6 Jenis Tanaman Yang Bisa Menyuburkan Tanah

Diposting pada

6 Jenis Tanaman Yang Bisa Menyuburkan Tanah


Tahukah Anda tentang Jenis Tanaman Yang Bisa Menyuburkan Tanah? Tanah yang gembur itu bukan berarti mempunyai kandungan hara serta juga ion yang diketahui berada di suatu bahan organik saja.

Sebuah tanah yang gembur adalah sebuah tanah yang paling cocok serta juga pas untuk tumbuhan bisa tumbuh serta berkembang.

Diketahui ada beraneka ragam metode yang mampu Anda lakukan supaya mampu megembangkan akan kesuburan tanah dan salah satunya itu mampu dengan Anda memakai tumbuhan.

Memang tidak semuanya dari tumbuhan tersebut mampu untuk meninggikan akan kesuburan tanah.

Tapi tumbuhan yang diketahui berasal dari sebuah gkelompok Leguminose ataupun yang berjenis polong-polongan saja yang bisa melakukannya.

Hal tersebut diakibatkan karena tumbuhan legum bisa menyerap nitrogen yang diketahui banyak di atmosfer. Kemudian langsung merekayasanya menjadi kandungan nitrogen yang berada di tanah.

Nitrogen yang dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk suatu pertumbuhan dari bagian vegetatif.


Jenis Tanaman Yang Bisa Menyuburkan Tanah


Berikut ini sekumpulan ragam tumbuhan yang mampu menyuburkan tanah, yaitu:


1. Turi


Turi

Untuk beberapa dari Anda mungkin sudah sangat familiar dengan tumbuhan ini.

Sebab bunganya yang memiliki warna putih ataupun merah keunguan dengan seiring bisa dimanfaatkan sebagai dari salah satu dari sumber makanan.

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah yaitu Sesbania grandiflora tersebut masuk tumbuhan legum yang bisa tumbuh berada di area yang tidak gembur sekali pun.

Memang sangat sering tanaman turi ini bisa juga Anda temukan di lahan yang cukup banyak akan kumpulan airnya.

Tumbuhan tersebut banyak juga Anda temukan di sebuah ketinggian sekitar seribu lima ratus meter yang ada di atas dari permukaan laut.


2. Petai Cina


Petai Cina

Tumbuhan tersebut banyak Anda manfaatkan untuk sebuah menghijaukan area serta juga sebagai mencegah erosi.

Petai cina memiliki nama lain yang tergantung asal dari tumbuhan tersebut berasal. Tanaman petai cina ini bisa memiliki tinggi yaitu kurang lebih sepuluh sampai dua puluh meter dengan kondisi cabang rendah.

Cukup banyak serta juga bentuk daun yang majemuk dan menyirip rangkap. Anak daun tanamn ini berada di setiap sirip yaitu 5 sampai 20 pasang. Terlihat berseberangan, serta garis memanjang serta juga runcing yang ada di ujung.


3. Telang


Telang
Telang

Tumbuhan telang mempunyai nama ilmiah yaitu Clitoria ternatea tersebut masuk sebuah tumbuhan legum merambat.

Tumbuhan tersebut mampu Anda temukan di sebuah halaman ataupun di pinggir hutan.

Mempunyai bunga yang terlihat warna biru jadi sering terdapat untuk bunga telang tersebut cukup sering digunakan langsung untuk pewarna untuk makanan secara alamiah.

Tidak untuk digunakan sebagai tumbuhan penghias saja, tumbuhan telang ini juga Anda manfaatkan untuk tumbuhan penangkap nitrogen.

Maka memang tidak bingung kalau tanaman yang tumbuh gembur di area telang bisa tumbuh dengan sangat subur.

Namun pada sekarang ini memang banyak yang mulai menanam tumbuhan telang untuk bisa dimanfaatkan bunga. Disebabkan bunga telang akan bisa menjadi minuman teh dengan warna biru.


4. Alfalfa


Alfalfa

Alfalfa ini mulai sering digunakan sebagai tumbuhan perputaran untuk suatu sistem tumbuhan pangan.

Hal ini dilakukan karena fungsinya yang bisa Anda jadikan buat tumbuhan penangkap nitrogen.

Untuk bisa melakukan sebuah budidaya tanaman alfalfa, maka tanah ini harus di kondisi pH yang berkisar sekitar 6,3 – 7,5


5. Gamal


Gamal

Tumbuhan yang dimasukkan ke dalam sebuah legum perdu tersebut memiliki sebuah ciri batang yang berwarna putih kecoklatan.

Untuk sistem perakaran terlihat kuat dan mempunyai bunga yang berwarna merah muda yang terletak di bagian ujung cabangnya yang tanpa daun.

Tumbuhan yang memiliki nama latin dengan Gliricidia sepium ini banyak mulai dijadikan sebuah pagar hidup yang ada di sekeliling perkebunan karena bisa hidup cukup lama.

Tanaman Gamal ini dianggap mudah beradaptasi langsung di lingkungan yang bertemperatur antara 20 sampai 30 derajat celcius.

Berada di ketinggian tempat sekitar 750 sampai 1.200 meter berada di atas sebuah permukaan laut.

Tumbuhan ini juga bisa bertahan untuk hidup di sebuah daerah kering yang memiliki curah hujan sekitar 75 mm/tahun.


6. Kacang Tanah


Kacang Tanah

Tanaman kacang tanah ini tumbuh subur di daerah Indonesia dan tidak heran jika telah banyak bentuk dari olahan makanan yang diketahui berasal dari tanaman kacang tanah.

Banyak para petani padi yang ada di Indonesia ini menanam kacang tanah tersebut setelah mereka panen padi.

Hal ini disebabkan karena kacang tanah ini terbukti bisa menyuburkan tanah dan bisa bersimbiosis langsung antara bakteri Rizobium biasa terdapat di sebuah akar untuk bisa menangkap nitrogen yang ada di atmosfer.

Maka memang tidak heran jika sebuah tanah yang telah ditanami tanaman kacang tanah ini akan menjadi sangat subur serta menjadikan tanah tersebut jadi siap untuk bisa ditanami kembali oleh jenis tanaman lainnya.


Inilah beberapa Jenis Tanaman Yang Bisa Menyuburkan Tanah tersebut secara alami. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.


Baca Juga :