Jenis Kelinci Lionhead : Ciri-Ciuri Kelinci Lionhead

Posted on

Kelinci Lionhead

Kelinci Lionhead

Kelinci Lionhead – adalah salah satu ras yang lebih baru dari kelinci domestik di Amerika Serikat, dan baru-baru ini lulus proses presentasi American Rabbit Breeders’ Association ‘dan telah diakui di ARBA breed dalam varietas Tortoise dan Ruby Eyed White .

Baca Juga : Cara Ternak Kelinci Yang Baik dan Benar

Pada 1 Februari 2014 mereka menunjukkan untuk Best in Show dan menerima Leg dari Grand Champion seperti yang lain dari keturunan yang diterima. Kelinci Lionhead memiliki surai wol melingkari kepala, seperti singa jantan.

Ciri khas lain dari Lionhead termasuk kepala high mount, tipe tubuh tegak kompak , pendek baik-berbulu kompak, telinga 2 “- 3”, dan berat biasanya antara 2 1/2 pound tetapi tidak lebih dari 3 3/4 pound.

Kelinci Lionhead memiliki, tubuh yang kompak kecil, dan kepala tebal, namun tidak cukup bulat dari semua sisi, dengan moncong berkembang dengan baik. Kaki mereka medium length dan mereka mempunyai tulang menengah. telinga mereka panjangnya tidak melebihi 3 inci.

Mane mereka di setidaknya memiliki panjang 2 inci dan membentuk lingkaran penuh di sekitar kepala, memperluas ke ‘V’ di bagian belakang leher. Ini mungkin jatuh ke pinggiran antara telinga, menciptakan “topi wol”.

Lionheads memiliki mantel rollback normal panjangnya menengah diatas pelana, dan beberapa memiliki “wol transisi” pada sisi-sisi mereka. Beberapa Lionheads memiliki wol di pipi dan dada.

Kelinci lionhead memiliki kepribadian ramah dan merupakan hewan peliharaan yang populer di Amerika Serikat.

Sejarah

Kelinci lionhead berasal dari Belgia. Hal ini telah dihasilkan oleh peternak yang mencoba untuk mengembangbiakan kelinci kerdil panjang dilapisi dengan menyerupai sebuah miniatur Swiss Fox dan Netherland Dwarf.

Hal ini mengakibatkan mutasi menyebabkan wol genetik muncul sekitar kepala dan di sisi-sisi. gen ini telah dikenal sebagai “surai” gen. Ada banyak laporan lain yang serupa dengan ini, misalnya bahwa Lionhead telah dibesarkan dari Netherland Dwarf dan Jersey Wooly,

Baca Juga : Cara Ternak Rat (Tikus Putih)

tetapi tidak ada yang telah dibuktikan, karena gen mane terpisah dari gen yang menciptakan mantel wol pada kelinci wol. Kelinci Lionhead terus mendapatkan popularitas di Eropa, dan Lionheads menemukan cara mereka ke Amerika Serikat pada akhir 1990-an.

Di Inggris, British Rabbit Council telah mengakui breed Lionhead sejak tahun 2002. Di Amerika Serikat, breed di “Certificate of Development” status dengan American Rabbit Breeders’ Association (ARBA).

Proses COD melibatkan penyajian breed untuk panitia Standar ARBA pada konvensi tahunan organisasi dan acara. Proses ini mensyaratkan bahwa ada tiga presentasi sukses dalam waktu lima tahun agar breed diakui, dan termasuk dalam ARBA Standard of Perfection.

The North American Lionhead Rabbit Club (NALRC) memegang acara Lionhead khusus Pameran tahunan di Columbus, Ohio. Biasanya, jenis Lionhead diwakili oleh sekitar 300-500 entri dan 50-80 peserta pameran dari seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Jenis Mane

Biasanya, surai tebal, berbulu dan lembut dengan jelas “crimping”. Tergantung pada jumlah gen Lionhead mendapat dari setiap orangtua, dapat memiliki surai ganda (dua gen mane) atau mane tunggal (satu gen mane).

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kelinci single mane atau mane ganda adalah ketika pertama kali lahir.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora

Sebuah surai ganda Lionhead akan memiliki bentuk V terlihat di sekitar rok mereka / panggul, sementara mane tunggal akan terlihat seperti kelinci umum langsung setelah kelahiran. Masa lalu itu, banyak faktor yang berkontribusi terhadap berapa banyak mane setiap individu.

Single Mane

Lionhead single mane hanya memiliki satu salinan gen mane. Lionhead ini biasanya tidak memegang surai untuk seluruh hidup mereka. Mereka memiliki surai yang dapat sekitar kepalanya, telinga, dagu dan kadang-kadang di dada dan pantat.

Lionhead single mane biasanya produk dari dua mane trah Lionhead yang dibiakkan untuk memperkuat karakteristik tertentu, atau untuk memperkenalkan warna tertentu ke dalam breed Lionhead. Kit lahir tanpa salinan gen surai disebut “no maned.”

Double Mane

Lionhead double mane memiliki dua salinan gen mane. Mereka biasanya memiliki surai tebal dari wol melingkari kepala dan kadang-kadang memiliki bulu pada sisi-sisi mereka yang beberapa sebut sebagai “rok.”

Seekor Lionhead double mane adalah produk baik dua Lionheads maned tunggal (akan memiliki surai tunggal dalam litter) atau dua lionheads maned ganda.

Emosi

Dalam kebanyakan kasus Lionhead adalah hewan peliharaan ramah dan menyengkan. Hal ini dimungkinkan untuk melatih Lionhead karena mereka adalah makhluk yang sangat cerdas. Mereka bisa memahami perintah tertentu seperti datang, bermain, dan makan.

Ciri-ciri kelici lionhead

Jenis kelinci lionhead ini memiliki ciri yang sudah sangat berbeda dari kelinci jenis lain seperti kelinci rex kelinci lokal kelinci lop dan lainya.

  • Memiliki bentuk kepala yang menyerupai kepala singa
  • Memiliki bulu-bulu halus yang menutupi seluruh tubuhnya dan pada
  • bagian kepala memiliki bulu yang agak sedikit panjang• Telinga kelinci kecil atau mungil
  • Memiliki bentuk yang imut atau lucu
  • Memiliki varian warna bulu seperti warna coklat, hitam, abu-abu, kuning, putih dan lainnya

Demikian Artikrel Dari duniapeternakan.com mudah2an bermanfaat….