√ Cara Ternak Bebek Petelur 100 % Menghasilkan – Duniapeternakan.com

Posted on

Cara Ternak Bebek Petelur – untuk sebagian orang beternak merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan tentunya tidak mudah untuk dilakukan oleh sembarang orang. Seorang peternak seharunya mempunyai keahlian yang khusus untuk memelihara hewan ternak dengan baik, ada banyak sekali hewan ternak yang bisa dibudayakan.

Seperti yang satu ini yaitu ternak bebek petelur yang tentunya sudah sangat populer. Bebek petelur juga sangat banyak digemari oleh masyarakat. Tidak hanya karena mudah untuk perawatannya, tetapi anda juga harus memperhatikan bagaimana cara budidaya bebek supaya tetap sehat dan tetap produktif.

Cara Ternak Bebek Petelur

Untuk beternak bebek petelur tentunya memerlukan suatu persiapan yang sangat matang hal ini dilakukan supaya kegiatan beternak bisa sukses. Beternak bebek petelur cukup sangat menggiurkan untuk mendapatkan keuntungan, hal inilah yang mendasari orang orang beternak bebek karena bisa menjadi mata pencahariannya.

Sekilas beternak bebek petelur terlihat sangat mudah akan tetapi ternyata pandangan itu bisa dikatakan salah karena beternak bebek petelur tidaklah mudah, perlu kesabaran ekstra dan juga tekan yang besar untuk menjadi suskse dalam menjalankan ternak bebek petelur seperti ini.

Maka dari itu kita harus mengetahui step by step dalam beternak bebek petelur itu seperti apa, nah di bawah ini sudah saya siapkan beberapa tips supaya sukses dalam beternak bebek petelur :

1. Persiapan Yang Matang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa kita harus mempunyai persiapan yang sangat matang untuk beternak bebek petelur. Mulai dari menyiapkan kandang hingga persiapan yang lainnya. Kandang tentu sangat penting untuk ternak bebek petelur, dalam pembuatan kandangnya juga anda harus memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini :

A. Siapkan Kandang Bebek Dengan Kondisi Yang Nyaman

Kandang bebek petelur harus tetap kering, bersih dan nyaman. Dinding utama dari kandang bebek ini haruslah tertutup tapi harus sedikit terbuka juga. Hal ini dikarenakan bebek akan merasa takut jika harus melihat ada hewan lainnya seperti anjing atau kucing yang lewat di dekat kandang bebek.

Fungsi dari kandang bebek petelur dalam kondisi tertutup supaya memungkinkan sedikit terbukanya sirkulasi udara dan angin supaya tidak masuk secara langsung ke dalam kandang. Berikut di bawah ini spesifikasi dari kandang yang baik itu seperti apa :

  • Kelembapan udara yang baik sekitar 60 %
  • Untuk suhu kandang bebek petelur yang baik dari 35-40 derajat C
  • Sediakan wadah makan dan minum untuk bebek petelur
  • Harus mempunyai cahaya yang cukup

Kandang merupakan faktor utama yang harus anda siapkan dengan sangat matang pada saat akan beternak bebek petelur. Hal ini untuk kebaikan anda sendiri, dengan adanya kandang tentu anda tidak akan kesusahan untuk mengkondisikan bebek ternak milik anda.

B. Ruang Gerak Kandang

Kenyamanan juga bisa diukur dari ruang kandang bebek petelur yang tidak terlalu sempit untuk ukuran idealnya 1 M persegi bisa ditempati untuk dua ekor bebek.

Ruang gerak pada kandang bebek ini sangatlah penting, hal ini dikarenakan dalam hal makan dan minum bebek tidak suka untuk berdesak desakan tetapi bebek lebih suka untuk bergantian.

C. Tinggi Kandang

Bukan hanya lebar ruang kandang saja yang diukur, tapi tinggi kandang bebek petelur juga harus di ukur. Tinggi kandang bisa disesuaikan dengan tinggi badan anda bahkan jika lebih tinggi sedikit itu lebih bagus lagi.

D. Penerangan Kandang

Penerangan dilakukan tentunya supaya lebih mudah untuk mengasi bebek dan juga bisa membuat bebek merasa lebih nyaman, selain itu juga dapat menambah hangat ruangan pada saat malam hari.

E. Suhu Ruang Kandang

Perhatikan suhu raung kandang ternak bebek anda, usahakan kandang bebek petelur sama dengan ruangan tidak terlalu panas atau dingin. Suhu kandang bebek biasanya berkisaran antara 27-30 derajat C.

2. Pembibitan

Untuk langkah selanjutnya ialah pembibitan dari bebek petelur, hewan yang baik tentunya berasal dari bibit yang baik juga, maka dari itu pilihlah bibit yang berkualitas dan unggul, untuk bibit yang berkualitas tentunya dapat diperoleh dengan harga yang lebih mahal.

3. Perawatan

Untuk tahap berikutnya ialah melakukan perawatan pada bebek, pada tahap ini ialah tahapan yang paling penting karena dengan melakukan perawatan dengan baik maka dapat menghasilkan bebek petelur dengan kualitas yang baik juga.

Bebek yang masuk dalam tahap perawatan harulah di masukan kekandang khusus induk. Anda harus tetap menjaga suhu kandang supaya panasnya tetap merata dan harus mendapatkan perawatan yang sama dan tidak boleh pilih kasih.

Batas maksimu untuk ditempati oleh bebek yang kandangnya berukuran 1 meter bisa di tempati oleh sekitar 50 ekor bebek. Kebersihan dari kandang juga harus tetap terjaga dengan sangat baik.

Menjaga kebersihan kandang sangat perlu dilakukan karena jika kandangnya kotor bisa saja akan mendatangkan penyakit untuk bebek. Jiak bebek yang diternak terdapat penyakit maka tentunya sangat mempengaruhi keberhasilan dari beternak.

Hal pokok dari beternak bebek petelur ini ialah anda harus rutin memberikan makan pada bebek petelur tersebut. Hal ini tentunya dikarenakan bebek juga harus makan guna mengembangkan diri dan dapat tumbuh seorang bebek.

Untuk pemberian pakan dari bebek petelur ini bisa dilakukan sesuai dengan usia dari bebek, yang mana biasanya dilakukan dengan tiga fase yaitu starter, growe, dan layer.

4. Panen

Untuk yang satu ini pastinya sudah sangat dinantikan karena panen merupakan bagian dari cara budidaya bebek petelur. Untuk panen bebek petelur biasanya dilakukan di pagi hari sekitar jam 6 pagi.

Kenapa saat pagi hari, karena bebek petelur biasanya akan bertelur saat dini hari, saat anda akan memanen telur bebek ada baiknya jiak anda mengeluarkan bebek bebek terlebih dahulu baru anda ambil telur telur bebeknya.

Demikianlah ulasan dari duniapeternakan.com semoga bisa bermanfaat.

Baca juga :

√ Cara Ternak Murai Batu Sukses 100% – Duniapeternakan.com

√ Cara Ternak Jalak Bali : Persiapan Kandang, Pemilihan Indukan, Pemberian Pakan, Perawatan

√ Cara Ternak Burung Kacer : Dari Persiapan Kandang Hingga

√ Cara Ternak Jalak Kebo : Memilih Indukan, Lokasi Kandang, Pemberian Pakan, Perkawinan, Perawatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.