√ Cara Ternak Jalak Kebo : Memilih Indukan, Lokasi Kandang, Pemberian Pakan, Perkawinan, Perawatannya

Posted on

A. Memilih Indukan Jalak Kerbau

Burung yang baik untuk dijadikan indukan serta siap dikawinkan harus lah dipilih dengan benar, Burung jantan yang ingin dijadikan indukan yakni setidaknya telah berumur 2 tahun dan dengan postur tubuh yang sehat dan juga tidak cacat

Baca Juga : Cara Sukses Budidaya Burung Lovebird

Cara Ternak Jalak Kebo – sama halnya dengan jantan, yang betina pun seperti itu. Anda bisa membeli indukan itu pada peternak yang pastinya anda sudah mengetahui betul mana burung yang sudah siap kawin.

seperti gambar berikut

Cara Ternak Jalak Kebo
Apabila anda hanya mempunyai burung jantan dan anda pun akan mengawinkannya dengan betina, sebelum anda dimasukan dalam kandang yang sama, pisahkan lah terlebih dahulu pada kandang maupun sangkar yang berbeda serta diletakan berdekatan.

Tujuan dilakukan hal tersebut yakni supaya kedua calon indukan saling mengenal. Jika burung itu saling berdekatan serta berinteraksi berarti kedua calon indukan itu sudah bisa disatukan dalam satu kandang.

B. Lokasi Kandang atau Sangkar

Untuk melakukan ternak jalak tersebut sebaiknya anda pilih lokasi yang sepi, jauh kan dari keramaian baik itu manusia maupun kendaraan. Karena jika lokasi tersebut mempunyai suasana yang gaduh dan bisa menyebabkan burung tersebut tidak mau bertelur.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Kenari

Maka bualah kandang maupun Sangkar itu di halaman belakang rumah anda serta kandang maupun sangkar tersebut diusahakan mendapatkan sinar matahari di saat pagi.

seperti gambar di bawah ini

√ Cara Ternak Jalak Kebo : Memilih Indukan, Lokasi Kandang, Pemberian Pakan, Perkawinan, Perawatannya

ukuran yang ideal yakni sekitar 80 x 100 x 170 cm. kandang itu dibuat dari kawat strimin berukuran sedang. Di bagian tengah ini diletakkan juga ranting atau jika terdapat pohon yang rendah untuk bertengger burung tersebut.

Bagian lantai kandang nya pun juga sebaiknya disemen serta diberi jalan air supaya air yang masuk dalam kandang ini tidak menggenangi kandang.

Baca Juga : Cara Ternak Jalak Suren

Pada bagian atas kandang juga diberikan kotak kayu yakni untuk tempat bertelur, dalam kotak tersebut bagian dalamnya diberi jerami kering yakni untuk tempat meletakan telur dan mengeraminya.

C. Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan terhadap burung ini pun juga akan berpengaruh terhadap proses perkawinan, maka dari itu berikan lah pakan yang mempunyai nutrisi tinggi seperti jangkrik, ulat bambu, dan ulat jerman, lalu diselingi dengan pakan berupa voer.

Burung yang sedang bertelur ini diberi pakan yakni berupa pakan yang berprotein tinggi pula yakni seperti ulat hongkong serta pisang kepok matang.

D. Perkawinan ternak jalak kebo

Cara ternak jalak kebo yang selanjutnya ialah mengenai perkawinan ternak jalak kebo. Sebelum anda melakukan proses kawin, terlebih dahulu anda harus dilakukan penjodohan.

cara menjodohkan ternak burung jalak kebo adalah dengan memisahkan keduanya terlebih dahulu terhadap sangkar yang berbeda dalam posisi yang berdekatan supaya saling mengenal.

Apabila kicauan mereka ini saling beradu, maka tandanya mereka sudah saling menyukai satu sama lain serta segera satukan dalam satu kandang supaya mereka berkawin.

Apabila burung tersebut itu sudah melakukan kawin, biasanya selang 1 minggu kemudian dia pun akan bertelur. Telur burung jalak kebo sendiri akan menetas dalam waktu 17 hari pengeraman.

E. Perawatan anakan jalak kebo

Dalam melakukan perawatan anakan jalak kebo sendiri, kalian dapat memberikan pakan yakni dengan gizi yang seimbang untuk pertumbuhannya.

Caranya yakni dengan memberi pakan kepada induknya tersebut karena biasanya anakan itu akan disuapi oleh induknya sendiri.
seperti gambar berikut

Cara Ternak Jalak Kebo

Tetapi jika induk ini merasa kewalahan, pisahkan lah anak dari induknya serta lakukanlah penyuapan yakni dengan menggunakan pipit. proses penyuapan pakan itu membutuhkan waktu yakni selama kurang lebih dari 2 sampai 3 bulan hingga tumbuh bulu pada tubuh anak jalak kebo.

F. Penjemuran serta kesehatan jalak kebo

Cara ternak jalak kebo yang terakhir ini ialah dengan menjaga kesehatan ternak jalak kebo sendiri.

Kesehatan dapat dijaga dengan melakukan penjemuran, karena langkah itu sangat penting untuk menambah asupan vitamin alami yang berupa vitamin D dan baik untuk pertumbuhan tulangnya.

Sebelum dilakukannya penjemuran alangkah baiknya ternak burung jalak kebo untuk dimandikan terlebih dahulu supaya terlihat bersih.

Waktu penjemurannya sendiri burung jalak kebo yang baik yakni pada saat pagi hari sebelum matahari akan mengeluarkan panas yang berlebih. Lakukanlah disetiap hari kecuali jika cuacanya sedang tidak bersahabat.

Baca Juga : Cara Ternak Red Siskin

Proses pencegahan dari berbagai hama serta penyakit dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, baik itu kebersihan tubuh burung itu sendiri ataupun juga kebersihan kandang serta lingkungannya.

Waktu yang baik untuk menjaga kebersihan adalah seminggu dua kali dengan diguyur air serta dibersihkan dengan sabun. Setelah dilakukan pencucian tersebut, pastikan kelembaban tetap terjaga supaya tidak digunakan sebagai tempat tumbuhnya hama serta penyakit.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.