. Anda harus menempatkannya di dalam kotak-kotak yang telah dibuat.

Jarak waktu antara proses pemotongan sampai masa panen biasanya berlangsung singkat yaitu sekitar 16 hari. Andaikan panen terlalu lama, cangkang yang telah masuk tahap pelunakan dapat mengeras kembali.

Dan yang digunakan untuk membesarkan kepiting soka biasanya adalah ikan rucah, daging kerang atau pelet.

Ada juga Ikan rucah dan daging kerang setengah kering dicincang hingga hancur lalu diberikan pada kepiting soka secukupnya. Apabila makanan sudah mau habis maka kita dapat tambahkan

7. Cara Perawatan dan Panen Kepiting Soka

Yang pertama  harus dilakukan salah satunya adalah menjaga sirkulasi air supaya teratur dan mengendalikan hama.

Jika  sirkulasi air tidak bagus maka akan banyak kepiting yang mati. Untuk pengendalian hama, Anda  dapat  gunakan obat-obatan anti hama ramah lingkungan yang ditebar ke dalam air.

Sampai  tiba masa panen, Lakukan pengkatan  kepiting-kepiting soka dari tambak lalu rendam dalam air tawar selama 35 menit.  Selanjutnya  hasil panen kepiting soka siap untuk didistribusikan.

8. Keuntungan dan Hambatan Bisnis

kepiting soka jauh lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan budidaya kepiting biasa karena tingkat kematian dari kepiting soka hanya 10 persen dan masa panen yang singkat yaitu sekitar 14 hari dari sejak penebaran benih.

Dan  harga jual Rp50.000 sampai Rp100.000 per kilogramnya, sehinga dapat diperoleh omset mencapai 2,7 juta rupiah setiap harinya.

Dan dibalik keuntungan yang sangat besar, Biasanya setiap usaha atau bisnis terdapat suatu hambatan.

Adapun Hambatan yang ada pada bisnis ini adalah sedikitnya bibit kepiting soka karena masih mengandalkan alam dan harus sering diawasi dalam selama 24 jam agar diketahui kapan saat ganti kulit dan harus segera dipanen.

9. Tips Sukses dan Strategi Pemasaran

Anda Harus selalu Jaga kualitas kepiting soka, Usahakan anda selalu memisahkan  antara yang kualitasnya baik dengan yang kurang baik. Dengan tujuan agar konsumen tidak kecewa apabila mendapatkan kepiting soka yang kurang baik.

Dan untuk kepiting soka yang kualitasnya kurang baik, kita dapat menjualnya dengan harga yang lebih rendah. Dan hasil  panen kepiting soka dapat anda tawarkan ke pengusaha warung makan seafood atau juga bisa didistribusikan ke tengkulak yang ada di sekitar lokasi usaha.

Demikian artikel  singkat yang bisa saya berikan kepada anda semua . dan Jika anda benar-benar ingin menjalankan bisnis ini, saran saya kepada  anda agar tidak hanya mengikuti artikel ini tapi juga belajar kepada orang yang sudah berpengalaman.

Dan Saya harap artikel ini hanya anda jadikan pengetahuan tambahan apabila ingin memulai bisnis ini supaya ada gambaran awal.

Jangan Lupa Kunjungi Juga di Duniapeternakan.com