Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Tetap Perhatikan Jumlah Konsumsi

Posted on

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Tetap Perhatikan Jumlah Konsumsi

manfaat kuning telur

Manfaat Kuning Telur – Telur sangatlah penting bagi tubuh kita, apalagi kuning telur yang mempunyai kandungan mineral, zat besi, vitamin serta kandungan gizi yang sangat tinggi.

Kuning telur merupakan bakal emrbio yang nantinya akan menjadi anak ayam. Banyak sekali yang beranggapan kalau kuning telur mengandung banyak kolesterol yang tidak baik untuk tubuh, akan tetapi semua itu tidak semuanya benar, ada banyak sekali kandungan yang ditemukan bahkan tidak ada di putih telur, di bawah ini admin sudah menyiapkan manfaat kuning telur.

Baca juga : Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Kuning Telur

Tabel Daftar Gizi Kuning Telur ((Cholesterol &Health,Chris Masterjohn, July 2005. Diakss 31 Oktober 2014 ))

Kandungan gizi kuning telurlah yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, berikut adalah beberapa kandugannya :

Mengandung Kolin

Kandungan nutrisi, mineral dan vitamin akan membantu meperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Kandungan kolin di dalam kuning telur meregulasi fungsi kardiovaskuler yang mampu menekan resiko gejala penyakit jantung.

Baca juga : Manfaat Kacang Panjang Yang Wajib Anda Ketahui

Mengandung banyak mineral

Zat gizi mineral essensial berfungsi untuk mengelola fungsi tubuh. Ada 13 macam mineral seperti selenium, potasium,magnesium dan besi terdapat dalam kuning telur.

Kaya Zat Besi

Pada ibu yang sedang mengandug akan ada kecenderungan mengalami kekurangan darah, hal ini dikarenakan kandungan dari hemoglobin yang menurun.

Baca Juga : Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kuning Telur Bagi Kesehatan

Meningkatkan Fungsi Otak

Kuning telur mempunyai kandungan AA dan DHA yang sangat cocok untuk meningkatkan fungsi otak manusia, kandungan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak, ibu hamil dan orang yang memang membutuhkan tambahan nutrisi guna menyeimbangkan fungsi syaraf dan otak.

Sumber Melengkapi Kebutuhan Gizi Tubuh

Kuning telur merupakan sumber utama dari kebutuhan gizi tubuh manusia, ada banyak sekali kandungan mineral dan vitamin pada kuning telur sehingga sangat penting untuk tubuh.

Baca Juga : Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Cantik Alami

Kesehatan Jantung dan Kardiovaskular

Jangan khawatir akan lemak yang terkandung pada telur karena dapat meningkatkan HDL, tentu hal ini sangat aman bagi kesehatan jantung dan juga masalah kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Khasiat ini diperoleh karena kandungan kolin yang sangat tinggi pada kuning telur.

Studi kasus yang dilakukan di University of Connecticut sudah membuktikan hubungan konsumsi telur dengan orang yang biasa mengkonsumsi telur 3-4 butir perharinya. Hasilnya pun membuktikan bahwa tidak ada peruhan terhadap kolesterol yang ada di dalam tubuh mereka, studi ini juga sudah direview oleh Dr. Maria-Luz Fernandez.

Meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)

Lemak yang ada di dalam telur memang akan membuat sebagian orang menjadi sangat khawatir untuk mengkonsumsi nutrisi sehati ini. Orang yang mempunyai tingkat HDL yang sangat tinggi biasanya akan sangat bisa menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, jantung dan berbagai macam kesehatan lainnya.

Baca Juga : 13 Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Sumber energi yang sangat besar

Kuning telur adalah salah satu makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan energi yang sangat ampuh, mempunyai kandungan lemak yang sangat tinggi tentu akan membuat anda langsung bersemangat. Jika anda merasa kekurangan energi atau merasa lemas ada baiknya kalau anda mengkonsumsi telur dari pada mengkonsumsi minuman berenergi yang berbahaya.

Baik Untuk Kesehatan Mata, Tulang, dan Gigi

Kuning telur mempunyai kandungan vitamin bermacam-macam seperti vitamin , A, D, E, K yang tentunya snagat membantu untuk kesehatan mata, gigi dan tulang. Bukan itu saja kuning telur juga mempunyai kandungan vitamin B12 atau bisa kita kenal dengan b kompleks yang sangat baik untuk tubuh kita.

Manfaat Kuning Telur Bagi Rambut

Manfaat kuning telur yang mempunyai kandungan Vitamin A, D, E, Lipid, Protein dan mineral bagus bagi kesuburan rambut. Bukan hanya itu saja protein yang ada pada telur akan bisa melapisi rambut dengan sempurna. Kandungan lemak atau lipid yang terdapat di kuning telur juga dipercaya mempunyai manfaat untuk membuat rambut menjadi lebih lembut. Untuk melembabkan rambut kering dengan kuning telur bisa dengan mencampurkan kuning telur, minyak almond, madu dan minyak zaitun.

Oleskan pada rambut lalu kemudian tutup dengan rambut, setelah kira-kira meresap lalu cuci rambut sampai bersih. Untuk kulit yang berminyak juga bisa dilakukan treatment creambath menggunakan kuning telur yang dicampurkan dengan perasan jeruk.

Oleskan dan biarkan ramuin ini hingga meresap sampai ke kulit kepala sekitar 30 menit. Setelah itu lakukan pembilasan hingga bersih.

Baca Juga : Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Demikianlah ulasan mengenai manfaat kuning telur untuk tubuh, untuk ulasan menganai manfaat lainnya kunjungi saja terus Website Kami