√ Cara Ternak Falk : Pemilihan Indukan, Membedakan Jenis Jantan Dan Betina, Perjodohan, Proses Bertelur

Diposting pada

Pengertian

Burung Falk Australia juga sering disebut dengan Kakak Tua Mini maupun yang lebih akrab disapa yakni Burung Parkit Australia yang merupakan burung tergolong mudah untuk dilatih dan jinak. Burung flak Australia ini juga tergolong kedalam hewan yang sangat pintar dan pandai serta dapat menirukan berbagai macam suara yang di sekelilingnya. Ciri khas yang sangat mudah dilihat terpada kepalanya yang memiliki jambul, serta warna bulu bulunya yang enak dipandang mata dan juga tingkah lakunya yang unik.
seperti gambar di bawah ini

√ Cara Ternak Falk : Pemilihan Indukan, Membedakan Jenis Jantan Dan Betina, Perjodohan, Proses Bertelur
Burung ini juga tak jarang sering dijadikan sebagai burung free flight, yang artinya bisa kembali kepada pemiliknya apabila dilepas ke alam bebas. Tentunya harus lah di latih terlebih dahulu. Unggas satu ini juga sudah banyak di tangkarkan di Indonesia, contohnya yakni jenis Parkit Australia yang biasa (terdapat tompel di bagian pipi), dan jenis White Face maupun Yellow Face yang (tidak ada tompelnya), serta jenis Lutino dan jenis Albino. Harga burung falk ini terbilang fantastis, baru berumur kurang lebih dari 3 bulan saja sudah dibandrol dengan mahal yakni jutaan rupiah

Maka dari itu ternak falk australia juga sangat menjanjikan bila dikembangkan dan dirawat secara baik dan benar. Cara budidaya Burung Flak Australia juga sangat lah mudah. Salah satu dari ke untungan budidaya burung ini adalah dapat mengembangkan sampai menghasilakan berbagai warna bulu baru dari hasil mutasi.

Sudah disebutkan tadi, untuk cara budidaya burung falk Australia terbilang sangat lah mudah, berikut adalah langkah-langkahnya, di antara lain :

A. Kandang Budidaya

Cara budidaya Burung Falk Australia pertama ialah membuat kandang, untuk kandangnya sendiri dapat menggunakan kandang koloni alias aviary dan dapat soliter yakni (1 kandang di isi satu pasang burung). Tambahkan tengeran yang terdapat bagian kandang dan jangan lupa kotak sarang atau (geledok), tak perlu anda menambahkan tanaman hidup maupun pun buatan.
seperti gambar di bawah ini

√ Cara Ternak Falk : Pemilihan Indukan, Membedakan Jenis Jantan Dan Betina, Perjodohan, Proses Bertelur
Untuk isi kandang yang harus disediakan adalah sebagai berikut, di antara lain :

1. Sediakan wadah pakan serta juga minum.
2. Sediakan juga bak mandi yang berisi air bersih dan diletakkan pada bagian bawah kandang.
3. Berikan juga tulang sotong dengan cara di gantungkan dekat tempat pakan serta minum untuk mencukupi akan kebutuhan kalsium selama perkembangbiakan sedang berlangsung.
4. Sediakan juga buah buahan segar, dianjurkan untuk mengganti di setiap harinya.
5. Jangan lupa juga anda berikan sayur-sayuran yakni sebagai pelengkap nutrisi.

B. Memilih Indukan

Salah satu kunci sukses dalam Cara Budidaya Falk Australia adalah mencari indukan terbaik, yakni dengan memilih sepasang indukan betina serta jantan. Indukan yang sangat bagus wajib lolos dari persyaratan umum contohnya mempunyai umur matang (untuk usia matang jantan serta betina kurang lebih 12 sampai 15 bulan), selain itu juga harus matang juga kelaminnya.

Umur indukan jantan sangat dianjurkan lebih tua jika dibandingkan dengan sang betina, hal ini supaya betina tidak kalah dari segi mental apa bila sudah di satukan di dalam satu kandang. Sebaiknya menghindari indukan yakni dengan umur yang belum menginjak 12 bulan, hal itu dikarenakan bisa menimbulkan berbagai masalah seperti telur infertile, daya tetas rendah dan tingginya risiko adanya egg biding.

C. Membedana Jenis Jantan dan Betina

Pada usia masih muda membedan jenis kelamin-nya akan terbilang sulit, jenis jantan maupun betina sudah dapat terdeteksi antara kisaran dari usia 6 sampai 8 bulan. Untuk Burung Falk Australia yang mudah untuk dibedakan jenis kelamin-nya ialah parkit australia dewasa non mutasi yakni dengan warna asli abu abu di bagian area wajah. Sang jantan akan mempunyai warna bulu di wajah yang berwarna kuning cerah dan yang betina juga akan berwarna kuning pucat.

Sedangkan untuk warna bulu di keseluruhan berwarna abu abu gelap dan bagian betina berwarna abu abu yang kusam, terkadang coklat kelabu. Untuk betina bulu ekornya juga terdapat pola bergaris di bagian bawah.

D. Perjodohan Burung

Proses perjodohan akan dilakukan saat indukan terbaik sudah di dapatkan. Disarankann yakni untuk tidak memberikan gelodok terlebih dahulu, masukkan lah kotak sarang ketika kedua burung tersebut sudah terlihat tanda tanda cocok. Berikut ini ialah tanda-tanda burung sudah berjodoh, antara lain :

1. Sang jantan akan terlihat suka mematuk benda atau (kawat, dinding, serta juga tenggeran) di sekelilingnya yakni dengan cara membenturkan paruhnya. Hal ini adalah salah satu cara menarik perhatian sang betina.
2. Untuk menarik bertina sang jantan juga akan lebih sering mengembangkan kedua sayapnya sendiri.
3. Sedangkan bagi sang betina akan memeriksa kotak sarang lalu akan kembali keluar. Kemudian sang jantan akan masuk ke dalam gelodok yakni untuk mengecek kondisi kandang tersebut lalu setelah usai memanggil betina masuk untuk melakukan proses perkawinan.
4. Sang jantan Burung Falk Australia juga mulai mengeluarkan suara panggilan kawin yakni untuk sang betina.

E. Proses Bertelur

Ketika proses kopuasi alias perkawinan sudah selesai dan berlangsung tidak hanya sedakli, indukan sang betina juga akan mulai bertelur pasca beberapa hari setelah itu. Setelah itu jangan lupa yakni sediakan bak air bagi betina dan untuk dijadikan tempat berendam. Bak mandi ini juga berfungsi sebagai tempat untuk melembabkan sarang serta telur telurnya nanti.
seperti gambar berikut

√ Cara Ternak Falk : Pemilihan Indukan, Membedakan Jenis Jantan Dan Betina, Perjodohan, Proses Bertelur

Di alam liar, Burung Falk Australia yang betina akan mengeluarkan telurnya yakni kurang lebih 3 sampai 10 butir. Tetap untuk penangkaran maupun budidaya indukan dapat bertelur kurang lebih 3 sampai 8 kali, akan tetapi kebanyakan hanya mengeluarkan 4 sampai 5 butir. Setelah telur-telur ketiga ini mulai keluar, sang betina juga akan mulai mengerami. Ini bertujuan supaya nantinya telur bisa menetas secara bersamaan.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Cara Ternak Falk : Pemilihan Indukan, Membedakan Jenis Jantan Dan Betina, Perjodohan, Proses Bertelur, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

[irp posts=”330″ name=”√ Cara Ternak Ikan Discus : Persiapan, Penebaran Induk, Pemeliharaan dan Pemberian Pakan”]

[irp posts=”324″ name=”√ Cara Ternak Burung Dara : Persiapan Kandang, Pakan Hingga Penetasan”]

[irp posts=”319″ name=”√ Cara Ternak Jalak Suren : Memilih Calon Indukan, kandang, Pakan, Penjodohan, Perawatan”]

[irp posts=”314″ name=”√ Cara Ternak Domba : Pemilihan Bibit, Perkawinan, kelahiran, Proses panen”]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.