Manfaat Bekam Menurut Medis dan Non Medis Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

Manfaat Bekam Menurut Medis dan Non Medis Yang Wajib Anda Ketahui

manfaat bekam

Manfaat Bekam – Di masa Dinasti Tang, terapi bekam sudah digunakan untuk mengobati TBC paru-paru. Meskipun hal tersebut berbeda dengan di daerah Eropa. di mana, praktek bekam tidak boleh dilakukan lagi sejak akhir abad ke-19 karena dokter berpendapat bahwa pasien-pasien yang telah melakukan terapi bekam menjadi lebih lemah dan juga mudah terkena infeksi. Hal ini dikarenakan alat-alat yang dipakai tidak higienis sehingga semakin beresiko terkena nya infeksi bakteri.

Baca Juga : 11 Manfaat Sayur Bayam Yang Harus Anda Ketahui

1.Manfaat Menurut Dunia Medis

Manfaat Bekam – Dalam dunia medis, ada perbedaan pendapat dari penelitian tentang terapi bekam berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan terkait terapi bekam tersebut, terutama tentang manfaat bekam sendiri.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengatakan bahwa terapi bekam tidak memiliki keterkaitan dengan darah kotor yang menurut masyarakat non-medis dikeluarkan saat proses terapi pembekaman berlangsung.

Hal ini dikarenakan fungsi detoksifikasi (pengeluaran racun) sebenarnya ialah sudah dilakukan oleh organ ginjal dan juga hati. Sehingga kalaupun ada darah yang keluar saat proses terapi pembekaman, itu hanyalah sebagian kecil dari seluruh darah kotor yang ada di dalam tubuh kita dan dikeluarkan oleh organ ginjal dan juga hati.

Akan tetapi meski demikian, banyak juga yang mengatakan bahwa terapi bekam mempunyai efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

2.Manfaat Menurut Dunia Non-Medis

Dalam dunia non-medis, terapi bekam ini yang lama dikenal sebagai pengobatan alternatif memang sering dikaitkan dengan teori masuk angin dan juga darah kotor. Yang mana, dalam dunia medis kedua hal tersebut sebenarnya tidak lah memiliki relevansi yang jelas.

Teknik terapi bekam dalam dunia non-medis ini dilakukan dengan dua cara, diantaranya yaitu terapi bekam basah dan juga terapi bekam kering. Terapi bekam basah ini merupakan  metode yang biasanya dilakukan oleh para terapis yaitu dengan cara mengeluarkan darah.

Sedangkan terapi bekam kering ini merupakan metode kebalikannya, yaitu tidak mengeluarkan darah, akan tetapi terapi hanya dilakukan dengan cara menempatkan mangkuk vakum di atas kulit sehingga tidak ada darah yang keluar.

Baca Juga : Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia : Yang Terakhir Gak Nyangka Banget

Manfaat Terapi Bekam Lainnya

Terlepas dari berbagai fungsi yang telah disebutkan baik secara medis maupun non-medis, beberapa fungsi dari terapi bekam yang telah diakui secara umum, antara nya ialah :

1.Untuk Kepala

Beberapa manfaat dari terapi bekam sendiri di kepala yang dipercaya sebagai metode untuk mengeluarkan materi berbahaya pada bagian kepala dan juga sekitarnya, diantaranya ialah:

  • Mengobati migrain
  • Mengobati rasa pusing
  • Menyembuhkan stroke
  • Menyembuhkan Parkinson
  • Menyembuhkan vertigo
  • Menurunkan darah tinggi atau menormalkan hipertensi
  • Mengobati sakit gigi
  • Mengobati masalah mata, hidung dan telinga.
  • Mencerdaskan otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat; sera

2.Manfaat pada Wajah

manfaat dari terapi bekam yang dilakukan pada wajah dipercaya mampu memiliki manfaat untuk mengangkat bakteri pada wajah, mencegah dan juga mengobati jerawat yang muncul, dan menyehatkan kulit wajah karena menyebabkan peredaran darah menjadi lancar yang terjadi di wajah dan sekitarnya.

Baca Juga : Manfaat Air Jahe Bagi Kesehatan Yang Harus Kita Ketahui

3.Manfaat untuk Jantung

Sebagaimana telah dipercara oleh masyarakat non-medis bahwa terapi bekam bisa mengeluarkan darah kotor (darah yang terkontaminasi dengan racun) dari dalam tubuh kita, maka secara tidak langsung terapi bekam ini juga menjadi faktor dalam memperlancar peredaran darah yang terjadi di dalam tubuh.

Sehingga jika peredaran darah lancarm maka bisa dipastikan bahwa kondisi jantung akan selalu sehat. Hal ini dikarenakan fungsi jantung yang salah satunya ialah sebagai pemompa darah ke seluruh bagian tubuh kita.

demikianlah artikel dari Blog Kami tentang manfaat dari bekam, semoga menambah wawasan anda semua.