√ Cara Ternak Gelatik Jawa : Mempersiapkan Indukan, Memilih Indukan yang Bagus

Diposting pada

Beternak Burung Gelatik ini mungkin tergolong agak mudah jika dibandingkan burung kicau lainnya. Bahkan budidaya Burung Gelatik pada saat ini juga lumayan menguntungkan, mengingat populasi burung jenis ini pun juga semakin langka. Hal penting supaya budidaya burung Gelatik berhasil ialah keseriusan dan ketelatenan.
seperti gambar di bawh ini

Bahkan pakannya yang mudah, dan juga kandang yang kalian butuhkan pun tidak lah terlalu besar dan mudah untuk dibuat.

A. Lokasi Kandang

Salah satu yang paling penting dalam budidaya burung gelatik ialah lokasi penangkarannya. Lokasi penangkaran paling cocok merupakan tempat yang jauh dari rumah penduduk. Pastikan supaya lokasi penangkaran burung gelatik jawa ini mempunyai suasana tenang. Serta jauh dari suara ataupun gangguan karena bisa membuatnya stress. Lokasi kandang ini pun juga akan menentukan keberhasilan budidaya burung gelatik sendiri.

B. Kandang Budidaya

Ukuran kandang dapat berdampak bagi kesehatan dan produktivitas burung. Jangan membuat kandang yang terlalu besar karena ini akan menjadikan burung gelatik akan terlalu banyak terbang. Sampai menguras energi yang banyak untuk bergerak dari pada untuk bereproduksinya sendiri.
seperti gambar berikut


Ukuran kandang yang idealnya ialah yang berukuran 30 cm x 40 cm jika ingin menangkar pasangnya. Bahan untuk pembuatan kandang bisa dari kerangka besi maupun kerangka kayu. Lalu tutuplah dengan memakai kawat kasa yang berukuran 1 cm x 1 cm. Untuk bagian atap kalian juga dapat memakai seng, asbes, genting maupun tripleks.

Ini akan membuat sinar matahari yang tidak masuk ke kandang secara maksimal, sehingga sangat disarankan buat memakai kawat kasa. Sinar yang akan masuk akan dimanfaatkan untuk burung berjemur setelah burung mandi. sebab burung gelatik jawa ini sangat lah suka membasahi bulunya menggunakan air.

C. Mempersiapkan Indukan

Untuk memulai penangkaran, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan secara benar. Salah satunya ialah pemilihan calon induk. Supaya penangkaran bisa berhasil dengan baik, maka penentuan indukan yakni sebagai F1 harus lah juga yang benar-benar terbaik.

D. Memilih Indukan yang Bagus

Jika kalian dapat mendapatkan indukan berkualitaa bagus dapat dipastikan jika penangkaran bisa berjalan maksimal. Indukan yang sangat berkualitas baik pastinya yang berasal dari burung berkualitas baik juga.

Harus diketahui karena kesuburan, warna, dan hal lainnya merupakan bersifat genetis yang diturunkan dari induk gelatik jawa ke anaknya. Jadi dengan induk yang berkualitas baik dapat memperoleh anakan yang berkualitas baik juga. Dengan induk yang berkualitas seperti ini kalian juga akan mendapatkan 50% keberhasilan. Sisanya tergantung pada cara perawatan gelatik jawa yang kalian lakukan.

E. Membedakan Jenis Kelamin Gelatik

Salah satu cara penangkaran gelatik yakni dengan membedakan jenis kelamin burung gelatik yang cukup susah. Penampilan fisik dari burung jantan gelatik serta yang betina hampir serupa. Untuk dapat membedakan jenis kelaminnya, kalian harus lah mengamati secara seksama dibagian paruh, suara sampai matanya.

Burung gelatik yang jantan biasanya dia akan mempunyai pangkal paruh yang lebih tebal, dan berwarna lebih tajam serta cantik. Matanya pun juga akan terlihat lebih cerah dan bersinar. Kicauannya pun biasanya akan lebih bertenaga dan lebih sering berkicau jika dibandingkan dengan burung gelatik jawa betina.
seperti gambar di bawah ini


Gelatik yang betina biasanya dia memiliki paruh yang lumayan tipis, dan mempunyai warna yang akan lebih muda. Warna matanya pun juga sedikit pudar. Ukuran tubuhnya yang relatif lebih kecil jika dibandingkan pejantannya. Suara kicauannya pun juga tergolong jarang serta monoton.

F. Pemberian Pakan

Supaya nutrisi pada burung gelatik terpenuhi, kalian juga perlu memberikan pakan yang masih segar serta bervariasi. Kalian bisa memberikan vitamin terhadap burung gelatik jawa. Untuk pakan burung gelatik jawa sangat dianjurkan jika untuk memberikan pakan yang alami. Tapi tidak masalah jika kalian memberikan gelatik jawa pakan buatan.

Atau kalian bisa memberikan mereka pakan campuran dari keduanya. Pemberian pakan tambahan perlukan anda lakukan untuk memacu pertumbuhan serta meningkatkan sistem ketahanan tubuh burung gelatik. Seperti memberikan ulat hongkong, cacing, jangkrik, belalang dan orong-orong.

G. Telur

Burung gelatik yang betina pada umumnya dapat bertelur empat sampai enam butir telur. Telur-telur gelatik jawa sendiri biasanya akan berwarna putih. Umumnya indukan ini akan bertelur setelah 7 sampai 14 hari dijodohkan, indukan ini juga pada umumya akan menghasilkan telur.
seperti gambar di bawah ini

Proses penetasan telur sendiri akan berlansung setelah 18 hari dimasa pengeraman. Apabila akan dirawat oleh indukan, piyikan burung gelatik jawa akan mulai keluar sarang saat sudah berumur 28 hari. Saat usia tersebut burung yang sudah bisa dipasangi ring dipasarkan atau dirawat sampai usia dewasa.

demikianlah artikel dari duniapeternakan.com mengenai √ Cara Ternak Gelatik Jawa : Mempersiapkan Indukan, Memilih Indukan yang Bagus , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

[irp posts=”340″ name=”√ Cara ternak Sugar Glider : Persiapan Kandang, Pemilihan Indukan, Pemberian Pakan”]

[irp posts=”335″ name=”√ Cara Ternak Falk : Pemilihan Indukan, Membedakan Jenis Jantan Dan Betina, Perjodohan, Proses Bertelur”]

[irp posts=”330″ name=”√ Cara Ternak Ikan Discus : Persiapan, Penebaran Induk, Pemeliharaan dan Pemberian Pakan”]

[irp posts=”324″ name=”√ Cara Ternak Burung Dara : Persiapan Kandang, Pakan Hingga Penetasan”]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.