16 Cara Sukses Memelihara Ikan Gurame

Diposting pada

1. Lokasi Budidaya

16 Cara Sukses Memelihara Ikan Gurame

ikan gurame sama dengan ikan lainnya. Ikan gurame termasuk ikan yang dapat hidup disemua tempat. Tetapi kita harus menyesuaikan lahannya ayau tempatnya, Karen tempat  sangat mempengaruhi  perkembangan ikan gurame tersebut .

2. Memilih Ukuran Kolam

Pada saat  kita memutuskan untuk memelihara ikan gurame di rumah tentunya kita harus mnentukan ukuran besaran kolam yang nantinya akan digunakn budidaya ikan gurame. Luas kolam harus disesuaikan dengan ukuran bibit ikan yang akan di budidayakan agar hasilnya memuaskan

3. Mempersiapkan Kolam

Ketika kita telah memastikan seberapa luas kolam yang nantiny akan anda buat maka kita hanya perlu menyiapkan sega jenis perlengkapan untuk persiapan pembuatan kolam tersebut . adapun Bahan-bahan yang di butuhkan adalah plastik atau terpal, kerangka kolam dan kolam galian.

4. Cara Membuat Kolam

Ada banyak terdapat  jenis kolam yang biasanya di gunakan dalam memlihara ikan gurame sama  seperti halnya budidaya ikan gurame mengunakan  kolam tanah, namun untuk pemeliharaanya  di rumah sebaiknya menggunakan kolam terpal dimana dapat meminimalisir biaya pengeluaran dan mudah dalam pengolahannya. Cara pembuatan kolam terpal juga relatif mudah

  1. Pekarangan rumah anda di gali kira-kira sedalam 85 cm.
  2. pasang terpal setelah siap galian tanah tersebut
  3. Pasang kerangka yang telah  di siapkan disarankan mengunakan bahan besi  supaya terpal mudah dipasang  layaknya menyerupai bak.
  4. Usahakan kolam tersebut dapat disinari matahari dengan penuh atau tidak ada yang membayangi kolam tersebut/ bebas dari pohon2 rimbun
  5. Ikan gurame sangat cocok di daerah yang memiliki suhu maksimal 27 derajat C atau pada dataran rendah

5. Kolam yang dibuat harus bersih

Jika kita  memilih kolam terpal  maka kita  harus melakukan pembersihan atau di rendam terlebih dahulu dikarenakan terpal dan plastik terbuat dari berbagai zat kiimia yang tidak aman atau beracun. Maka dari itu  dianjurkan terpal yang digunakan sebagai kolam harus dibersihkan  dahulu sebelum nantinya digunakan untuk budidaya ikan gurame dikolam tersebu

6. Pengisian Air Kolam Dengan Jumlah Yang Pas

Usahakan Air kolam maksimal agar bibit ikan di dalam kolam nantinya bisa tumbuh dnegan baik. Kolam terpal tersebut harus di isi paling tidak 3/4 tingginya. Adapun bibit ikan hanya mengisi separuh bagian kolam yang akan memudahkan bibit tersebut nantinya memudahkan ikan-ikan tersebut adaptasi atau bergerak. Namun sebelum  kolam di tebari dengan bibit ikan, usahakan sebelum tebar benih isi air kolam setidaknya  8 hari  di diamkan agar ph air seimbang  agar ikan tidak setres/keracunan.

7. Mempersiapkan Bibit atau Benih Ikan Gurame

Persiapan   pemilihan pembibitan maka anda harus memilih bibit yang telah berumur lebih dari 1 tahun dan sehat bebas dari penyakit, tidak  cacat dan normal. Berat rata-rata bibit tersebut adalah 95 gr. Pemanenan ikan gurame bisa di lakukan jika berat ikan sudah mencapai 600 gram, Benih ikan gurame ini biasanya di dapat dari berbagai tempat-tempat pembudidayaan ikan gurame di sekitar kita.

8. Penebaran Bibit Ikan Gurame

Jika kolam telah di diamkan  selama seminggu maka anda sudah dapat menebar bibit ikan gurame yang telah disiapkan. Penebaran bibit harus  melihat ukuran kolam paling tidak separo dari luas kolam, disarankan Bibit yang akan dibudidaya  sebaiknya sudah mencukupi umur tebar atau sudah dua bulan sehingga nantinya dapat beradap tasi dengan suhu air  yang ada di kolam terpal yang telah disiapkan

9. Cara Pemberian Pakan

Pakan yang berkwalitas  untuk ikan gurame adalah pakan yang memiliki kandungan protein nabati maupun hewani yang banyak. Sangat di  sarankan untuk memberikan pakan jenis tersebut agar pertumbuhannya bisa maximal. Protein nabati yang dapat  anda berikan adalah berupa daun econgondok,kangkung, daun talas dan tingkat protein hewan yang dianjurkan adalah 30%.

10. Cara Penanganan Penyakit

Pada saat pengosongan kolam, sangat di anjurkan melakukan pengapuran terlebih, gunakan kapur pertanian dengan merata. Disarankan peralatan yang akan di gunakan untuk proses budidaya harus di rendam terlebih dahulu dengan larutan kaporit yang telah di keringkan.

11. Cara Menghilangkan Bau Lumpur di Kolam

  • Lakukan pengurangan intensitas cahaya matahari – Pertumbuhan plankton bisa di kurangi dengan mengurangi intensitas chaya pada kolam.
  • lakukan Pemupukan yang Teratur dan Simbang – Pertumbuhan alga bisa di hambat dengan memberikan pupuk P dan N dengan perbandingan 1 : 5.
  • Usahakan pemberian pakan ikan gurame dengan tepat- Usahakan agar tidak ada endapan di dalam kolam agar tidak memicu tumbuhnya mikroorganisme.
  • Lakukan pengantian aer kolam atau penyaringan
  • Di sarankan kebersihan air secara periodik walaupun ikan gurame akan tetap tahan dengan kualitas air kolam yang buruk
  • Lakukan pergantian air kolam rutin atau satu bulan 1 kali

12. Tanam dan Masukan Tanaman Eceng Gondok

Sangat dianjurkan menanam econg gondok di kolam agar kolam hilang. jika kamu  menggunakan empang atau kolam tanah maka enceng  gondok akan tumbuh dengan alami. Tanaman Enceng gondok sangat bagus dalam penyerapan timbal dan zat beracun atau berbahaya.

13. Menjaga Kebersihan Kolam

Sangat dianjurkan kepada anda untuk menjaka kebersihan kolam dan juga  memberikan pakan harian rutin di dalam kolam agar  ikan mendapatkan oksigen yang cukup dan pasokan ai bersih yang sesuai. Cara termudah iyalah dengan membersihkan segala jenis sisa makanan yang tidak termakan oleh ikan sehinga  tidak mengotori kolam,  nantinya akan terjadi   penyakit. Agar kolam terhindar dari penyakit  maka anda harus memberikan senitizer di dalam kolam di setap dua minggu sekali atau tiga minggu.

14. Cobalah Menanam Berbagai Pohon Rindang Disekitar Kolam

Cara untuk mengurangi bau kolam dan mengatasi masalah intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi, Disarankan anda bisa mengantisipasi dengan cara menanam pohon-pohon rndang di sekitar kolam. Supaya nantinya cahaya matahari bisa langsung terblokir dan tidak terlalu bermasalah bagi  ikan yang dibudidayakan.  Suhu yang ideal untuk pertumbuhan ikan guram adalah 25 hingga 29 derajat C ini dapat mengantisipasi agar perbedaan suhu antara malam dan siang tidak terlalu jauh berbeda yang nantinya akan menghambat pertumbuhan ikan gurame itu sendiri.

15. Menjaga Kadar Dari Keasaman Air Kolam dan Memasang Saringan air

Kalau  anda ingin selalu menjaga agar air kolam tetap tersanitasi dengan baik maka tidak ada salahnya anda menggunakan alat penyaring seperti  filter. Dengan filter tersebut dapat  mengoptimalkan pekerjaan  dalam pengurasan air kolam. Sangat dianjurkan untuk menjaga pH dari air kolam atau menjaga tingkat keasaman agar kualitas air tetap baik. Untuk mengetahui pH air kolam adalah dengan cara penggunaan kertas lakmus ataupun pH meter. pH air terbaik adalah 7 hingga 8,5 dimana tingkat keasaman ai tidak terlalu asam, basa namun mendekati netral. Tabahkan asam fosfor jika pH air terlalu basa dan kapu jika terlalu asam agar pH air terkendali dan mendekati pH normal atau kwalitas baik.

16. Proses Pemanenan

Banyak pertanyaan  mengapa banyak sekali petani ikan sangat tergiur budidaya gurame, dan  jawabannya  ikan gurame  umur pemeliharaan sangat singkat dan mudah membudidayakannya. Bahkan dengan bibit yang mencapai berat 3 ons bisa lansung dipanen ketika sudah berumur 6 bulan. Ikan Gurame termasuk salah satu usaha yang potensial dan menarik  dan sangat menguntungkan …….Mengapa anda tidak berusaha mencobanya dan ini sangat menjanjukan.

Demikianlah artikel dari Duniapeternaka.com semoga bermanfaat bagi pembaca dan berhasil dalam budidaya ikan guramenya.. selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.