√ Cara Budidaya Kura kura Ambon Berhasil 100% – Duniapeternakan.com

Diposting pada

Budidaya Kura-Kura Ambon – kura-kura adalah salah satu spesies reptil yang paling banyak dipelihara karena dianggap paling tidak berbahaya dan mudah dekat dengan manusia.Salah satunya adalah jenis kura-kura Ambon yang merupakan jenis kura-kura batok bulat yang relatif populer di kalangan pecinta kura-kura karena dianggap lebih mudah bersahabat dengan manusia dari pada jenis lainnya.

Meski memiliki nama kura-kura Ambon, namun sebenarnya kura-kura ini bukan binatang asli daerah tersebut. Namanya hanya disematkan sehingga orang lebih mudah ingat, faktanya hewan ini ditemukan di wilayah Sulawesi. Bagi Anda yang tertarik untuk mulai membudidayakannya dan menuai manfaat dari budidaya, Anda harus memperhatikan teknik budidaya yang tepat.

Cara Memilih Induk kura-kura Ambon Yang Baik

Tahap awal dalam budidaya kura-kura Ambon tentu saja harus menyiapkan induk yang berkualitas.

Tentu saja dengan cara tersebut anda akan mendapatkan produk dengan kualitas yang sangat bagus berikut beberapa kualitas indukan yang bagus yang tentu saja harus memenuhi kriteria utama sebagai berikut:

  • Induk jantan dan betina harus dalam kondisi sehat dan tidak terkena penyakit apa pun.
  • pergerakan kedua indukan harus gesit dan tidak terlihat lemah.
  • indukan jantan dan betina harus dalam kondisi stabil dalam arti tidak stres.
  • kedua indukan juga harus dalam keadaan yang siap untuk dikawinkan, sehingga Anda tidak lagi harus melakukan proses perkenalan yang tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama.
  • Cara untuk mengetahui indukan yang siap untuk di kawinkan ialah dengan cara mendekatkan keduanya pada satu kandang, jika keduanya tidak terlibat perkelahian, maka tentunya kedua indukan ini siap untuk di kawinkan.

Cara menyiapkan kandang yang ideal

Persyaratan utama untuk memulai budidaya kura-kura Ambon yang sukses adalah dengan menyediakan kandang yang ideal untuk proses perkawinan kedua indukan tersebut.

Pada dasarnya kita harus mengetahui karakteristik hewan kura-kura Ambon yang suka hidup di darat, tetapi juga jangan lupa bahwa hewan yang satu ini juga membutuhkan air tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan minumnya tetapi juga untuk fasilitas pengembangannya.

Maka dari itu kandang harus dilengkapi dengan kolam berisi air, tidak perlu terlalu dalam yang penting cukup bagi kura-kura untuk.

Bagian dari daratan dalam kandang dapat dibuat dari tanah berpasir yang tentu saja menambahkan batu dan tanaman alami agar tampak menyerupai habitat alami mereka. Selain itu, kandang harus ditutup di mana area di sekitar kandang dilengkapi dengan pagar yang mencapai 1 meter dan dilengkapi dengan pintu untuk masuk dan keluar Anda ketika Anda akan memberi makan kura-kura.

Juga persiapkan tempat bersarang di kandang sehingga ketika indukan betina siap bertelur, setidaknya dia sudah memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk menyimpan telurnya. Dalam satu kandang kecil berukuran 1 × 2 meter ada baiknya kalau anda memasukan sepasang induk saja, jika Anda ingin menempatkan lebih dari satu pasang, ukuran kandang harus diperbesar.

Cara Merawat Kura Kura Ambon

Langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan dan pemeliharaan sampai kura-kura Ambon dapat menghasilkan telur. Tahapan-tahapannya meliputi:

Pakan dan Minuman

Pada dasarnya, kebutuhan utama kura-kura Ambon adalah ketersediaan pakan yang baik sehingga mampu memenuhi kebutuhan kura-kura untuk tumbuh dan berkembang biak. Makanan yang bisa diberikan adalah dalam bentuk daun, kebutuhan pakan diberikan secara bertahap yaitu 3 kali sehari, dan ketika betina siap bertelur, kebutuhan pakan harus ditingkatkan.

Untuk minum Anda tidak perlu menyediakannya karena kolam yang biasanya digunakan oleh kura-kura yang tersedia di kandang juga merupakan sarana untuk minum hewan ini. Yang paling penting adalah membuat perubahan air secara teratur sehingga kualitas air minum untuk kura-kura Ambon tetap terjaga.

Mengawinkan Indukan

Sebenarnya proses ini dapat berlangsung secara alami, Anda hanya perlu menempatkan dua indukan yang siap kawin dalam satu kandang, sehingga proses perkawinan alami akan berlangsung dengan sendirinya.

Merawat anakan kura-kura Ambon

Setelah indukan betina bertelur, sebaiknya indukan jantan harus dikeluarkan dari kandang, sehingga indukan betina dapat fokus merawat anak-anak mereka ketika telur menetas. Biasanya dari bertelur sampai telur menetas membutuhkan 40-60 hari.

Setelah telur menetas, biarkan induk betina merawat anak-anaknya sendiri, Anda hanya perlu menyediakan makanan dan nutrisi yang cukup. Setelah anakan berumur 3 bulan, anakan kura-kura Ambon dapat dipisahkan sehingga indukan dapat melakukan perkawinan lagi.

Demikianlah ulasan dari duniapeternakan.com semoga dengan adanya artikel ini bisa sangat bermanfaat untuk anda.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.