Cara memelihara / merawat kalajengking

Posted on

Berikut ini saya paparkan cara budidaya kalajengking sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang pernah kita bahas bersama untuk lebih jelas mari langsung kita baca bersama.

Adapun cara budidaya kalajengking adalah sebagai berikut :

Siapkan kandang kalajengking.

Siapkan kandang untuk beternak kalajengking. Wadahnya bisa berupa akuarium atau wadah plastik berukuran sedang dengan tutupnya. Letakkan kandang atau wadah di tempat yang aman yaitu di tempat yang teduh, jauh dari jangkauan anak-anak dan jauh dari sinar matahari langsung.

Pembuatan media ternak kalajengking

Untuk media nya, Anda bisa menggunakan bubuk batok kelapa atau serbuk kayu untuk membantu menjaga kelembapan kandang, karena kalajengking lebih menyukai tempat yang sejuk.

Jangan lupa untuk membawa aksesoris lain seperti tempat persembunyian yang terbuat dari kayu atau daun kering, karena karakter kalajengking lebih suka bersembunyi.

Pilih nama Scorpio.

Jika kandang dan media hewan sudah siap, Anda bisa menambahkan sekitar 5-7 bibit kalajengking dewasa ke dalam kandang atau media tersebut.

Makanan kalajengking.

Makanan kalajengking adalah serangga yang ukurannya lebih kecil dari ukuran tubuhnya seperti jangkrik, belatung, atau belalang, sedangkan untuk makanan kalajengking dewasa bisa menyediakan kadal, ulat hongkong, dan serangga lainnya. Makanan kalajengking bisa anda berikan pada sore / malam hari karena kalajengking merupakan hewan nokturnal yaitu hewan yang aktif pada malam hari. Sediakan juga tempat minum air dan rendam dalam keadaan tertentu atau tidak terlalu dalam. Penting agar kalajengking tidak tenggelam dan meletakkan batu di dalam wadah.
Jangan lupa untuk mengganti air minumnya setiap hari agar kebersihan air dan kesehatan kalajengking selalu terjaga.

Cara beternak kalajengking.

Kalajengking berkembang biak melalui sel ovovivipar, dimana telur kalajengking disimpan dan berkembang dalam tubuh kalajengking betina sampai menetas. Janin Scorpio dipelihara oleh ibunya, dan ketika saatnya tiba, ibu tersebut mengeluarkan anak-anaknya dari tubuhnya. Seekor Scorpio betina dapat melahirkan 12 atau lebih anak Scorpio, dan anak Scorpio dilahirkan sendiri-sendiri. Ketika semuanya lahir, anak ayam ditempatkan di punggung induknya sampai cukup umur untuk makan sendiri.

Tips Cara Memegang Scorpio.

Angkat atau pegang kalajengking dari depan atau belakang Anda, kecuali jika Anda disengat atau dicubit oleh kalajengking. Cara terbaik adalah dengan perlahan mengangkat kalajengking dari belakang atau di bawah sengatannya dan meletakkannya di tangan Anda. Dengan cara ini Scorpio tidak akan menyengat dan mencubit saat di tangan karena Scorpio mengira tangan itu adalah pegangan atau tanah.

Itulah sedikit pembahasan tentang bagaimana cara menghilangkan atau membiakkan kalajengking yang saya katakan kan, sangat mudah bukan ?! … memahami TERIMA KASIH.

Artikel Terkait :

Budidaya Ikan Mujair

Budidaya Ikan Mas

Budidaya Ikan Patin